Pertanyaan

Buatlah rangkuman tentang kegunaan benzenedan turunannya dalam kehidupan sehari-hari!

Buatlah rangkuman tentang kegunaan benzene dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari!space 

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kegunaan benzene dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai pelarut, bahan dasar pembuatan plastik dan obat-obatan, sebagai pengawet makanan, sebagai zat pewarna dan sebagai zat dasar pembuat shampo dan makeup.

 kegunaan benzene dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai pelarut, bahan dasar pembuatan plastik dan obat-obatan, sebagai pengawet makanan, sebagai zat pewarna dan sebagai zat dasar pembuat shampo dan makeup.

Pembahasan

Pembahasan

Kegunaan benzene atau benzena dan turunannya: Benzena digunakan sebagai pelarut dan juga bahan dasar sintesis berbagai senyawa turunan benzena seperti stirena, dan lain-lain. Fenol bersifat asam lemah dan dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plastik dan obat-obatan. Fenol juga dapat digunakan sebagai antiseptik dan disinfektan oleh karena sifatnya yang dapat mendenaturasi protein. Toluena digunakan sebagai pelarut dan bahan baku pembuatan asam benzoat, bahan peledak TNT, dan lain-lain. Asam benzoat digunakan sebagai bahan pengawet makanan dan minuman. Anilina digunakan untuk membuat zat-zat pewarna diazo. Asam salisilat digunakan untuk membuat aspirin, perasa, minyak wangi, bedak, salep anti jamur, dan sampo. Jadi,kegunaan benzene dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai pelarut, bahan dasar pembuatan plastik dan obat-obatan, sebagai pengawet makanan, sebagai zat pewarna dan sebagai zat dasar pembuat shampo dan makeup.

Kegunaan benzene atau benzena dan turunannya:

  • Benzena digunakan sebagai pelarut dan juga bahan dasar sintesis berbagai senyawa turunan benzena seperti stirena, dan lain-lain.
  • Fenol bersifat asam lemah dan dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plastik dan obat-obatan. Fenol juga dapat digunakan sebagai antiseptik dan disinfektan oleh karena sifatnya yang dapat mendenaturasi protein.
  • Toluena digunakan sebagai pelarut dan bahan baku pembuatan asam benzoat, bahan peledak TNT, dan lain-lain.
  • Asam benzoat digunakan sebagai bahan pengawet makanan dan minuman.
  • Anilina digunakan untuk membuat zat-zat pewarna diazo.
  • Asam salisilat digunakan untuk membuat aspirin, perasa, minyak wangi, bedak, salep anti jamur, dan sampo.

Jadi, kegunaan benzene dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai pelarut, bahan dasar pembuatan plastik dan obat-obatan, sebagai pengawet makanan, sebagai zat pewarna dan sebagai zat dasar pembuat shampo dan makeup.

2rb+

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan rumus struktur dari kegunaan dari senyawa turunan benzena berikut! Xilena Asam tereftalat Butil hidroksi anisol Benzenasulfoamida

1rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia