Roboguru

Bioteknologi sangat erat kaitannya dengan mikrobiologi. Berikut nama-nama mikroorganisme dengan perannya dalam berbagai bidang.     Nama mikroorganisme Peran dalam bioteknologi 1. Thiobacillur ferrooxidans a. biopestisida 2. Rhizobium sp. b. biofarmasi 3. Bacillus thuringiensis c. pupuk biologis 4. Penicillium chrysogenum d. biometalurgi Pasangan yang sesuai antara nama mikroorganisme dengan peranannya adalah . . .

Pertanyaan

Bioteknologi sangat erat kaitannya dengan mikrobiologi. Berikut nama-nama mikroorganisme dengan perannya dalam berbagai bidang.  
 

Nama mikroorganisme Peran dalam bioteknologi
1. Thiobacillur ferrooxidans a. biopestisida
2. Rhizobium sp. b. biofarmasi
3. Bacillus thuringiensis c. pupuk biologis
4. Penicillium chrysogenum d. biometalurgi


Pasangan yang sesuai antara nama mikroorganisme dengan peranannya adalah . . .  

  1. . . .  

  2. . . .  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berdasarkan tabel di atas, pasangan yang sesuai antara nama mikroorganisme dengan peranannya adalah sebagai berikut :  

 

  1. Thiobacillur ferrooxidans berperan dalam bidang biometalurgi (d) sebagai pemisah logam berat. Bakteri ini dapat memperoleh energinya dari oksidasi zat anorganik, yaitu besi dan belerang. Bakteri ini juga dapat tumbuh dengan subur dalam lingkungan tanpa adanya zat organik karena mampu mengekstrak karbon secara langsung dari karbon dioksida di atmosfer. Pemanfaatan mikrorganisme ini untuk memisahkan logam dari bijih logam yang diterapkan di tambang logam karena logam tidak bisa dimanfaatkan jika terikat dengan bijihnya.
  2. Rhizobium sp. berperan sebagai pupuk biologis (c). Jenis bakteri Rhizobium leguminosarum dapat bersimbiosis dengan bintil akan tanaman leguminoceae (suku dari kacang-kacangan). Bakteri Rhizobium leguminosarum berperan dalam menyuburkan tanah pertanian dan juga dalam fiksasi nitrogen yang ada di udara.  
  3. Bacillus thuringiensis berperan sebagai biopestisida (a). Bacillus thuringiensis merupakan bakteri yang mampu menghasilkan zat kimia yang beracun bagi serangga. Secara alami, bakteri ini terdapat di dalam tanah, pada serangga, maupun pada permukaan tanaman. Bacillus thuringiensis yang dimakan serangga akan mengeluarkan racun yang mematikan dalam sistem pencernaan serangga. Oleh karena itu, Bacillus thuringiensis biasanya disemprotkan pada permukaan tanaman yang menjadi makanan serangga pengganggu.
  4. Penicillium chrysogenum berperan dalam bidang biofarmasi (b). Penicillium chrysogenum dimanfaatkan untuk menghasilkan antibiotik penisilin. Penisilin bekerja terhadap bakteri gram positif seperti Staphylococcus dan Pneumococcus.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved