Roboguru

Bukti bahwa manusia ikut berperan dalam persebaran flora dan fauna di permukaan bumi yaitu ....

Pertanyaan

Bukti bahwa manusia ikut berperan dalam persebaran flora dan fauna di permukaan bumi yaitu ....space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Persebaran flora dan fauna dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu seperi faktor iklim, faktor fisik, faktor edafik, dan faktor biotik meliputi manusia. Manusia sebagai faktor biotik memiliki dua peran yaitu sebagai penjaga atau pelestari lingkungan dan merusak lingkungan. 

Bukti bahwa manusia ikut berperan dalam persebaran flora dan fauna yaitu adanya penguin dan beruang kutub di kebun binatang di Indonesia atau adanya orang utan dan Badak sumatera di kebun binatang di Inggris ataupun Turki hal ini tentunya atas peran serta manusia untuk memindahkan satwa dan membuat ekosistem buatan di tempat yang baru.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Faktor yang tidak mempengaruhi persebaran flora dan fauna adalah …

Pembahasan Soal:

Faktor-Faktor Terkait Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Faktor Klimatis atau Iklim
    Iklim merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam proses persebaran flora dan fauna. Unsur-unsur iklim yang berpengaruh adalah suhu, kelembaban udara, angin, curah hujan, dan sinar matahari. 
  • Faktor Edafik atau Tanah
    Unsur-unsur kimiawi yang terkandung di dalam tanah untuk membantu tumbuh kembang flora. Flora ini dapat menjadi sumber makanan bagi fauna juga. Unsur-unsur kimiawi tersebut akan membantu kesuburan tanah tersebut jika memiliki dosis yang baik. Selain unsur kimiawi, sirkulasi dalam tanah juga harus terjaga baik agar tanaman tersebut dapat melakukan respirasi yang baik.
  • Faktor Topografi
    Topografi adalah keadaan fisik dari muka bumi itu sendiri. Salah satu unsur yang paling berpengaruh adalah lokasi, yaitu tinggi rendahnya tempat. 
  • Faktor Biotik atau Biologis
    Faktor biotik dalam konteks ini adalah mahkluk hidup itu sendiri untuk beradaptasi, yaitu hewan, tumbuhan, manusia, dan organisme lainnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Jelaskan mengapa faktor biotik merupakan faktor terbesar yang memengaruhi sebaran flora dan fauna.

Pembahasan Soal:

Faktor terbesar yang memengaruhi pertumbuhan dan sebaran tumbuhan atau hewan adalah faktor biotik. Faktor biotik salah satunya adalah tumbuhan yang merupakan produsen dalam rantai makanan. Jika tumbuhan sedikit maka tidak ada produsen yang cukup dalam rantai makanan yang akhirnya berakibat kurangnya jumlah populasi di habitat tersebut. Setiap tempat memiliki karakteritik tumbuhan yang berbeda karena faktor fisik, tanah, dan iklim yang kemudian berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna sebagai contoh adalah monyet banyak diitemukan di hutan karena disana banyak tumbuhan untuk dimakan. Oleh karena itu, jumlah tumbuhan mempengaruhi keberlangsungan rantai makanan.

1

Roboguru

Faktor-faktor biotik yang memengaruhi kehidupan di muka bumi adalah ...

Pembahasan Soal:

Biotik merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup. Manusia merupakan salah satu bagian dari faktor biotik yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap tatanan kehidupan di muka bumi. Selain manusia, faktor biotik lainya ada tumbuh-tumbuhan dan juga hewan. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa faktor biotik terdiri dari makhluk hidup yang ada di bumi, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

0

Roboguru

Jelaskan secara singkat faktor-faktor yang memengaruhi sebaran flora dan fauna di dunia dan di Indonesia.

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor yang memengaruhi sebaran flora dan fauna di dunia dan di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Faktor Iklim, merupakan kondisi cuaca dalam kurun waktu yang panjang dan melingkupi wilayah yang luas. Unsur yang terdapat di faktor iklim ini meliputi suhu, kelembapan, cahaya matahari, curah hujan, dan angin.
  2. Faktor fisiografi, merupakan faktor yang berhubungan dengan topografi atau bentuk muka bumi, seperti ketinggian, dan kemiringan lereng.
  3. Faktor edafik, merupakan faktor yang berkaitan dengan kondisi tanah di suatu wilayah. Unsur-unsur yang membentuk fakto ini antara lain kedalaman lapisan atas tanah, tekstur dan struktur tanah, kandungan organik tanah, dan derajat keasaman.
  4. Faktor biotik, memegang peranan yang paling besar dalam persebaran flora dan fauna. Faktor biotik tersebut terdiri dari makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi sebaran flora dan fauna di dunia dan di Indonesia terdiri dari faktor iklim, fisiografi, edafik, dan biotik. 

0

Roboguru

Jelaskan penyebab terjadinya keragaman flora dan fauna di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Terjadinya keragaman flora dan fauna di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, sebagai berikut.

  1. Iklim, iklim merupakan faktor dominan yang dapat mempengaruhi pola persebaran flora dan fauna. Wilayah dengan pola iklim ekstrem, seperti daerah kutub yang dikelilingi salju dan es, atau gurun yang gersang dapat menyulitkan kehidupan suatu organisme. Adapun faktor iklim yang berpengaruh terhadap persebaran makhluk hidup di permukaan bumi antara lain, suhu, kelembapan udara, angin, dan tingkat curah hujan.
  2. Edafik/kondisi tanah, tanah merupakan media tumbuh dan berkembangnya tanaman. Kondisi tanah berpengaruh terhadap kesuburan. Tanah-tanah yang subur sebagai media optimal bagi pertumbuhan tanaman.
  3. Fisiografi, fisiografi yang berkaitan dengan persebaran makhluk hidup adalah ketinggian tempat dan bentuk wilayah. Permukaan bumi mengalami penurunan suhu yang berpengaruh terhadap pola persebaran jenis tumbuhan dan hewan. Oleh karena itu, jenis tumbuhan atau hewan yang hidup di wilayah pantai akan berbeda dengan yang hidup di wilayah dataran tinggi atau pegunungan.
  4. Biotik, manusia berperan dalam keberadaan flora dan fauna di suatu wilayah, baik yang sifatnya menjaga kelestarian maupun mengubah tatanan kehidupan flora dan fauna.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved