Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bu Rani membayar pajak bumi dan bangunan sebesar 0,5% dari total objek pajak yang ia miliki. Pernyataan tersebut menunjukkan pajak bumi dan bangunan tergolong tarif pajak ....

Bu Rani membayar pajak bumi dan bangunan sebesar 0,5% dari total objek pajak yang ia miliki. Pernyataan tersebut menunjukkan pajak bumi dan bangunan tergolong tarif pajak .... undefined 

  1. .... undefined 

  2. .... undefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Secara struktural, tarif pajak dibagi menjadi 4 jenis, antara lain: Tarif progresif( a progressive tax rate ). Tarif pajak progresif merupakan tarif pungutan pajak yang mana persentase akan naik sebanding dengan dasar pengenaan pajaknya. Tarif degresif( a degressive tax rate ). Tarif degresif ini kebalikan dari tarif progresif. Artinya, tarif pajak ini merupakan tarif pajak yang persentasenya akan lebih kecil dari jumlah yang dijadikan dasar pengenaan pajak tinggi. Dengan kata lain, persentase tarif pajak akan semakin rendah ketika dasar pengenaan pajaknya semakin meningkat. Tarif proporsional( a proportional tax rate ). Tarif proporsional merupakan tarif yang persentasenya tetap meski terjadi perubahan terhadap dasar pengenaan pajak. Jadi, seberapa pun jumlah objek pajak, persentasenya akan tetap. Tarif tetap/regresif( a fixed tax rate ). Tarif tetap atau tarif pajak regresif adalah tarif pajak yang nominalnya tetap tanpa memerhatikan jumlah yang dijadikan dasar pengenaan pajaknya. Pajak bumi dan bangunan sebesar 0,5% dari total objek pajak termasuk tarif pajak proporsional .

Secara struktural, tarif pajak dibagi menjadi 4 jenis, antara lain:

  1. Tarif progresif (a progressive tax rate). Tarif pajak progresif merupakan tarif pungutan pajak yang mana persentase akan naik sebanding dengan dasar pengenaan pajaknya.
  2. Tarif degresif (a degressive tax rate). Tarif degresif ini kebalikan dari tarif progresif. Artinya, tarif pajak ini merupakan tarif pajak yang persentasenya akan lebih kecil dari jumlah yang dijadikan dasar pengenaan pajak tinggi. Dengan kata lain, persentase tarif pajak akan semakin rendah ketika dasar pengenaan pajaknya semakin meningkat.
  3. Tarif proporsional (a proportional tax rate). Tarif proporsional merupakan tarif yang persentasenya tetap meski terjadi perubahan terhadap dasar pengenaan pajak. Jadi, seberapa pun jumlah objek pajak, persentasenya akan tetap.
  4. Tarif tetap/regresif (a fixed tax rate). Tarif tetap atau tarif pajak regresif adalah tarif pajak yang nominalnya tetap tanpa memerhatikan jumlah yang dijadikan dasar pengenaan pajaknya.

Pajak bumi dan bangunan sebesar 0,5% dari total objek pajak termasuk tarif pajak proporsional. undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang benar mengenai tarif pajak progresif adalah ....

27

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia