Iklan

Iklan

Pertanyaan

space 

Buatlah paragraf deduktif dan induktif minimal lima kalimat, dengan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi".

Buatlah paragraf deduktif dan induktif minimal lima kalimat, dengan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi".space 

Iklan

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

berdasarkan ciri-ciri pargaraf deduktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf deduktif adalah membuat kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi". Kemudian setelah itu, membuat empat kalimat penjelas. Begitu pula dengan paragraf induktif. Berdasarkan ciri-ciri pargaraf induktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf induktif adalah membuat poin-poin penjelas yang kemudian dikembangkan menjadi empat kalimat penjelas. Setelah itu, pada bagian akhir paragraf, baru menyantumkan kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi".

berdasarkan ciri-ciri pargaraf deduktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf deduktif adalah membuat kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi". Kemudian setelah itu, membuat empat kalimat penjelas. Begitu pula dengan paragraf induktif. Berdasarkan ciri-ciri pargaraf induktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf induktif adalah membuat poin-poin penjelas yang kemudian dikembangkan menjadi empat kalimat penjelas. Setelah itu, pada bagian akhir paragraf, baru  menyantumkan kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi".space 

Iklan

Pembahasan

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang bermula dengan penjabaran tentang hal-hal umum kemudian menjurus ke hal khusus. Pada paragraf deduktif, letak kalimat utama berada di awal paragraf. Ciri-ciri jenis paragraf deduktif: Kalimat utama atau ide pokok ada pada kalimat pertama paragraf. Polanya umum-khusus-khusus-khusus. Kalimat utama diperinci dengan kalimat penjelas. Sementara itu, paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Jenis paragraf induktif diawali dengan kalimat-kalimat penjelas berupa fakta, contoh, rincian, atau bukti yang kemudian disimpulkan pada kalimat akhir paragraf. Ciri-ciri jenis paragraf induktif: Diawali dengan penjelasan khusus. Digeneralisasikan atau disimpulkan berdasarkan penjelasan khusus di akhir paragraf. Kalimat utama terletak di akhir paragraf (kesimpulan). Polanya khusus-khusus-khusus-umum. Berdasarkan ciri-ciri pargaraf deduktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf deduktif adalah membuat kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi". Kemudian setelah itu, membuat empat kalimat penjelas. Begitu pula dengan paragraf induktif. Berdasarkan ciri-ciri pargaraf induktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf induktif adalah membuat poin-poin penjelas yang kemudian dikembangkan menjadi empat kalimat penjelas. Setelah itu, pada bagian akhir paragraf, baru menyantumkan kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi". Dengan demikian, berdasarkan ciri-ciri pargaraf deduktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf deduktif adalah membuat kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi". Kemudian setelah itu, membuat empat kalimat penjelas. Begitu pula dengan paragraf induktif. Berdasarkan ciri-ciri pargaraf induktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf induktif adalah membuat poin-poin penjelas yang kemudian dikembangkan menjadi empat kalimat penjelas. Setelah itu, pada bagian akhir paragraf, baru menyantumkan kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi".

Paragraf deduktif adalah jenis paragraf yang bermula dengan penjabaran tentang hal-hal umum kemudian menjurus ke hal khusus. Pada paragraf deduktif, letak kalimat utama berada di awal paragraf.

Ciri-ciri jenis paragraf deduktif:

  • Kalimat utama atau ide pokok ada pada kalimat pertama paragraf.
  • Polanya umum-khusus-khusus-khusus.
  • Kalimat utama diperinci dengan kalimat penjelas.

Sementara itu, paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Jenis paragraf induktif diawali dengan kalimat-kalimat penjelas berupa fakta, contoh, rincian, atau bukti yang kemudian disimpulkan pada kalimat akhir paragraf. 

Ciri-ciri jenis paragraf induktif:

  • Diawali dengan penjelasan khusus.
  • Digeneralisasikan atau disimpulkan berdasarkan penjelasan khusus di akhir paragraf.
  • Kalimat utama terletak di akhir paragraf (kesimpulan).
  • Polanya khusus-khusus-khusus-umum.

Berdasarkan ciri-ciri pargaraf deduktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf deduktif adalah membuat kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi". Kemudian setelah itu, membuat empat kalimat penjelas. 

Begitu pula dengan paragraf induktif. Berdasarkan ciri-ciri pargaraf induktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf induktif adalah membuat poin-poin penjelas yang kemudian dikembangkan menjadi empat kalimat penjelas. Setelah itu, pada bagian akhir paragraf, baru  menyantumkan kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi".

Dengan demikian, berdasarkan ciri-ciri pargaraf deduktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf deduktif adalah membuat kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi". Kemudian setelah itu, membuat empat kalimat penjelas. Begitu pula dengan paragraf induktif. Berdasarkan ciri-ciri pargaraf induktif di atas, maka untuk langkah pertama membuat paragraf induktif adalah membuat poin-poin penjelas yang kemudian dikembangkan menjadi empat kalimat penjelas. Setelah itu, pada bagian akhir paragraf, baru  menyantumkan kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok "Pemerintah Indonesia bangkit dari krisis ekonomi".space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Potongan teks laporan di atas tersusun atas pola …

19

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia