Iklan

Iklan

Pertanyaan

Buku berjudul Teknik Dasar Membuat Blog untuk Orang Kreatif ini tergolong buku non-fiksi. Kesalahan ejaan yang terdapat pada kalimat tersebut adalah ...

Buku berjudul Teknik Dasar Membuat Blog untuk Orang Kreatif ini tergolong buku non-fiksi.

Kesalahan ejaan yang terdapat pada kalimat tersebut adalah ...

  1. Penulisan untuk seharusnya Untuk.undefined

  2. Penulisan Kreatif seharusnya Kreativ.undefined

  3. Penulisan non-fiksi seharusnya nonfiksi.undefined

  4. Penulisan Teknik seharusnya Tehnik.undefined

  5. Penulisan Membuat seharusnya membuat.undefined

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan C.

jawaban yang benar adalah pilihan C.undefined

Iklan

Pembahasan

Ejaan adalah keseluruhan peraturan melambangkan bunyi ujaran, pemisahan dan penggabungan kata, penulisan kata, huruf, dan tanda baca. Berikut ini adalah analisis penulisan ejaan pada setiap pilihan jawaban sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), yaitu: Pada pilihan A, penulisan kata "untuk" pada sebuah judul sudah benar karena sesuai dengan aturan penulisannya bahwa pada kata yang sifatnya partikel seperti kata penghubung (konjungsi), kata depan (preposisi), dan kata seruan perasaan (interjeksi) pada sebuah judul harus menggunakan huruf kecil semua, sehingga tidak perlu dirubah. Pada pilihan B, penulisan kata "Kreatif" sudah benar karena sesuai dengan aturan penulisan ejaan pada PUEBI, sehingga tidak perlu dirubah. Pada pilihan C, penulisan kata "non-fiksi" tidak sesuai dengan aturan penulisan PUEBI karena bentuk terikat non- ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya, sehingga penulisan katanya menjadi "nonfiksi" . Pada pilihan D, penulisan kata "Teknik" sudah benar karena sesuai dengan aturan penulisan ejaan pada PUEBI, sehingga tidak perlu dirubah. Pada pilihan E, penulisan kata "Membuat" sudah benar karena sesuai dengan PUEBI bahwa aturan penulisan setiap kata pada judul harus diawali dengan huruf kapital atau huruf besar, sehingga tidak perlu dirubah. Berdasarkan hasil analisis di atas, maka kesalahan ejaan yang terdapat pada kalimat tersebut terdapat pada penulisan non-fiksi seharusnya nonfiksi. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.

Ejaan adalah keseluruhan peraturan melambangkan bunyi ujaran, pemisahan dan penggabungan kata, penulisan kata, huruf, dan tanda baca. Berikut ini adalah analisis penulisan ejaan pada setiap pilihan jawaban sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), yaitu:

  1. Pada pilihan A, penulisan kata "untuk" pada sebuah judul sudah benar karena sesuai dengan aturan penulisannya bahwa pada kata yang sifatnya partikel seperti kata penghubung (konjungsi), kata depan (preposisi), dan kata seruan perasaan (interjeksi) pada sebuah judul harus menggunakan huruf kecil semua, sehingga tidak perlu dirubah.
  2. Pada pilihan B, penulisan kata "Kreatif" sudah benar karena sesuai dengan aturan penulisan ejaan pada PUEBI, sehingga tidak perlu dirubah.
  3. Pada pilihan C, penulisan kata "non-fiksi" tidak sesuai dengan aturan penulisan PUEBI karena bentuk terikat non- ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya, sehingga penulisan katanya menjadi "nonfiksi".
  4. Pada pilihan D, penulisan kata "Teknik" sudah benar karena sesuai dengan aturan penulisan ejaan pada PUEBI, sehingga tidak perlu dirubah.
  5. Pada pilihan E, penulisan kata "Membuat" sudah benar karena sesuai dengan PUEBI bahwa aturan penulisan setiap kata pada judul harus diawali dengan huruf kapital atau huruf besar, sehingga tidak perlu dirubah.

Berdasarkan hasil analisis di atas, maka kesalahan ejaan yang terdapat pada kalimat tersebut terdapat pada penulisan non-fiksi seharusnya nonfiksi.


Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.undefined

Latihan Bab

Mengenal Ikhtisar

Struktur dan Kebahasaan Ikhtisar

Menyusun Ikhtisar

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

243

Ni Nym A. Try Arya Pradewi

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Setelah SMA, Ikal dan Arai memutuskan untuk pergi ke Jakarta. Berikut ini yang merupakan nomina dalam kalimat tersebut yaitu ....

142

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia