Roboguru

Buatlah analisis dengan menyertakan bukti dan fakta yang menunjukan tentang sistem pendidikan berasrama pada masa perkembangan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia.

Pertanyaan

Buatlah analisis dengan menyertakan bukti dan fakta yang menunjukan tentang sistem pendidikan berasrama pada masa perkembangan kerajaan Hindu-Budha di Indonesia.

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berkembangnya pendidikan berasrama pada masa perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia salah satunya adalah adanya bukti yang tertulis dalam parasti Nalanda. Diterangkan dalam Prasasti Nalanda bahwa Balaputradewa adalah seorang raja yang besar di Sriwijaya. Raja Balaputradewa menjalin hubungan erat dengan Kerajaan Benggala yang saat itu diperintah oleh Raja Dewapala Dewa. Raja ini menghadiahkan sebidang tanah kepada Balaputradewa untuk pendirian sebuah asrama bagi para pelajar dan siswa yang sedang belajar di Nalanda, yang dibiayai oleh Balaputradewa, sebagai “dharma”. Hal itu tercatat dengan baik dalam prasasti Nalanda, yang saat ini berada di Universitas Nawa Nalanda, India. Bahkan bentuk asrama itu mempunyai kesamaan arsitektur dengan candi Muara Jambi, yang berada di Provinsi Jambi saat ini. Hal tersebut menandakan Sriwijaya memperhatikan ilmu pengetahuan, terutama pengetahuan agama Buddha dan bahasa Sanskerta bagi generasi mudanya melalui pendidikan berasrama.

Dengan demikian, pada masa Hindu-Buddha telah ada sistem pendidikan berasrama yang dibuktikan  prasasti Nalanda yang menjelaskan bahwa Raja Dewapala Dewa menghadiahkan sebidang tanah kepada Balaputradewa untuk pendirian sebuah asrama bagi para pelajar dan siswa yang sedang belajar di Nalanda.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan yang menjadi pusat pendidikan agama Buddha yang cocok sebagai tempat para calon rahib untuk menyiapkan diri belajar Buddha dan tata bahasa Sanskerta sebelum berangkat ke India adalah ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan keterangan Prasasti Nalanda yang berada di Nalanda, India Selatan, terdapat banyak pelajar dari Sriwijaya yang memperdalam ilmu pengetahuan di sana. Catatan I-Tsing juga menyebutkan bahwa Sriwijaya merupakan pusat agama Buddha yang cocok sebagai tempat para calon rahib untuk menyiapkan diri belajar Buddha dan tata bahasa Sanskerta sebelum berangkat ke India. Di Sriwijaya, menurut I-Tsing, terdapat guru Buddha yang terkenal, yaitu Sakyakirti yang menulis buku undang-undang berjudul Hastadandasastra. Buku tersebut pun kemudian oleh I-Tsing dialihbahasakan ke dalam bahasa China untuk dipelajari oleh biksu China.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Di bawah ini merupakan bukti-bukti yang menunjukkan perkembangan pendidikan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Pendidikan pada masa Hindu-Buddha mengalami perkembangan. Hal ini dapat dilihat dari bukti-bukti seperti:

  • Catatan perjalanan I-Tsing yang menuliskan bahwa banyaknya pendeta agama Buddha yang belajar bahasa Sansekerta dan agama di Kerajaan Sriwijaya sebelum berangkat pergi ke India. Hal ini menunjukkan bahwa Kerajaan Sriwijaya sebagai pusat pendidikan agama Buddha di Asia Tenggara.
  • Prasasti Nalanda adalah salah satu prasasti dari Kerajaan Sriwijaya yang berisi mengenai Balaputradewa meminta kepada raja di India untuk mendirikan sebuah wihara bagi para utusan Sriwijaya yang menuntut ilmu agama di India.
  • Hui-Ning merupakan salah satu biksu Buddha yang berasal dari Cina pernah menerjemahkan kitab agama Buddha yang membahas mengenai Nirwana yang agung dengan bantuan Jnanabadra, pendeta Jawa.
  • Prasasti Turun Hyang yang menceritakan tentang pembangunan Sriwijaya Asrama oleh Raja Airlangga.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Dalam bidang pendidikan, para pendeta yang berasal dari India mendirikan tempat-tempat pendidikan agama Hindu-Buddha yang disebut dengan ....

Pembahasan Soal:

Dalam bidang pendidikan, pengaruh Hindu-Buddha terlihat dari adanya tempat-tempat pembelajaran yang bangun oleh para pendeta dari India yang disebut dengan pasraman. Tempat ini menjadi tempat bagi masyarakat Nusantara yang ingin belajar agama Hindu-Buddha. Kerajaan Sriwijaya bahkan menjadi pusat pendidikan agama Buddha di Nusantara yang dibuktikan dalam catatan I-Tsing dan Prasasti Nalanda.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu pusat pendidikan agama Buddha di Nusantara, hal itu didasari catatan I-Tsing yang mengatakan bahwa ....

Pembahasan Soal:

Catatan I-Tsing yang pernah singgah di Kerajaan Sriwijaya mengatakan bahwa Kerajaan Sriwijaya merupakan pusat agama Buddha yang cocok sebagai tempat para calon rahib untuk menyiapkan diri belajar Buddha dan tata bahasa Sanskerta sebelum berangkat ke India. Di Sriwijaya menurut I-Tsing terdapat guru Buddha yang terkenal yaitu Sakyakirti yang menulis buku undang-undang yang berjudul Hastadandasastra buku tersebut kemudian oleh I-Tsing dialih bahasakan ke dalam bahasa China untuk dipelajari oleh biksu China.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Menurut prasasti Nalanda, Raja Dewapaladewa dari India menghadiahkan sebidang tanah untuk mendirikan biara bagi para pendeta Sriwijaya yang belajar agama Buddha di Indi...

Pembahasan Soal:

Raja Dewapala Dewa menghadiahkan sebidang tanah untuk mendirikan sebuah biara untuk para pendeta Sriwijaya yang belajar agama Buddha di India. Hal tersebut menunjukkan bahwa agama buddha yang berkembang di Sriwijaya adalah buddha yang berasal dari India. Dan Sriwijaya berkembang menjadi pusat agama buddha di Asia Tenggara hingga menjadikan Sriwjaya tempat persinggahan para pelajar yang hendak menimba ilmu buddha di India. Selain itu, juga disebutkan bahwa adanya silsilah Raja Balaputra Dewa dan dengan tegas menunjukkan bahwa Raja Syailendra (Darrarindra) merupakan nenek moyangnya. Hal ini tertulis dalam prasasti Kalasan. Prasasti kalasan merupakan prasasti yang menceritakan tentang tentang mustika keluarga sailendra, Prasasti kalasan ini berada di daerah kalasan sleman yogyakarta, dan merupakan biara bagi pendeta, dan bangunan sucinya dikenal dengan candi kalasan. Hal ini menjadi bukti sejarah, bahwa kerajaan sriwijaya mempunyai hubungan yang erat dengan kerajaan mataram pada masa itu, yaitu melalui keluarga sailendra.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved