Roboguru

Buatlah suatu perencanaan kegiatan dan tentukan alasan serta tujuan Anda merencanakan kegiatan tersebut!

Pertanyaan

Buatlah suatu perencanaan kegiatan dan tentukan alasan serta tujuan Anda merencanakan kegiatan tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Latar Belakang

    Mengingat akan datangnya hari kemerdekaan ke-76 yang akan diperingati pada tanggal 17 Agustus 2021, maka sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengenang perjuangan tersebut salah satunya dengan mengadakan upacara bendera serta mengadakan beberapa perlombaan yang berkaitan dengan hari kemerdekaan.

Tujuan

    Adapun tujuan diadakannya kegiatan tersebut sebagai berikut:

  1. Meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antarsiswa.
  3. Meningkatkan rasa nasionalisme.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tujuan yang tepat untuk teks proposal tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Proposal menurut KBBI adalah rencana yang dituangkan dalam rancangan kerja. Proposal merupakan rencana atau rancangan kerja yang disusun secara terperinci dan sistematis dengan ketentuan tertentu untuk seuatu kegiatan yang bersifat formal.

Tujuan proposal, yaitu maksud yang dituju atau keadaan yang diharapkan dapat dicapai setelah dilakukan penelitian.

Analisis soal:

Tujuan yang tepat untuk teks proposal tersebut adalah meningkatkan sikap religius dan sosial di kalangan remaja. Hal tersebut sesuai dengan kutipan "Peningkatan kualitas sikap religius dan sosial siswa sangat peting. Hal ini perlu dilakukan secara terprogram karena ada gejala penurunan sikap dalam kehidupan sehari-hari, terutama sikap religius dan sosial." Kutipan tersebut menjelaskan pentingnya peningkatan sikap religius dan sosial, sehingga tujuan dari teks di atas adalah untuk meningkatkan sikap religius dan sosial di kalangan remaja.

Berdasarkan analisis di atas, tujuan yang tepat untuk teks proposal tersebut adalah meningkatkan sikap religius dan sosial di kalangan remaja.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.  

0

Roboguru

Rumusan tujuan yang tepat berdasarkan isi teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Proposal menurut KBBI adalah rencana yang dituangkan dalam rancangan kerja. Proposal merupakan rencana atau rancangan kerja yang disusun secara terperinci dan sistematis dengan ketentuan tertentu untuk seuatu kegiatan yang bersifat formal.

Tujuan proposal, yaitu maksud yang dituju atau keadaan yang diharapkan dapat dicapai setelah dilakukan penelitian.

Analisis soal:

Tujuan yang tepat berdasarkan teks di atas adalah memberikan wawasan dampak negatif penggunaan telepon genggam bagi penggunanya. Hal tersebut karena pada teks di atas sudah sedikit disinggung mengenai tujuan proposal yaitu pada kutipan "Untuk itu, dalam makalah ini akan dibahas tentang dampak negatif penggunan telepon genggam." Dengan adanya pembahasan mengenai dampak negatif penggunaan telepon, diharapkan dapat memberi wawasan mengenai hal tersebut.

Berdasarkan analisis di atas, rumusan tujuan yang tepat berdasarkan teks di atas adalah memberikan wawasan dampak negatif penggunaan telepon genggam bagi penggunanya.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Buatlah proposal mengenai lingkungan!

Pembahasan Soal:

Unsur Proposal

  1. Nama kegiatan ilmiah (judul)
    Judul merupakan cerminan dari keseluruhan rencana penelitiannya, karenanya merupakan unsur yang paling penting dan merupakan “wajah” pengenal rencana penelitiannya tersebut.
  2. Latar belakang masalah
    Dikemukakan adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan, baik kesenjangan teoretik ataupun kesenjangan praktis yang melatarbelakangi masalah yang diteliti. Selain itu, dipaparkan secara ringkas tentang teori, hasil-hasil penelitian, kesimpulan seminar, dan diskusi ilmiah maupun pengalaman pribadi yang terkait erat dengan pokok masalah yang diteliti. Dengan demikian, masalah yang dipilih untuk diteliti mendapat landasan berpijak yang lebih kokoh.
  3. Rumusan masalah
    Rumusan masalah dinyatakan secara tersurat berupa pertanyaan-pertanyaan yang ingin dicarikan jawabannya. Dalam hal ini hendaknya rumusan masalah disusun secara singkat, padat, jelas, dan dituangkan dalam bentuk kalimat tanya. Rumusan masalah yang baik akan menampakkan variabel-variabel yang diteliti dan dapat diuji secara empiris.
  4. Tujuan Penelitian 
    Tujuan penelitian diungkapkan pada sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian.Tujuan penelitian mengacu pada rumusan penelitian dan berupa pernyataan.
  5. Hipotesis
    Hipotesis diajukan berupa jawaban sementara terhadap masalah penelitian agar hubungan antara masalah yang diteliti dengan kemungkinan jawabannya lebih jelas.Adapun rumusan hipotesis yang baik hendaknya: dituangkan dalam bentuk kalimat pernyataan, dirumuskan secara singkat, padat, dan jelas, dapat diuji secara empiris, dan menyatakan pertautan antara dua variabel atau lebih.
  6. Asumsi Penelitian
    Asumsi penelitian adalah anggapan dasar tentang suatu hal yang dijadikan pijakan berpikir dan bertindak dalam melaksanakan penelitian. Dalam hal ini tidak perlu dibuktikan kebenarannya, tetapi dapat langsung memanfaatkan hasil penelitian yang diperolehnya dari orang lain melalui karya tulisnya.
  7. Manfaat Penelitian
    Manfaat penelitian ditunjukkan untuk mengenai pentingnya penelitian terutama bagi pengembangan ilmu atau pelaksanaan pembangunan dalam arti luas. Dengan kata lain, bagian ini berisi alasan kelayakan atas masalah yang diteliti.
  8. Ruang lingkup
    dan Keterbatasan Penelitian Ruang lingkup dan keterbatasan penelitian dikemukakan karena sering dihadapi keterbatasan ruang lingkup kajian yang terpaksa harus dilakukan karena alasan-alasan prosedural, teknik penelitian, ataupun karena alasan logistik. keterbatasan penelitian karena kendala yang bersumber dari adat, tradisi, etika, dan kepercayaan yang tidal memungkinkan peneliti mencari data yang diinginkan. Kajian pustaka, dan Kajian pustaka memaparkan teori-teori yang disusun berdasarkan kemutakhiran dan relevansi yang diperlukan dalam penelitian.
  9. Teknik atau Metode Penelitian
    Dalam hal ini dijelaskan populasi dan sampel penelitian (jika penelitian sampling) dan teknik pengambilan sampelnya. Jika bukan penelitian sampling atau sensus (populasi), dijelaskan siapa informan yang menjadi subjek penelitian. Selanjutnya metode (teknik) pengumpulan data juga dijelaskan, dan demikian pula metode analisis data yang akan dipergunakan.
  10. Program kegiatan
    Pada bagian ini, penyusun proposal akan menyajikan jadwal atau pembagian waktu pelaksanaan kerja. Jadwal atau program pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada penerima proposal tentang kegiatan sejak dari awal hingga akhir.
  11. Lokasi dan waktu kegiatan
    Dalam proposal juga dijelaskan kapan dan di mana program kegiatan secara keseluruhan dilakukan atau dilaksanakan.
  12. Biaya kegiatan
    Pada bagian ini dipaparkan perincian anggaran dari pemasukan hingga biaya-biaya yang akan dikeluarkan dalam melaksanakan kegiatan.  Dalam penyusunan anggaran diusahakan harus efisien dan logis.
  13. Penutup
    Bagian ini berisi penegasan permohonan persetujuan pihak yang berwenang menyetujui, seperti kepala sekolah, harapan-harapan, dan ucapan terima kasih. Proposal diakhiri dengan penulisan tanggal pengajuan proposal dan tanda tangan penanggung jawab proposal

Berikut kerangka proposal mengenai lingkungan.

  1. Nama kegiatan ilmiah (judul)
    Judul dari proposal ini yaitu "Proposal Penelitian tentang Lingkungan"
  2. Latar belakang masalah
    Pada bagian latar belakang masalah dikemukakan latar belakang dan alasan untuk meneliti permasalahan tentang lingkungan. Diipaparkan secara ringkas tentang teori, hasil-hasil penelitian, kesimpulan seminar, dan diskusi ilmiah maupun pengalaman pribadi yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan.
  3. Rumusan masalah
    Pada bagian ini dituliskan rumusan masalah berupa pertanyaan-pertanyaan tentang permasalahan lingkungan dalam bentuk kalimat tanya.
  4. Tujuan Penelitian 
    Pada bagian ini dipaparkan tujuan dari penelitian tentang lingkungan itu apa dan sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian itu apa. Tujuan penelitian ini mengacu pada rumusan penelitian dan berupa pernyataan.
  5. Hipotesis
    Pada bagian ini diajukan jawaban sementara terhadap masalah lingkungan yang akan diteliti dengan kemungkinan jawabannya lebih jelas.
  6. Asumsi Penelitian
    Pada bagian ini memaparkan anggapan dasar tentang suatu hal yang dijadikan pijakan berpikir dan bertindak dalam melaksanakan penelitian tentang lingkungan.
  7. Manfaat Penelitian
    Pada bagian ini dipaparkan tentang pentingnya penelitian mengenai lingkungan terutama bagi pengembangan ilmu atau pelaksanaan pembangunan dalam arti luas.
  8. Ruang lingkup
    Pada bagian ini penulis harus membatasi objek (mengenai lingkungan) yang akan diteliti.
  9. Teknik dan Metode Penelitian
    Pada bagian ini dijelaskan teknik dan metode yang dipakai untuk melakukan peneltiian mengenai lingkungan.
  10. Program kegiatan
    Pada bagian ini dipaparkan jadwal atau pembagian waktu pelaksanaan kerja. Jadwal atau program pelaksanaan kegiatan penelitian untuk memberikan gambaran kepada penerima proposal tentang kegiatan sejak dari awal hingga akhir.
  11. Lokasi dan waktu kegiatan
    Pada bagian ini dijelaskan kapan dan di mana kegiatan penelitian secara keseluruhan dilakukan atau dilaksanakan.
  12. Biaya kegiatan
    Pada bagian ini dipaparkan perincian anggaran dari pemasukan hingga biaya-biaya yang akan dikeluarkan dalam melaksanakan penelitian tentang ingkungan.
  13. Penutup
    Bagian ini harus berisi penegasan permohonan persetujuan pihak yang berwenang menyetujui, seperti kepala sekolah, harapan-harapan, dan ucapan terima kasih. Proposal diakhiri dengan penulisan tanggal pengajuan proposal dan tanda tangan penanggung jawab proposal.

Dengan demikian, untuk membuat proposal penelitan mengenai lingkungan harus memuat beberapa unsur yaitu latar belakang masalah, tujuan penelitian, hipotesis, asumsi penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup, teknik dan metode penelitian, program kegiatan,  program kegiatan, lokasi dan waktu kegiatan, biaya kegiatan, penutup.space 

0

Roboguru

Urutan sistematika proposal yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks tersebut berisi sistematika proposal yang tidak berurutan. Soal tersebut menanyakan tentang sistematika proposal kegiatan yang urut, sehingga keduanya termasuk ke dalam bahasan teks proposal. Menurut KBBI, proposal merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Dalam pengertian lain, proposal diartikan sebagai rancangan kerja yang disusun secara sistematis dan terperinci untuk kegiatan yang formal. Proposal kegiatan adalah proposal yang ditujukan untuk melaksanakan suatu kegiatan atau acara. Berikut adalah sistematika proposal kegiatan.

  1. Judul
  2. Latar Belakang
  3. Maksud dan Tujuan
  4. Sasaran Kegiatan
  5. Waktu dan Tempat
  6. Kepanitiaan
  7. Rencana Anggaran


Berdasarkan daftar sistematika proposal kegiatan tersebut, sistematika yang sesuai adalah sebagai berikut.

  1. Judul kegiatan
  2. Dasar Kegiatan
  3. Tujuan Kegiatan
  4. Sasaran kegiatan
  5. Waktu dan Tempat Kegiatan


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B. 

0

Roboguru

Kalimat latar belakang yang sesuai dengan tema tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Untuk menjawab soal tersebut, kita perlu memahami latar belakang karya ilmiah. karya tulis ilmiah merupakan sebuah karya yang dihasilkan dari kegiatan menulis, dengan menggunakan penerapan kaidah ilmiah, mengutamakan aspek rasionalitas, mengusung permasalahan yang bersifat obyektif serta faktual.

Sebuah kalimat latar belakang merupakan penyebab munculnya tema sehingga berlaku hukum sebab-akibat. Pilihan jawaban D "Laut sebagai satu­ satunya ekosistem penyu di Bali mengalami kerusakan" merupakan sebab (kalimat latar belakang) dari munculnya kalimat tema "Pe­nyelamatan ekosistem laut dan satwa penyu di Desa Serangan Bali" se'bagai akibat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved