Roboguru

Bukti watak tokoh Namsu adalah seseorang yang sombong terdapat pada nomor ...

Pertanyaan

Bukti watak tokoh Namsu adalah seseorang yang sombong terdapat pada nomor ...undefined 

Pembahasan Soal:

Tokoh merupakan pelaku yang memerankan karakter dalam suatu cerita. Adapun watak tokoh adalah bagaimana penggambaran karakter setiap tokoh.

Bukti watak tokoh Namsu adalah seseorang yang sombong terdapat pada nomor 1 dan 3, berdasarkan kutipan berikut:

"Saya tidak suka kamu menasihati saya”, kata Namsu sambil menunjuk jidat Kusni, "janganlah merasa punya ilmu banyak!"(1)

"Boleh kamu mengingatkan dengan pengetahuanmu, tapi jangan lagi kepada saya!" kata Namsu ketus sambil ngeloyor entah ke mana. (3)

Kutipan tersebut menggambarkan tokoh Namsu yang sombong karena tidak mau dinasehati orang lain.

Dengan demikian, bukti watak tokoh Namsu adalah seseorang yang sombong terdapat pada nomor 1 dan 3.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ayo, lengkapilah tabel unsur intrinsik cerita berikut!

Pembahasan Soal:

Unsur intrinsik merupakan unsur-unsur dalam atau merupakan unsur utama yang membangun utuhnya sebuah karya sastra diantaranya yaitu tema, alur, latar, tokoh, penokohan, sudut pandang, gaya cerita, dan amanat. Menurut Andi Wicaksono dalam Pengkajian Prosa Fiksi (2017), tokoh adalah pelaku cerita, sedangkan penokohan adalah sifat yang dilekatkan pada diri tokoh, penggambaran, atau pelukisan mengenai tokoh cerita. Jika dilihat dari fungsi penampilan, tokoh dibedakan ke dalam protagonis, antagonis, dan tirtagonis.

  1. Protagonis, merupakan tokoh yang menampilkan sesuatu sesuai pandangan dan harapan pembaca. Menggambarkan watak yang baik dan positif. Tokoh protagonis dapat menyita empati dan perhatian pembaca.
  2. Antagonis, lawan dari protagonis. Antagonis menjadi salah satu tokoh yang menimbulkan konflik dalam cerita. Ia merupakan penggambaran watak yang buruk dan negatif. Biasanya dibeci pembaca.
  3. Tritagonis, disebut juga karakter ketiga atau penengah. Menggambarkan watak yang bijak. Berfungsi sebagai pendamai atau jembatan atas penyelesaian konflik.

Dengan demikian, tokoh adalah pelaku atau individu rekaan yang mengalami peristiwa di dalam cerita.space 

0

Roboguru

Tokoh yang secara umum memiliki sifat baik dalam sebuah cerita …

Pembahasan Soal:

Menurut Nurgiyantoro (2007: 176—178) tokoh-tokoh cerita dalam sebuah fiksi dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal meliputi:

a. Berdasarkan perannya dalam suatu cerita, tokoh dibagi menjadi dua jenis, yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang diutamakan penceritaannya, sedangkan tokoh tambahan adalah tokoh yang hanya sebagai pelengkap saja.

b. Berdasarkan fungsi penampilan tokoh, tokoh dibagi menjadi dua jenis, yaitu tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Tokoh protagonis adalah tokoh yang kita kagumi, yang secara populer disebut hero. Tokoh protagonis menampilkan sesuatu yang sesuai dengan pandangan pembaca, dan harapan-harapan pembaca. Sementara itu, tokoh antagonis adalah tokoh penyebab terjadinya konflik.

c. Berdasarkan perwatakan, tokoh dibagi menjadi dua jenis, yaitu tokoh sederhana (simple atau flat character) dan tokoh bulat (complex character). Tokoh sederhana adalah tokoh yang hanya memiliki satu kualitas pribadi tertentu atau satu sifat tertentu saja. Sementara itu, tokoh bulat atau tokoh kompleks adalah tokoh yang memiliki kompleksitas yang diungkap dari berbagai kemungkinan sisi kehidupannya, sisi kepribadian, dan jati dirinya.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Bacalah dengan saksama kutipan cerpen berikut! (1) Emak menyeringai senang, memperhatikan sederetan gigi yang warna putihnya tak sempurna. Ia senang melihat anak laki-lakinya makan dengan lahap. (2) ...

Pembahasan Soal:

Watak adalah sifat-sifat tokoh yang ditampilkan dalam cerita. Melalui kalimat tiga, kita dapat melihat Emak yang tetap tersenyum meskipun cobaan tengah melanda anaknya. Berdasarkan hal tersebut, watak sabar Emak dapat tergambarkan. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah C.

0

Roboguru

Pengertian unsur penokohan adalah …

Pembahasan Soal:

Tokoh dan penokohan merupakan salah satu unsur intrinsik dalam cerita pendek. Tokoh dan penokohan adalah dua istilah yang maknanya berbeda. Tokoh merupakan pelaku yang ada di dalam cerita. Berbeda dengan tokoh, penokohan adalah pemberian sifat atau karakter pada setiap tokoh di dalam cerita. Dengan demikian, pengertian penokohan terdapat pada pilihan jawaban B.

0

Roboguru

Bacalah dengan cermat kutipan drama berikut!   "Kemungkinan rambut anda rontok setelah dikemoterapi". Kata dokter denagan lembut. "Saya siap, Dok. Demi kesehatan saya, Dok" jawab Fati "Oya, ketika...

Pembahasan Soal:

Watak tokoh Fati dapat tergambar melalui dialognya dengan dokter. Tokoh Fati memiliki watak yang sabar dalam menghadapi penyakit dan tidak mudah menyerah. Fati tetap gigih untuk sembuh. Jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved