Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan cermat!


Pencemaran Udara di Kota Jakarta

     Pencemaran udara yang ditimbulkan oleh gas buangan kendaraan bermotor semakin parah. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya kabut tipis yang terbentuk dari akumulasi gas buangan kendaraan bermotor yang setiap tahun jumlahnya terus meningkat. Keadaan ini diperparah dengan terjadinya kemacetan lalu lintas di jalur-jalur utama di kota besar seperti Jakarta.

     Gas buangan kendaraan sangat membahayakan masyarakat, terutama para pengguna jalan raya. Gangguan yang sering dialami adalah sesak napas karena penyempitan rongga paru-paru. Apabila hal ini tidak diatasi, anggota masyarakat yang mengalami gangguan pernapasan karena pencemaran udara akan semakin meningkat.

     Pemda DKI Jakarta sudah melakukan langkah-langkah pencegahan dampak buruk akibat gas buangan kendaraan bermotor ini. Di antaranya adalah membuat jalur hijau di sepanjang jalan-jalan utama di kota jakarta dan menghutankan kembali areal kosong di wilayah sekitar monumen nasional (monas). Akan tetapi, hal ini belum dapat mengatasi masalah pencemaran udara.

     Akhirnya, kembali kepada kesadaran masyarakat pengguna jalanlah untuk selalu melakukan pengecekan (uji emisi) kendaraannya. Selain itu, penggunaan bahan bakar gas untuk kendaraan bermotor dapat menjadi alternatif yang baik untuk mendukung program "Langit Biru" di Jakarta.space 

Buatlah sebuah pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut dengan menggunakan kata tanya "mengapa"!

Buatlah sebuah pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut dengan menggunakan kata tanya "mengapa"!space 

N. Novitasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pertanyaan yang tepat menggunakan kata tanya mengapa ialah Mengapa gas buangan kendaraan sangat membahayakan masyarakat?

pertanyaan yang tepat menggunakan kata tanya mengapa ialah Mengapa gas buangan kendaraan sangat membahayakan masyarakat?space 

Pembahasan

Kata tanya mengapa berfungsi untuk menanyakan sebab atau alasan terjadinya sesuatu. Kata tanya yang jawabannya terdapat dalam teks ialah Mengapa gas buangan kendaraan sangat membahayakan masyarakat? Karena gas buangan kendaraan dapat menyebabkan gangguan sesak napas yang diakibatkan penyempitan rongga paru-paru. Jadi, pertanyaan yang tepat menggunakan kata tanya mengapa ialah Mengapa gas buangan kendaraan sangat membahayakan masyarakat?

Kata tanya mengapa berfungsi untuk menanyakan sebab atau alasan terjadinya sesuatu. Kata tanya yang jawabannya terdapat dalam teks ialah Mengapa gas buangan kendaraan sangat membahayakan masyarakat? Karena gas buangan kendaraan dapat menyebabkan gangguan sesak napas yang diakibatkan penyempitan rongga paru-paru.

Jadi, pertanyaan yang tepat menggunakan kata tanya mengapa ialah Mengapa gas buangan kendaraan sangat membahayakan masyarakat?space 

27

Iklan

Pertanyaan serupa

Unsur yang tidak tampak dalam kutlpan berita di atas adalah ....

396

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia