Roboguru

Betapa beraninya para pemuda-pemuda Indonesia yang tergabung melalui KAMI dan KAPPI memperjuangkan ketidakadilan dan kebenaran yang dikungkung pada masa itu (paragraf keenam). Kalimat tersebut tidak efektif karena tidak memenuhi syarat...

Pertanyaan

Betapa beraninya para pemuda-pemuda Indonesia yang tergabung melalui KAMI dan KAPPI memperjuangkan ketidakadilan dan kebenaran yang dikungkung pada masa itu (paragraf keenam).


Kalimat tersebut tidak efektif karena tidak memenuhi syarat...undefined

  1. keparalelanundefined

  2. ketegasanundefined

  3. kehematanundefined

  4. kecermatanundefined

  5. kelogisanundefined

Pembahasan Soal:

Kalimat dalam kritik dan esai harus memperhatikan sisi keefektifan. Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami oleh pendengar/pembaca secara tepat pula. Syarat kalimat agar disebut efektif, yaitu adanya kesepadanan struktur, keparalelan atau kesejajaran bentuk, kehematan kata, ketegasan makna, kepaduan gagasan, dan kelogisan gagasan.

Berdasarkan kutipan pada paragraf enam, kalimat tersebut tidak dikategorikan sebagai kalimat efektif karena melanggar salah satu syarat, yaitu kehematan kata-kata. Hal ini dapat diketahui melalui pengulangan kata bermakna jamak, yaitu para pemuda-pemuda Indonesia. Seharusnya, penulis hanya perlu memilih satu bentuk jamak, yaitu para pemuda Indonesia atau pemuda-pemuda Indonesia.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved