Roboguru
SD

Biji tanaman Abrus precatorius sering digunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Biji berwama merah mengilap serta kulit biji, keras dan tebal. Biji tanaman ini sulit berkecambah jika kondisi kelembapannya tidak sesuai, Sekelompok siswa melakukan percobaan terhadap biji tanarnan Abrus precatorius. Mereka menyediakan 12 biji Abrus precatorius dan 4 tabung diisi kapas. Rancangan percobaannya sebagai berikut. a. Tabung A diisi kapas basah dan 3 biji Abrus precatorius yang telah diampelas kulit bijinya. b. Tabung B diisi kapas basah dan 3 biji Abrus precatorius yang telah direndam dalam larutan asam cuka. c. Tabung C diisi kapas basah dan 3 biji Abrus precatorius yang telah diampelas kulit bijinya, lalu direndam dalam larutan asam cuka terlebih dahulu. d. Tabung D diisi kapas basah dan 3 biji Abrus precatorius tanpa perlakuan awal. Percobaan dilakukan selama dua minggu. Penambahan air dilakukan setiap hari untuk mempertahankan kelembapan kapas. b. Susunlah hipotesis untuk percobaan tersebut!

Pertanyaan

Biji tanaman Abrus precatorius sering digunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Biji berwama merah mengilap serta kulit biji, keras dan tebal. Biji tanaman ini sulit berkecambah jika kondisi kelembapannya tidak sesuai, Sekelompok siswa melakukan percobaan terhadap biji tanarnan Abrus precatorius. Mereka menyediakan 12 biji Abrus precatorius dan 4 tabung diisi kapas. Rancangan percobaannya sebagai berikut.

a. Tabung A diisi kapas basah dan 3 biji Abrus precatorius yang telah diampelas kulit bijinya.
b. Tabung B diisi kapas basah dan 3 biji Abrus precatorius yang telah direndam dalam larutan asam cuka.
c. Tabung C diisi kapas basah dan 3 biji Abrus precatorius yang telah diampelas kulit bijinya, lalu direndam dalam larutan asam cuka terlebih dahulu.
d. Tabung D diisi kapas basah dan 3 biji Abrus precatorius tanpa perlakuan awal.

Percobaan dilakukan selama dua minggu. Penambahan air dilakukan setiap hari untuk mempertahankan kelembapan kapas.
b. Susunlah hipotesis untuk percobaan tersebut!

L. Anggraeni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Ahmad Dahlan

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Berdasarkan percobaan yang dilakukan, maka hipotesis dari eksperimen tersebut adalah :

Hipotesis : biji Abrus precatorius akan mudah berkecambah apabila telah diampelas kulit bijinya, lalu direndam dalam larutan asam cuka. Serta, penambahan air setiap hari untuk mempertahankan kelembapan kapas. undefined 

578

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Seorang petani ingin melakukan penelitian terhadap tanaman bunga ceplok piring. Tanaman tersebut sering diserang hama kutu daun. Bunga yang masih kuncup pun diserang sehingga tidak dapat tumbuh dan be...

297

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia