Roboguru

Buatlah kalimat majemuk setara dengan konjungsi dan!

Pertanyaan

Buatlah kalimat majemuk setara dengan konjungsi dan!space

Pembahasan Soal:

Kalimat majemuk adalah kalimat yang mempunyai dua pola kalimat atau lebih. Salah satu jenis kalimat majemuk adalah kalimat majemuk setara. Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang unsur-unsurnya mempunyai hubungan sederajat. Penggabungan dua kalimat atau lebih dihubungkan dengan konjungsi (kata penghubung), seperti konjungsi untuk penggabungan yaitu dan. Dalam prosedur, kalimat majemuk dapat digunakan dalam menjelaskan tahapan-tahapan.

Dengan demikian, kalimat majemuk setara dengan konjungsi dan adalah Setelah selesai, tambahkan air daun suji dan mentega yang sudah dilelehkan ke dalam tepung.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

"Adikku belum sekolah dan belum bisa membaca". Kalimat tersebut merupakan kalimat majemuk....

Pembahasan Soal:

Kalimat majemuk adalah struktur kalimat yang memiliki lebih dari satu dasar kalimat. Kalimat majemuk terbagi menjadi dua, yaitu kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.

Berdasarkan konjungsi yang digunakan, kalimat majemuk setara itu sendiri terbagi menjadi empat jenis, yaitu:

  1. Kalimat majemuk penjumlahan (aditif) adalah jenis kalimat majemuk setara dengan menggunakan konjungsi yang memperlihatkan hubungan penjumlahan dari kalimat dasar. Contoh konjungsinya adalah dan, serta, lagipula.
  2. Kalimat majemuk pemilihan adalah jenis kalimat majemuk setara yang ditandai dengan kata penghubung "atau". Hubungan pemilihan pada dua atau lebih kalimat dasarnya juga dapat ditunjukkan dengan kata "apa(kah)".
  3. Kalimat majemuk pertentangan adalah jenis kalimat majemuk setara yang menghubungkan satu kalimat dasar dengan kalimat dasar yang lain, meski berlainan atau bertentangan. Konjungsi atau kata penghubung yang biasa dipakai dalam kalimat jenis ini contohnya tetapi, melainkan, dan sedangkan.
  4. Kalimay majemuk pertautan adalah jenis kalimat setara yang memakai konjungsi sebagai penghubung antardasar kalimat, namun tetap membutuhkan tanda koma sebagai pembatas. Kalimat ini menggunakan konjungsi yang menghubungan urutan peritiwa, seperti lalu, lantas, terus, dan kemudian.

Konjungsi yang digunakan pada kalimat di atas yang berbunyi "Adikku belum sekolah dan belum bisa membaca" adalah kata "dan". Berdasarkan jenis kalimat majemuk setara di atas, maka kalimat tersebut merupakan kalimat majemuk pemilihan.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space

0

Roboguru

Jelaskanlah pemakaian tanda koma pada kalimat majemuk setara!

Pembahasan Soal:

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas dua (atau lebih) klausa. Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang disusun oleh klausa-klausa yang berkedudukan setara atau sederajat. Hubungan antara satu klausa dengan klausa lain bersifat koordinatif. Dengan demikian, setiap klausa dalam kalimat majemuk setara dapat berdiri sendiri sebagai kalimat tunggal..

Kalimat majemuk membutuhkan kata sambung. Kata sambung yang biasa digunakan di antaranya: dan, ketika, lalu, sebelum, sedangkan, setelah, dan lain-lain. Selain kata sambung, kalimat majemuk setara pun selalu membutuhkan tanda koma (,). Pemakaian tanda koma pada kalimat majemuk setara adalah sebagai pemisah antara satu klausa dengan klausa lainnya.

Contoh:

Ayah bekerja di bank, sedangkan Ibu bekerja di hotel.

Klausa 1: Ayah bekerja di bank,

Kata sambung: sedangkan (sebelum kata sedangkan diberi tanda koma sebagai pemisah)

Klausa 2: Ibu bekerja di hotel.

Dengan demikian, pemakaian tanda koma pada kalimat majemuk setara adalah sebagai pemisah antara satu klausa dengan klausa lainnya.space 

0

Roboguru

Apa itu kata majemuk?

Pembahasan Soal:

Dalam KBBI, majemuk adalah terdiri atas beberapa bagian yang merupakan kesatuan. Arti dari kata majemuk sendiri adalah gabungan dua kata dasar yang membentuk makna baru.

Dengan demikian, kata majemuk adalah gabungan dua kata dasar yang membentuk makna baru.space 

0

Roboguru

Apa arti kata majemuk?

Pembahasan Soal:

Kata majemuk adalah gabungan dua kata (morfem) dasar yang menghasilkan kata dengan makna baru. Salah satu ciri kata majemuk yang paling mudah ditemui adalah tiap kata dasar yang membentuknya memiliki kedudukan sama. Tidak ada bentuk inti atau pun yang sifatnya menjelaskan atau dijelaskan. Kata ini menghasilkan makna baru dari gabungan dua kata dasar tersebut, yang hasil maknanya tersebut bisa sangat berbeda dari kata dasar yang membentuknya. Contoh: rumah sakit, orang tua.

Dengan demikian, arti kata majemuk adalah gabungan dua kata (morfem) dasar yang menghasilkan kata dengan makna baru. 

0

Roboguru

Kalimat majemuk bertingkat dengan anak kalimat pengganti subjek adalah….

Pembahasan Soal:

Kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat majemuk yang hubungan pola-polanya tidak sederajat. Salah satu pola menduduki fungsi lebih tinggi dari pola lain. Bagian yang lebih tinggi disebut induk kalimat, bagian yang lebih rendah disebut anak kalimat. Anak kalimat biasanya ditandai dengan penambahan penjelasan. Penambahan penjelasan dapat menggunakan kata yang, bahwa, atau konjungsi. Kalimat majemuk bertingkat dengan anak kalimat pengganti subjek terdapat pada kalimat “yang berpakaian seragam smp itu (S) adik saya (P)”

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. undefined
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved