Roboguru

Buatlah masing-masing satu kalimat persuasi!   Politik Pendidikan  Iklan  Propaganda

Pertanyaan

Buatlah masing-masing satu kalimat persuasi!
 

  1. Politik
  2. Pendidikan 
  3. Iklan 
  4. Propagandaspace 

Pembahasan Soal:

Teks Persuasi adalah jenis teks yang berfungsi untuk memengaruhi pendapat, perasaan, dan perbuatan pembaca. Jenis-jenis teks persuasi, yaitu:

  1. Persuasi politik, yaitu jenis teks persuasi yang dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung di bidang politik dan kenegaraan. contoh: Sebagai generasi milenial, ayo, gunakan hak pilih kita untuk memilih pasangan calon ketua daerah yang sepenuhnya paham akan permasalahan daerah dan mempunyai solusi brilian.
  2. Persuasi pendidikan, yaitu jenis teks persuasi yang dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung di bidang pendidikan dan digunakan untuk tujuan pendidikan. contoh: Ayo, kita buktikan, universitas ini diisi oleh anak-anak terbaik negeri dengan berusaha keras untuk menulis jurnal akademis!”
  3. Persuasi iklan, yaitu jenis teks persuasi yang digunakan dalam dunia usaha untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa tertentu. melalui persuasi iklan, diharapkan pembaca atau pendengar menjadi kenal, senang, dan ingin memiliki barang atau memakai jasa yang ditawarkan. contoh: Mari kita sudahi dehidrasi ini dengan meminum Potpurri di manapun dan kapanpun!
  4. Persuasi propaganda, yaitu jenis teks persuasi yang bertujuan untuk memberikan informasi yang diharapkan pembaca atau pendengar mau dan sadar untuk berbuat sesuatu. contoh: Hendaknya Anda memakan mie tanpa nasi sebab akan mengurangi risiko diabetes dan obesitas. Hal ini disebabkan kandungan glukosa yang berlebih jika kedua makanan tersebut dimakan pada saat yang bersamaan.

Dengan demikian, kalimat persuasi berfungsi untuk memengaruhi pendapat, perasaan, dan perbuatan pembaca. Jenis-jenis teks persuasi dan dibuat sesuai dengan tujuannya.space ​​​​​​​

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Indah

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 14 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbaikan urutan kalimat yang tepat agar menjadi teks persuasi yang padu adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks persuasif adalah suatu paragraf yang isinya berupa ajakan atau membujuk pembacanya agar melakukan atau mengikuti apa yang penulis ungkapkan di dalam paragraf. Dalam menyusun teks persuasi, kita harus memperhatikan strukturnya.

Struktur teks persuasif adalah sebagai berikut:

  1. Pengenalan isu
  2. Rangkaian argumen
  3. Pernyataan ajakan
  4. Penegasan kembali

Sesuai dengan pengertian dan struktur di atas, maka teks persuasi yang padu dapat kita susun sebagai berikut:

  • (5) Sear Soap merupakan salah satu merk sabun terbaru yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya.
  • (4) Sear Soap juga merupakan salah satu produk asli Indonesia yang memiliki harga cukup terjangkau.
  • (1) Bahan-bahan alami yang menjadi bahan pembuatan Sear Soap ini meliputi minyak zaitun, tanah liat, air, minyak kelapa nonsawit, serta mentega. Bahan-bahan tersebut dipilih yang berkualitas baik.
  • (3) Bahan-bahan tersebut dipilih karena berkualitas baik dan tidak mengandung zat kimia apapun sehingga tidak memiliki faktor risiko terhadap tubuh anda maupun untuk lingkungan anda.
  • (2) Jadi, mulai sekarang lebih baik anda beralih ke sabun konvensional ini yang tentunya ramah lingkungan dan mampu membunuh kuman-kuman atau bakteri yang menempel di tubuh anda sehingga anda bisa lebih sehat dan bersih.

Dengan demikian, urutan yang tepat untuk menjadi teks persuasi pada adalah (5) - (4) - (1) - (3) - (2).space 

0

Roboguru

Perhatikan rancangan teks persuasi berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9! Tema   : lingkungan dan penghijauan Judul   : [...] Perincian Pengenalan isu: polusi udara di kota besar terus menin...

Pembahasan Soal:

Judul merupakan salah satu unsur yang harus ada dalam teks persuasi. Judul sebuah teks persuasi harus disesuaikan dengan isi atau bahasan teks persuasi tersebut. Sesuai rancangan di atas, inti dari teks persuasi yang akan ditulis adalah dorongan kepada pembaca untuk menanam tanaman hijau di rumah untuk mengurangi polusi udara. Menanam tanaman hijau dapat disamakan dengan penghijauan. Dengan demikian, judul yang tepat adalah “Penghijauan di Rumah untuk Kurangi Polusi Udara”. Jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Buatlah kerangka teks persuasi dengan memerhatikan kaidah kebahasaannya!

Pembahasan Soal:

Teks persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Berikut kaidah kebahasaan teks persuasi:

  1. Menggunakan kata bujukan (penting, harus, sepantasnya).
  2. Menggunakan kata kerja imperatif (marilahjadikanlah, hendaknya, waspadalah, ingatlah)
  3. Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas (jika membahas pendidikan, istilah teknis yang digunakan misalnya kurikulum).
  4. Menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif (oleh karena itu, jika, dengan demikian, sebab, karena, akibatnya).

Dengan demikian, berikut kerangka teks persuasi dengan memerhatikan kaidah kebahasaannya sesuai dengan struktur teks persuasi dengan tema menjaga kesehatan keluarga di masa pandemi Covid-19.

  1. Pengenalan Isu: menyampaikan keadaan saat ini yang sedang berada di masa pandemi akibat virus Covid-19. Covid-19 adalah adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019. (kata-kata teknis atau peristilahan: Covid-19)
     
  2. Rangkaian Argumen: menjelaskan fakta virus Covid-19. Penting untuk diketahui, virus ini menular melalui percikan dahak (droplet) dari saluran pernapasan, misalnya ketika berada di ruang tertutup yang ramai dengan sirkulasi udara yang kurang baik atau kontak langsung dengan droplet. (kata bujukan: Penting untuk diketahui)
     
  3. Pernyataan Ajakan: mengajak masyarakat untuk senantiasa menaati protokol kesehatan. Marilah mengikuti protokol kesehatan agar kita semua terhindar dari Covid-19. (kata kerja imperatif: Marilah)
     
  4. Penegasan Kembali: menegaskan kembali bahaya dan dampak dari Covid-19, serta menyampaikan harapan agar pembaca senantiasa menaati protokol kesehatan. Oleh sebab itu, agar terhindar dari Covid-19, kita harus senantiasa mengikuti protokol kesehatan.undefined(kata penghubung yang argumentatif: Oleh sebab itu)undefined ​​​​​​​

0

Roboguru

SMP Pusponegoro Bojongsari mempunyai lahan yang luas. Namun, lahan tersebut dibiarkan gersang, tidak ditanami apa-apa. Untuk itu, Rusli meminta kepada sekolah untuk menghijaukan lahan tersebut. Surat...

Pembahasan Soal:

Pilihan jawaban C membahas lahan sekolah yang cukup luas namun gersang dan panas. Selain itu, pilihan jawaban C juga memohon kepada Bapak agar lahan tersebut ditanami pepohonan supaya nampak hijau dan sejuk. Pilihan jawaban C sesuai dengan ilustrasi di atas. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah C.

0

Roboguru

Buatlah sebuah paragraf persuasif!

Pembahasan Soal:

    Kenakalan remaja seperti perkelahian antarsekolah atau kebut-kebutan di jalan, sebenarnya bukan hal baru. Kenakalan itu pada dasarnya disebabkan oleh kelebihan energi pada remaja. Energi mereka berlebih dan tidak disalurkan dengan positif. Hal ini sesuai dengan sifat remaja yang selalu dinamis. Mereka memerlukan bimbingan untuk penyaluran energinya itu. Dalam hal ini sekolah mempunyai peran yang penting untuk membimbingnya. Sekolah harus mengarahkan mereka untuk melakukan kegiatan yang lebih berguna, seperti olahraga, musik, bakti sosial, tulis-menulis, dan sebagainya.

    Dengan adanya kegiatan itu, berarti sekolah telah menyalurkan energi siswa sehingga tidak sempat berbuat yang negatif. Oleh karena itu, untuk memecahkan masalah kenakalan remaja di sekolah, dapat disusun program kegiatan penyaluran energi siswa selain kegiatan belajar-mengajar.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved