Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bila Anda memasak air dalam suatu panci, air akan mendidih pada suhu 10 0 ∘ C . SetelahAnda diamkan beberapa saat, air kembali dingin. Sebutkan, apakah air dalam panci ini merupakan sistem terbuka, tertutup, atau terisolasi! Sebutkan tanda q dan w , apakah negatif atau positif ketika proses pemanasan berlangsung! Sebutkan tanda q dan w , apakah negatif atau positif ketika proses pendinginan berlangsung!

Bila Anda memasak air dalam suatu panci, air akan mendidih pada suhu . Setelah Anda diamkan beberapa saat, air kembali dingin.

  1. Sebutkan, apakah air dalam panci ini merupakan sistem terbuka, tertutup, atau terisolasi!
  2. Sebutkan tanda q dan w, apakah negatif atau positif ketika proses pemanasan berlangsung!
  3. Sebutkan tanda q dan w, apakah negatif atau positif ketika proses pendinginan berlangsung!

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban untuk pertanyaan 1-3 seperti yang djelaskan di atas.

jawaban untuk pertanyaan 1-3 seperti yang djelaskan dispaceatas.

Iklan

Pembahasan

Segala sesuatu yang menjadi pusat perhatian dalam memperlajari perubahan energi disebut sistem. Sedangkan hal-hal diluar sistem yang membatasi sistem dan dapat memengaruhi sistem disebut lingkungan. Berdasarkan interaksinya dengan lingkungan, sistem dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sistem terbuka, sistem tertutup, dan sistem terisolasi. Jika suatu sistem mengalami perubahan dan dalam perubahan tersebut terjadi penyerapan kalor, sebagian energi kalor yang diserap digunakan untuk melakukan kerja ( w ). Jika sistem melakukan kerja, w bernilai negatif sedangkan jika sistem dikenai kerja oleh lingkungan, w bernilai positif. Jika sistem menyerap kalor, q bernilai positif, sedangkan jika sistem melepaskan kalor, q bernilai negatif. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka diperoleh bahwa: Sistem termasuk sistem terbuka karena tetap terdapat kemungkinan terjadinya perpindahan kalor dan zat (materi) antara lingkungan dengan sistem. Memasak air dalam panci (tanpa tutup) termasuk contoh sistem terbuka. Uap air yang dihasilkan akan keluar dari sistem dan kalor yang dihasilkan juga akan merambat keluar dari sistem ke lingkungan. Ketika proses pemanasan berlangsung, sistem melakukan kerja ( w bernilai positif) dan sistem melepaskan kalor ke lingkungan ( q bernilai negatif). Ketika proses pendinginan berlangsung, sistem dikenai kerja oleh lingkungan ( w bernilai negatif) dan sistem menyerap kalor dari lingkungan ( q bernilai positif). Jadi, jawaban untuk pertanyaan 1-3 seperti yang djelaskan di atas.

Segala sesuatu yang menjadi pusat perhatian dalam memperlajari perubahan energi disebut sistem. Sedangkan hal-hal diluar sistem yang membatasi sistem dan dapat memengaruhi sistem disebut lingkungan. Berdasarkan interaksinya dengan lingkungan, sistem dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sistem terbuka, sistem tertutup, dan sistemspaceterisolasi.

Jika suatu sistem mengalami perubahan dan dalam perubahan tersebut terjadi penyerapan kalor, sebagian energi kalor yang diserap digunakan untuk melakukan kerjaspace(w).

  • Jika sistem melakukan kerja, w bernilai negatif sedangkan jika sistem dikenai kerja oleh lingkungan, w bernilaispacepositif.
  • Jika sistem menyerap kalor, q bernilai positif, sedangkan jika sistem melepaskan kalor, q bernilaispacenegatif.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka diperoleh bahwa:

  1. Sistem termasuk sistem terbuka karena tetap terdapat kemungkinan terjadinya perpindahan kalor dan zat (materi) antara lingkungan dengan sistem. Memasak air dalam panci (tanpa tutup) termasuk contoh sistem terbuka. Uap air yang dihasilkan akan keluar dari sistem dan kalor yang dihasilkan juga akan merambat keluar dari sistem kespacelingkungan.
  2. Ketika proses pemanasan berlangsung, sistem melakukan kerja (w bernilai positif) dan sistem melepaskan kalor ke lingkungan (q bernilaispacenegatif).
  3. Ketika proses pendinginan berlangsung, sistem dikenai kerja oleh lingkungan (w bernilai negatif) dan sistem menyerap kalor dari lingkungan (q bernilaispacepositif).

Jadi, jawaban untuk pertanyaan 1-3 seperti yang djelaskan dispaceatas.

Latihan Bab

Energi dan Perubahan Energi

Entalpi dan Perubahan Entalpi

Perubahan Entalpi Standar

Penentuan Perubahan Entalpi

2rb+

Brian Serafino Donovan

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Nasya Noor Alyza

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan sistem terbuka, sistem tertutup, dan sistem terisolasi!

20rb+

4.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia