Roboguru

Pertanyaan

Kini giliranku memegang senter, menaklukan semak-semak, kayu berduri dan batang-batang angkuh di depannya. Setelah sebelumnya dua kawanku secara bergantian telah menyelesaikan pembagian tugas membuka jalan. Ya, ini kesepakatan kami yang terdepan membuka jalan, di tengah membawa ransel berisi makanan, sedang yang paling belakang membawa matras. Dan ini dilakukan secara bergantian.undefined

Bukti latar waktu kutipan cerpen tersebut pada kalimat …undefined

  1. Pertamaundefined

  2. Keduaundefined

  3. Ketigaundefined

  4. Keempatundefined

N. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

Pembahasan

Teks cerita pendek atau disingkat cerpen adalah salah satu jenis karya sastra berbentuk prosa yang dikemas secara ringkas, serta menceritakan suatu kisah fiktif yang berpusat pada satu tokoh beserta dengan konflik dan penyelesaiannya. Kisah yang diceritakan dalam cerpen bisa terdiri dari kisah kehidupan. percintaan, pengalaman, sosial, cerita lucu, adat budaya, humaniora ataupun kemanusiaan.

Latar merupakan salah satu unsur instrinsik cerpen yang menggambarkan tentang waktu, tempat, dan suasana terjadinya peristiwa-peristiwa dalam cerita.

Latar waktu adalah  latar yang berkaitan dengan ketika terjadinya peristiwa dalam cerita baik dalam bentuk penanggalan, penyebutan peristiwa sejarah, penggambaran situasi malam, pagi, siang, maupun sore. Contoh Latar Waktu yaitu: di pagi hari, di siang hari, di sore hari, di zaman dahulu, di waktu itu, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah analisis latar waktu yang terdapat pada kutipan di atas, yaitu:

  • Latar waktunya: malam atau menjelang malam. Hal ini dibuktikan dengan kutipan kalimat (1) yang berbunyi "Kini giliranku memegang senter, menaklukan semak-semak, kayu berduri dan batang-batang angkuh di depannya." karena biasanya senter digunakan pada situasi atau keadaan yang gelap yaitu di malam hari.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

491

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Latar suasana cerpen tersebut adalah ….

160

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia