Roboguru
SD

Buatlah tanggapan berdasarkan teks berita tersebut!

Pertanyaan

Siswa Tasikmalaya Sabet Juara Kompetisi Robotik Nasional

    TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM-Siswa MAN 2 Tasikmalaya, Syahrul Abidin dan Nizar Ainul Yakin, meraih juara pertama dalam Kompetisi Robotik Madrasah 2019 yang digelar Direktorat Kurikulum Sarana Kelenibagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI di Grand City Mall Surabaya pada 16 November hingga 17 November 2019.
    Dua siswa yang juga menempa ilmu di Pondok Pesantren Riyadul Ulum dan Pondok Pesantren Cipasung, Kecamatan Singaparna, tersebut menjadi juara pertama kategori robot pendeteksi kondisi lingkungan mengalahkan 80 peserta lainnya dari sekolah madrasah se-Indonesia. Juara yang digenggam oleh keduanya tersebut hasil kerja keras selama tiga tahun dengan tekun mengikuti ekskul robotik dibimbing oleh pelatih dari Universitas Negeri Siliwangi dengan belajar pemprograman dan elektro.
    Syahrul Abidin, siswa kelas XII MAN 2 Tasikmalaya, Cipasung, mengatakan bahwa bisa menjuarai kejuaraan robotik tingkat madrasah nasional dengan modal kepercayaan diri. la bersama Nizar bertekad mengharumkan nama MAN 2 Tasik di tingkat nasional.
    "Sebenarnya, lomba ini adalah lomba yang pertama kali kami ikuti. Kami bersyukur bisa menjuarainya. Kami akan terus berinovasi dengan karya-karya robot lainnya," tuturnya saat ditemui di sela kegiatan belajar mengajar.
    Nizar Ainul Yakin menambahkan robot hasil kreasinya belajar tentang pemprograman dan praktik merakit robot dengan mengolaborasikan prototipe dalam robot dengan sensor-sensor pendeteksi kondisi lingkungan. Robot hasil karya ciptaannya bersama Syahrul bisa mendeteksi titik api yang bisa menyebabkan kebakaran, sensor terhadap benda asing, bahkan bisa mendeteksi suhu panas dan dingin.
    "Di dalam robot tersebut, selain terdapat otak mesin, terdapat sensor cahaya LDR dan Sensor Flame pendeteksi ultraviolet UV atau api suhu panas. Robot ini dioperasikan dengaii memanfaatkan tenaga baterai dan jaringan wifi," terang dia.
    Guru pendamping, Ariz Iqbal Arrizal, menuturkan bahwa dirinya bangga dengan prestasi yang diraih oleh kedua siswanya tersebut. Aris menambahkan robot hasil kreasi dua siswanya itu bisa diaplikasikan dalam berbagai bidang. Selain robot pendeteksi panas ini, siswanya sudah mengembangkan robotik pintu otomatis, smart home, dan pengendali lampu.

Disadur dari: https://nasionalrepublika.co.id/berita/q19cyp3180001siswa-tasik-sabet-juara-kompetisi-robotik-nasional, diunduh 20 Januari 2020undefined 

Buatlah tanggapan berdasarkan teks berita tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

N. Sari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Nasional

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Tanggapan berdasarkan teks berita tersebut:

Robot pendeteksi kondisi lingkungan karya siswa MAN 2 Tasikmalaya, Syahrul Abidin dan Nizar Ainul Yakin, mampu mendeteksi titik api yang dapat menyebabkan kebakaran, sensor terhadap benda asing, bahkan mampu mendeteksi suhu panas dan dingin.undefined 

430

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tanggapan yang sesuai dengan berita di atas adalah ....

217

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia