Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bonus demografi yang dialami Indonesia pada tahun 2020-2030 akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan penduduk apabila ....

Bonus demografi yang dialami Indonesia pada tahun 2020-2030 akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan penduduk apabila ....

  1. tenaga kerja terdidik dan produktif

  2. angkatan kerja melimpah dan sehat

  3. penduduk berusia muda dan berkualitas

  4. struktur penduduk muda dan sumber daya manusia berlimpah

  5. tenaga kerja kompeten dan terampil

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah D.

jawaban yang paling tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Bonus demografi adalah bonus yang dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun) dalam evolusi kependudukan yang dialaminya. Banyaknya jumlah penduduk yang berusia produktif tentunya akan membuat tenaga kerja di suatu negara akan bertambah. Struktur penduduk akan bertambah di usia muda, sebab jumlah penduduk yang berusia muda jumlahnya bertambah. Selain itu, bonus demografi juga menjadikan sumber daya manusia di usia produktif melimpah . Melimpahnya jumlah penduduk usia produktif tersebut tentunya menjadi angin segar bagi pembangunan suatu negara, karena kebutuhan tenaga kerja untuk pembangunan dapat dipenuhi dengan mudah. Tetapi keadaan ini perlu diperhatikan, sebab jika tidak ditingkatkan secara kualitas (pendidikan dan kesehatan), maka akan menjadi beban bagi negara tersebut. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah D.

Bonus demografi adalah bonus yang dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun) dalam evolusi kependudukan yang dialaminya. Banyaknya jumlah penduduk yang berusia produktif tentunya akan membuat tenaga kerja di suatu negara akan bertambah. Struktur penduduk akan bertambah di usia muda, sebab jumlah penduduk yang berusia muda jumlahnya bertambah. Selain itu, bonus demografi juga menjadikan sumber daya manusia di usia produktif melimpah. Melimpahnya jumlah penduduk usia produktif tersebut tentunya menjadi angin segar bagi pembangunan suatu negara, karena kebutuhan tenaga kerja untuk pembangunan dapat dipenuhi dengan mudah. Tetapi keadaan ini perlu diperhatikan, sebab jika tidak ditingkatkan secara kualitas (pendidikan dan kesehatan), maka akan menjadi beban bagi negara tersebut. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

33

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bonus demografi yang dialami Indonesia pada tahun 2020-2030 akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan penduduk apabila …. (SBMPTN 2015)

12

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia