Iklan

Pertanyaan

Bila dua kelereng identik bergerak saling mendekat dengan laju sama pada sebuah lintasan lurus dan bertumbukan, maka salah satu kelereng akan melepaskan sebagian energinya dan kelereng yang lain akan menerima energi dalam jumlah yang sama. SEBAB Hukum kekekalan energi menjamin energi kinetik total kedua kelereng tidak berubah.

Bila dua kelereng identik bergerak saling mendekat dengan laju sama pada sebuah lintasan lurus dan bertumbukan, maka salah satu kelereng akan melepaskan sebagian energinya dan kelereng yang lain akan menerima energi dalam jumlah yang sama.

SEBAB

Hukum kekekalan energi menjamin energi kinetik total kedua kelereng tidak berubah.

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Jika pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Jika pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

22

:

19

:

34

Klaim

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa, pernyataan salah dan alasan salah.

dapat disimpulkan bahwa, pernyataan salah dan alasan salah.

Pembahasan

Apabila dua kelereng identik bergerak saling mendekat dengan laju sama pada sebuah lintasan lurus dan bertumbukan, maka terjadi tumbukan dimana momentum sistem kekal. Namun dalam soal ini tidak diberikan informasi apakah tumbukan yang terjadi lenting sempurna, lenting sebagian, atau bahkan tidak lenting sama sekali. Apabila yang dimaksudkan adalah tumbukan lenting sempurna, maka berlaku hukum kekekalan energi kinetik. Artinya, tidak akan ada energi yang dilepaskan ke lingkunga. Sedangkan, untuk hukum kekekalan momentum berlaku untuk setiap kondisi tumbukan. Karena pada kalimat pernyataan tidak ada keterangan jenis tumbukannya, maka kita tidak dapat memastikan hukum kekekalan energi kinetik dapat berlaku atau tidak. Sehingga, kita juga tidak dapat memastikan apakah salah satu kelereng akan melepaskan sebagian energinya dan kelereng yang lain akan menerima energi dalam jumlah yang sama atau tidak. Apabila hukum kekekalan energi tidak berlaku, maka hal yang terjadi adalah, akan ada energi yang dilepaskan dari sistem ke lingkungan berupa bunyi dan panas. Karena kita tidak dapat memastikan jenis tumbukan yang terjadi, maka kita juga tidak dapat menjamin apakah energi kinetik total kedua kelereng berubah atau tidak. Jadi dapat disimpulkan bahwa, pernyataan salah dan alasan salah.

Apabila dua kelereng identik bergerak saling mendekat dengan laju sama pada sebuah lintasan lurus dan bertumbukan, maka terjadi tumbukan dimana momentum sistem kekal. Namun dalam soal ini tidak diberikan informasi apakah tumbukan yang terjadi lenting sempurna, lenting sebagian, atau bahkan tidak lenting sama sekali.

Apabila yang dimaksudkan adalah tumbukan lenting sempurna, maka berlaku hukum kekekalan energi kinetik. Artinya, tidak akan ada energi yang dilepaskan ke lingkunga. Sedangkan, untuk hukum kekekalan momentum berlaku untuk setiap kondisi tumbukan.

begin mathsize 14px style straight m subscript 1 straight v subscript 1 plus straight m subscript 2 straight v subscript 2 equals straight m subscript 1 straight v subscript 1 superscript straight apostrophe plus straight m subscript 2 straight v subscript 2 superscript straight apostrophe  mv plus open parentheses straight m close parentheses open parentheses negative straight v close parentheses equals mv subscript 1 superscript straight apostrophe plus mv subscript 2 superscript straight apostrophe  0 equals straight m open parentheses straight v subscript 1 superscript straight apostrophe plus straight v subscript 2 superscript straight apostrophe close parentheses  straight v subscript 1 superscript straight apostrophe equals negative straight v subscript 2 superscript straight apostrophe end style

Karena pada kalimat pernyataan tidak ada keterangan jenis tumbukannya, maka kita tidak dapat memastikan hukum kekekalan energi kinetik dapat berlaku atau tidak. Sehingga, kita juga tidak dapat memastikan apakah salah satu kelereng akan melepaskan sebagian energinya dan kelereng yang lain akan menerima energi dalam jumlah yang sama atau tidak. Apabila hukum kekekalan energi tidak berlaku, maka hal yang terjadi adalah, akan ada energi yang dilepaskan dari sistem ke lingkungan berupa bunyi dan panas.

Karena kita tidak dapat memastikan jenis tumbukan yang terjadi, maka kita juga tidak dapat menjamin apakah energi kinetik total kedua kelereng berubah atau tidak.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, pernyataan salah dan alasan salah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada peristiwa tumbukan tidak elastik antara dua kelereng, jumlah energi kinetik kedua kelereng berubah. SEBAB Perubahan jumlah energi kinetik kedua kelereng bergantung pada perubahan jumlah mom...

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia