RoboguruRoboguru
SD

Buatlah sebuah peta pikiran berdasarkan ide pokok pada teks laporan tersebut!

Pertanyaan

Tanaman Bambu

    Bambu tergolong keluarga Graminae (rumput-rumputan). Tanaman ini juga sering disebut sebagai rumput raksasa (Giant Grass). Bambu merupakan tanaman berumpun yang terdiri dari sejumlah batang buluh yang tumbuh secara bertahap dari mulai rebung (tunas bambu), batang muda, dan batang dewasa pada umur 4 - 5 tahun Bambu memiliki tiga bagian tubuh utama yang tampak, yaitu akar, batang, dan daun.
    Akar bambu merupakan akar serabut. Akar bambu terdiri atas rimpang (rhizoma) yang berbuku dan beruas. Bagian pangkal akar rimpang bambu lebih kecil dari bagian ujungnya, dan setiap ruas mempunyai kuncup dan akar. Kuncup pada akar rimpang ini akan berkembang menjadi rebung yang akan keluar dari tanah dan menghasilkan tanaman baru. Tanaman bambu berkembangbiak menggunakan tunas yang disebut dengan rebung.
    Batang bambu mempunyai bentuk silinder memanjang dan terbagi dalam ruas-luas yang berongga. Tinggi tanaman bambu sekitar 0,3 sampai 30 meter. Diameter batang bambu sekotar 0,25 cm sampai 25 cm dengan ketebalan dinding sampai 2,5 cm. Batang bambu ketika masih muda diselimuti pelepah batang dan biasanya akan gugur ketika dewasa. Pada pelepah batang inilah terdapat bulu beracun yang disebut miang yang digunakan sebagai alat pertahanan diri.
    Bambu dapat bertahan hidup walaupun kekurangan air dengan cara menggugurkan daunnya sampai mendapal pasokan air yang cukup. Menggugurkan daun merupakan bentuk adaptasi tanaman bambu terhadap lingkungannya.
    Banyak manfaat dari pohon bambu mulai dari daun, batang dan bagian lainya. Tunas bambu atau rebung dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Bambu juga digunakan untuk membuat sumpit dan alat memasak lain seperti spatula, serta berbagai peralatan rumah tangga, seperti bakul nasi, tampah, perangkap ikan, topi bambu (caping)

Sumber: https://www.mikirbae.com/2016/05/teks laporan hasil pengamatan-tumbuhan.htmlspace

Buatlah sebuah peta pikiran berdasarkan ide pokok pada teks laporan tersebut!space

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Peta pikiran adalah diagram yang digunakan untuk menggambarkan ide, konsep, informasi secara visual. Ide, konsep, informasi tersebut diletakkan dalam kotak peta pikiran yang dihubungkan dengan garis-garis. Peta pikiran dapat ditulis berdasarkan ide pokok dari teks laporan. Ide pokok adalah gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok berupa gagasan utama dari sebuah topik yang dapat dikembangkan dalam kalimat penjelas. Cara membuat peta pikiran berdasarkan ide pokok adalah sebagai berikut.

  1. Bacalah teks dengan cermat.
  2. Tentukan ide pokok tiap paragraf. Dalam teks Tanaman Bambu terdapat lima paragraf. Setiap paragraf memiliki ide pokok tertentu.
    Paragraf 1 dalam teks tersebut adalah Bambu tergolong keluarga Graminae (rumput-rumputan). Tanaman ini juga sering disebut sebagai rumput raksasa (Giant Grass). Bambu merupakan tanaman berumpun yang terdiri dari sejumlah batang buluh yang tumbuh secara bertahap dari mulai rebung (tunas bambu), batang muda, dan batang dewasa pada umur 4 – 5 tahun Bambu memiliki tiga bagian tubuh utama yang tampak, yaitu akar, batang, dan daun.
    Ide pokok paragraf tersebut adalah varietas tanaman bambu.

    Paragraf 2 Akar bambu merupakan akar serabut. Akar bambu terdiri atas rimpang (rhizoma) yang berbuku dan beruas. Bagian pangkal akar rimpang bambu lebih kecil dari bagian ujungnya, dan setiap ruas mempunyai kuncup dan akar. Kuncup pada akar rimpang ini akan berkembang menjadi rebung yang akan keluar dari tanah dan menghasilkan tanaman baru. Tanaman bambu berkembangbiak menggunakan tunas yang disebut dengan rebung.
    Ide pokok paragraf tersebut adalah jenis akar bambu.

    Paragraf 3 dalam teks tersebut adalah Batang bambu mempunyai bentuk silinder memanjang dan terbagi dalam ruas-luas yang berongga. Tinggi tanaman bambu sekitar 0,3 sampai 30 meter. Diameter batang bambu sekotar 0,25 cm sampai 25 cm dengan ketebalan dinding sampai 2,5 cm. Batang bambu ketika masih muda diselimuti pelepah batang dan biasanya akan gugur ketika dewasa. Pada pelepah batang inilah terdapat bulu beracun yang disebut miang yang digunakan sebagai alat pertahanan diri.
    Ide pokok paragraf tersebut adalah ciri batang bambu.

    Paragraf 4 dalam teks tersebut adalah Bambu dapat bertahan hidup walaupun kekurangan air dengan cara menggugurkan daunnya sampai mendapat pasokan air yang cukup. Menggugurkan daun merupakan bentuk adaptasi tanaman bambu terhadap lingkungannya.
    Ide pokok paragraf tersebut adalah cara adaptasi bambu.

    Paragraf 5 dalam teks tersebut adalah Banyak manfaat dari pohon bambu mulai dari daun, batang dan bagian lainnya. Tunas bambu atau rebung dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Bambu juga digunakan untuk membuat sumpit dan alat memasak lain seperti spatula, serta berbagai peralatan rumah tangga, seperti bakul nasi, tampah, perangkap ikan, topi bambu (caping).
    Ide pokok paragraf tersebut adalah manfaat bambu.
     
  3. Buatlah peta pikiran. Setelah ide pokok tiap paragraf ditentukan, letakkan topik utama “Tanaman Bambu” di tengah. Tarik garis untuk membuat cabang, lalu tuliskan ide pokok paragraf 1 pada satu cabang, dan seterusnya.

Dengan demikian, peta pikiran berdasarkan ide pokok pada teks laporan tersebut adalah sebagai berikut.

space

666

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Table Pendatang Ilegal di Australia Tahun 2008-2012 No. Tahun Jumlah Perahu Pendatang 1 2008 7 ...

53

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia