Buatlah simpulan tersirat berdasarkan isi kutipan teks di atas.

Pertanyaan

Kehadiran bermacam-macam kendaraan di Indonesia membutuhkan jalan raya yang memadai. Kepadatan penduduk di kota-kota yang membutuhkan dan memiliki kendaraan bermotor untuk bekerja juga membutuhkan jalan raya yang memadai agar terhindar dari kemacetan. Demikian pula, adanya komitmen untuk pemerataan pembangunan di daerah-daerah di Indonesia membutuhkan infrastruktur jalan raya yang lancar sehingga akses dari satu daerah ke daerah lain mudah dilakukan. Pembangunan jalan raya sangat diperlukan sebagai upaya mengatasi melonjaknya penggunaan kendaraan pribadi.space

Buatlah simpulan tersirat berdasarkan isi kutipan teks di atas.space

N. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

simpulan tersirat berdasarkan isi kutipan teks di atas adalah bahwa pembangunan jalan raya yang lancar dan memadai sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak di seluruh daerah Indonesia.space

Pembahasan

Simpulan adalah suatu pernyataan yang dibuat dari ide pokok/gagasan utama dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri. Simpulan itu sendiri terbagi menjadi dengan dua, yaitu:

  1. Simpulan tersurat adalah simpulan yang mudah dipahami dari sebuah teks, karena simpulan  tersebut terdapat atau dituliskan dalam teks tersebut.
  2. Simpulan tersirat adalah simpulan yang tidak disampaikan secara terbuka dari sebuah teks. Jadi, pembaca harus membaca keseluruhan sebuah teks untuk menemukan simpulan tersiratnya.

Adapun langkah-langkah untuk menyusun simpulan sebuah teks atau paragraf yaitu sebagai berikut:

  1. Identifikasi hal-hal penting dalam sebuah paragraf.
  2. Buat opini yang meliputi keseluruhan hal penting tersebut.
  3. Identifikasi ciri khusus kalimat dalam paragraf yang merujuk pada kesimpulan, seperti kata oleh karena itu, jadi, dengan demikian, maka dari itu, dan sebagainya.
  4. Identifikasi sebab-akibat atau akibat-sebab dalam sebuah paragraf.
  5. Kesimpulan paragraf merupakan jawaban dari ide pokok.

Berikut ini adalah analisis kutipan teks di atas, yaitu:

  1. Pada kalimat pertama yang berbunyi "Kehadiran bermacam-macam kendaraan di Indonesia membutuhkan jalan raya yang memadai." memiliki makna bahwa jalan raya yang memadai sangat dibutuhkan oleh pihak kendaraan yang ada di Indonesia.
  2. Pada kalimat kedua yang berbunyi "Kepadatan penduduk di kota-kota yang membutuhkan dan memiliki kendaraan bermotor untuk bekerja juga membutuhkan jalan raya yang memadai agar terhindar dari kemacetan." memiliki makna bahwa jalan raya yang memadai juga sangat dibutuhkan oleh pihak yang berada di kota padat penduduk.
  3. Pada kalimat ketiga yang berbunyi "Demikian pula, adanya komitmen untuk pemerataan pembangunan di daerah-daerah di Indonesia membutuhkan infrastruktur jalan raya yang lancar sehingga akses dari satu daerah ke daerah lain mudah dilakukan." memiliki makna bahwa infrastruktur jalan raya yang lancar sangat dibutuhkan oleh pihak di suatu daerah sebagai akses jalan dari satu daerah ke daerah lain.
  4. Pada kalimat keempat yang berbunyi "Pembangunan jalan raya sangat diperlukan sebagai upaya mengatasi melonjaknya penggunaan kendaraan pribadi." memiliki makna bahwa pembangunan jalan raya sangat diperlukan oleh pihak pengguna kendaraan pribadi.

Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan makna kutipan teks tersebut menjelaskan bahwa pembangunan jalan raya yang lancar dan memadai sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak di seluruh daerah Indonesia.


Dengan demikian, simpulan tersirat berdasarkan isi kutipan teks di atas adalah bahwa pembangunan jalan raya yang lancar dan memadai sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak di seluruh daerah Indonesia.space

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Simpulan paragraf tersebut adalah ....

210

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia