Roboguru

Bu Irma adalah perajin suvenir di Semarang. Banyaknya permintaan pasar menyebabkan Bu Irma kewalahan dalam memenuhi pesanan. Bu Irma kemudian mengajak perajin di sekitarnya untuk bekerja sama membentuk kelompok perkumpulan perajin untuk membantu menyelesaikan pesanan. Melalui kelompok tersebut Bu Irma dapat memenuhi permintaan pasar dan dapat memberikan tambahan penghasilan kepada warga. Kelompok sosial tersebut terbentuk berdasarkan faktor ....

Pertanyaan

Bu Irma adalah perajin suvenir di Semarang. Banyaknya permintaan pasar menyebabkan Bu Irma kewalahan dalam memenuhi pesanan. Bu Irma kemudian mengajak perajin di sekitarnya untuk bekerja sama membentuk kelompok perkumpulan perajin untuk membantu menyelesaikan pesanan. Melalui kelompok tersebut Bu Irma dapat memenuhi permintaan pasar dan dapat memberikan tambahan penghasilan kepada warga. Kelompok sosial tersebut terbentuk berdasarkan faktor .... 
 

  1. kesatuan genealogis 

  2. kesatuan kepentingan 

  3. asal usul daerah 

  4. wilayah tempat tinggal 

  5. tingkat ekonomi 

Pembahasan Soal:

Ilustrasi soal di atas membahas mengenai dasar pembentukan kelompok. Adapun faktor yang tepat dalam pembentukan kelompok sesuai ilustrasi tersebut merupakan faktor kesatuan kepentingan. Dimana, situasi kondisi Bu Irma yang kewalahan memenuhi permintaan pesanan menghasilkan suatu kelompok sebagai pengrajin untuk membantu Bu Irma. Adapun adanya kesamaan kepentingan membuat kelompok sosial memiliki pemahaman yang sama akan tujuan bersama. Mereka mau bekerja sama demi mencapai suatu kepentingan dan tujuan tersebut. 

 

Jadi, dapat sisimpulkan jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

lkatan sinden tradisional merupakan salah satu contoh dari kelompok sosial dalam masyarakat multikultural yang berada di Indonesia. Faktor yang melatarbelakangi terbentuknya kelompok sosial tersebut a...

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah dasar pembentukan dari kelompok sosial dalam masyarakat. 

Kelompok sosial adalah kumpulan individu yang memiliki hubungan dan saling berinteraksi.  Seseorang dikatakan menjadi bagian dari suatu kelompok apabila berkumpul dengan para anggota dan memiliki interaksi dengan anggota lain dari kelompok tersebut. Dan dalam kelompok sosial akan terbentuk pola-pola interaksi dengan nilai-nilai yang di sepakati bersama antar anggota kelompok. 

Dalam sebuah kelompok sosial pembentukannya dalam lingkungan masyarakat , memiliki dua faktor pembentukannya yaitu : 

  1. Kedekatan, kedekatan geografis berpengaruh besar terhadap keterlibatan seseorang dalam sebuah kelompok. Jarak geografis antara dua atau lebih orang, semakin mungkin mereka untuk saling berbicara dan berinteraksi. 
  2. Kesamaan : 
    - Kesamaan kepentingan
    Adanya kesamaan kepentingan membuat kelompok sosial ini memiliki pehamaman yang sama akan tujuan bersama dan mau bekerja sama demi mencapai kepentingan dan tujuan tersebut.
    - Kesamaan keturunan
    Kelompok sosial yang terbentuk dengan persamaan keturunan, akan memiliki tujuan yang sama yakni menyambung tali persaudaraan.
    - Kesamaan nasib
    Adanya persamaan nasib atau pekerjaan, maka dapat terbentuk kelompok sosial yang mewadahi yang bertujuan meningkatkan taraf hidup amaupun kinerja anggotanya. 

Jika di kaitkan pada soal, ikatan sinden tradisional yang ada pada kelompok masyarakat adalah kelompok sosial yang  terbentuk karena memiliki kesamaan, yaitu berupa kesamaan kepentingan yang memiliki dasar budaya yang kemudian membentuk sebuah asosiasi atau perkumpulan sinden, yang  memiliki tujuan untuk dapat melestarikan budaya asli Indonesia agar tidak hilang termakan perkembangan zaman dengan banyaknya budaya baru yang ada dilingkungan masyarakat.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Kelompok orang-orang miskin dan orang-orang kaya hanya didasarkan pada satu kriteria dalam pembentukannya. Dalam klasifikasi kelompok sosial termasuk pada ....

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan kelompok sosial dan poin yang ditanyakan adalah kelompok sosial berdasarkan dasar pembentukannya.

Bierstedt membedakan kelompok menjadi empat jenis yaitu:

  1. Kelompok masyarakat (societal group)kelompok yang hanya memiliki satu kriteria, yaitu kesadaran adanya persamaan di antara anggotanya. Dalam kelompok masyarakat belum ada kontak, komunikasi dan pengorganisasian. Contoh: kelompok berdasarkan jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), kelompok berdasarkan tingkat kekayaan (orang miskin dan kaya).
  2. Kelompok sosial (social group), kelompok yang memiliki dua kriteria yaitu kesadaran jenis dan antar anggota saling berhubungan, namun dalam kelompok sosial belum ada pengorganisasian. Contoh: kelompok teman, kelompok olahraga.
  3. Kelompok statistik (statistical group)kelompok yang tidak memenuhi ketiga kriteria tersebut yaitu tidak memiliki kesadaran persamaan, tidak saling berhubungan, dan belum ada pengorganisasian. Contoh: pengelompokan penduduk berdasarkan tingkat pendidikan atau mata pencaharian.
  4. Kelompok asosiasi (associational group), kelompok ini para anggotanya memiliki kesadaran jenis, yaitu dijumpainya persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama. Dalam keompok asosiasi, anta anggota kelompok saling berhubungan melalui kontak dan komunikasi. Contoh: asosiasi pengusaha.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B. space

0

Roboguru

Siswa-siswi SMA Prestasi Remaja merupakan kelompok sosial yang tergabung melalui pengalaman ....

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan kelompok sosial dan poin yang ditanyakan dalam soal di atas adalah faktor pembentuk kelompok sosial. 

Kelompok sosial diartikan sebagai sekumpulan orang yang saling berinteraksi, memiliki kesadaran sebagai bagian dari anggota kelompok. Menurut Waluya (2009) kelompok manusia terbentuk melalui beberapa pengalaman yaitu, pengalaman praktis, intelektual, dan emosional. Ilustrasi soal di atas menjelaskan pembentukan kelompok sosial berdasarkan pada pengalaman intelektual.  Hal ini di karenakan siswa-siswi SMA Prestasi Remaja memiliki level intelektual yang sama di tingkat SMA yang membutuhkan bimbingan lebih lanjut oleh para guru. 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A. space 

0

Roboguru

Pada peristiwa tertentu para buruh yang terorganisasi dalam suatu perkumpulan melakukan unjuk rasa untuk menyampaikan aspirasi. Anggota yang berasal dari luar daerah merasa terpanggil untuk ikut berpa...

Pembahasan Soal:

Soal tersebut merujuk pada materi kelompok sosial. 

Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi. Adapun syarat terbentuknya kelompok sosial yaitu: 

  1. Setiap anggota kelompok tersebut harus sadar bahwa dia merupakan sebagian dari kelompok yang bersangkutan.
  2. Ada hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan anggota lainnya.
  3. Terdapat suatu faktor yang dimiliki bersama oleh anggota anggota kelompok itu, sehingga hubungan antara merekam bertambah erat. Faktor tadi dapat merupakan nasib yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideologi politik yang sama dan lain-lain.
  4. Berstruktur, berkaidah dan mempunyai pola perilaku

Berdasarkan penjelasan tersebut, pada kalimat Anggota yang berasal dari luar daerah merasa terpanggil untuk ikut berpartisipasi dalam aksi tersebut membuktikan bahwa terjadinya kelompok sosial tersebut karena termasuk pada syarat pertama yaitu Setiap anggota kelompok tersebut harus sadar bahwa dia merupakan sebagian dari kelompok yang bersangkutan. 

Jadi, jawabannya adalah A Adanya kesadaran bahwa mereka bagian dari serikatspace 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Kesadaran akan kondisi yang berbeda Adanya relasi sosial Berorientasi pada tujuan yang telah ditentukan Kumpulan orang atau sekelompok individu dapat d...

Pembahasan Soal:

Soerjono Soekanto dalam bukunya yang berjudul "Sosiologi Suatu Pengantar" menyampaikan bahwa terdapat persyaratan yang harus dipenuhi agar suatu kumpulan masyarakat dapat disebut kelompok sosial, seperti:

  • Terdapat kesadaran antar setiap anggota kelompok bahwa ia merupakan bagian dari kelompok yang bersangkutan
     
  • Memiliki hubungan timbal balik antar satu anggota dan anggota lainnya
     
  • Adanya faktor yang dimiliki bersama yang akan membuat hubungan antar anggota menjadi semakin erat, yang dapat merupakan nasib, kepentingan, tujuan, ideologi politik yang sama. Serta mempunyai musuh bersama. Dalam hal ini, musuh dapat menjadi faktor pengikat serta pemersatu
     
  • Terstruktur, berkaidah serta memiliki pola perilaku
     
  • Tersistem dan berproses

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved