Roboguru

Buatlah skema rincian langkah-langkah perambatan impuls pada sistem saraf secara fisik, kimia, dan biologi serta mengaitkannya dengan gerak otot sebagai organ efektor kerja saraf!

Pertanyaan

Buatlah skema rincian langkah-langkah perambatan impuls pada sistem saraf secara fisik, kimia, dan biologi serta mengaitkannya dengan gerak otot sebagai organ efektor kerja saraf!space 

Pembahasan Soal:

Secara fisik: Penghantaran rangsang pada serabut saraf disebabkan oleh adanya perbedaan potensial listrik di dalam membran akson. Impuls (1) – polarisasi (2) – depolarisasi (3) – repolarisasi (4) – polarisasi (5).space 
Secara kimia: Penghantaran rangsang dengan adanya perbedaan potensial. Listrik disebabkan karena permeabilitas ion Na + meningkat, sehingga muatan sitoplasma berubah menjadi positif. Penghantaran rangsang di daerah sinapsis juga disebabkan oleh neurotransmiter yaitu asetilkolin.
Secara biologi: Rangsangan (1) - Reseptor (2) – saraf sensorik (3) – sistem saraf pusat (4) – saraf motorik (5) – efektor (6).space 

Kontraksi otot terjadi karena ada stimulus baik dari dalam maupun dari luar. Stimulus di hantarkan melalui sel saraf ke pusat kontrol di otak atau sumsum tulang belakang. Jika stimulus tersebut menimbulkan potensial aksi, maka respon muskular (otot) dapat terjadi, berupa kontraksi otot. Proses kontraksi otot adalah sebagai berikut:

  1. Penghantaran perintah dari otak. Rangsang dari otak yang dibawa sel motorik meningkatkan permeabilitas membran sel otot, sehingga ion Na masuk ke dalam sel otot.
  2. Masuknya ion Na memicu pengeluaran ion Ca dari Retikulum Sarkoplasma ke kompleks sarkomer. 
  3. Ion Ca berikatan dengan kompleks troponin pada aktin, sehingga tropomiosin bergeser sehingga sisi pengikatan miosin terbuka. Daya ikatan miosin-aktin meningkat.
  4. Kepala miosin menghidrolisis ATP menjadi ADP+Pi yang masih terikat dengan kepala miosin, membentuk kompleks ADP+Pi-miosin yang berkonfigurasi energi tinggi.
  5. Kepala miosin berikatan dengan aktin, membentuk kompleks ADP+Pi-aktin-miosin. Lalu Pi dilepaskan dari miosin, menimbulkan cetusan kekuatan, hampir bersamaan dengan itu, ADP juga dilepaskan.
  6. Cetusan kekuatan itu membuat miosin menarik aktin ke pusat sarkomer, hingga ke keadaan kembali berenergi rendah. Dalam gerakan ini, serabut otot akan memendek, menandakan kontraksi. Keadaan ini terus berlangsung selama rangsangan dari otak ada.
  7. Jika rangasangan berhenti, maka kadar ion Ca berkurang, akibatnya, daya ikatan miosin menurun dan sisi pengikatannya berkurang. Hal ini mengawali relaksasi otot.
  8. Suatu molekul ATP lain berikatan dengan miosin, dan aktin melepaskan ikatannya dengan miosin. Relaksasi terjadi.
  9. Jika tidak ada stimulus kedua hingga timbul respon otot, maka otot akan kembali ke keadaan semula. Lalu siklus berulang dengan adanya stimulus (potensial aksi).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 22 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar sinapsis berikut! Penghantaran impuls dapat berlangsung melalui celah sinapsis. Berdasarkan gambar di atas, mekanisme impuls melewati celah sinapsis berlangsung dengan cara ...

0

Roboguru

Suatu impuls saraf yang berjalan dari satu sel ke sel lain berasal dari ....

0

Roboguru

Jelaskan proses bekerjanya saraf!

0

Roboguru

Perhatikan gambar sel saraf berikut! Jelaskan mekanisme yang terjadi pada sel saraf berdasarkan gambar tersebut!

0

Roboguru

Pada gerakan kedip mata, impuls secara berurutan yaitu....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved