Iklan

Iklan

Pertanyaan

Besi yang didapat dari tanur tinggi tidak dapat langsung digunakan, tetapi diolah dulu menjadi baja. Apa prinsip pengolahan besi menjadi baja? Tuliskan proses pengolahan besi menjadi baja.

Besi yang didapat dari tanur tinggi tidak dapat langsung digunakan, tetapi diolah dulu menjadi baja. Apa prinsip pengolahan besi menjadi baja? Tuliskan proses pengolahan besi menjadi baja.

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pengolahan bijih besi yaitu melalui proses reduksi. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan ikatan oksigen dari bijih besi menggunakan gas reduktor seperti hidrogen atau karbon monoksida. Proses reduksi dibagi menjadi dua yaitu proses reduksi langsung dan proses reduksi tidak langsung. Proses reduksi langsung yaitu dengan merubah pellet besi menjadi besi spons melalui reaksi berikut: Besi spons yang diperoleh diolah lebih lanjut dalam sebuah tungku untuk dicampur dengan besi tua dan paduan fero seperti kromium, vanadium atau manganuntuk diubah menjadi baja. Proses reduksi tidak langsung yaitu menggunakan tanur tinggi akan diperoleh besi kasar yang akan dilakukan pengolahan lebih lanjut untuk mengurangi kadar karbon yang terkandung dalam besi karena kadar karbon yang terlalu banyak dapat menyebabkan besi menjadi rapuh, proses ini disebut steelmaking process. Tujuan dari proses ini yaitu untuk pemurnian besi kasar dan perpaduan besi dengan berbagai unsur lainnya untuk diperoleh sifat yang diinginkan. Maka, prinsip pengolahan besi menjadi baja meliputi reduksi bijih besi menggunakan gas reduktor, penurunan kadar karbon melalui proses oksidasi, dan penambahan paduan logam lain .

Pengolahan bijih besi yaitu melalui proses reduksi. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan ikatan oksigen dari bijih besi menggunakan gas reduktor seperti hidrogen atau karbon monoksida. Proses reduksi dibagi menjadi dua yaitu proses reduksi langsung dan proses reduksi tidak langsung.

Proses reduksi langsung yaitu dengan merubah pellet besi menjadi besi spons melalui reaksi berikut:
Fe subscript 2 O subscript 3 open parentheses italic s close parentheses and 3 C O open parentheses italic g close parentheses yields 2 Fe open parentheses italic s close parentheses and 3 C O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses 
Besi spons yang diperoleh diolah lebih lanjut dalam sebuah tungku untuk dicampur dengan besi tua dan paduan fero seperti kromium, vanadium atau mangan untuk diubah menjadi baja.

Proses reduksi tidak langsung yaitu menggunakan tanur tinggi akan diperoleh besi kasar yang akan dilakukan pengolahan lebih lanjut untuk mengurangi kadar karbon yang terkandung dalam besi karena kadar karbon yang terlalu banyak dapat menyebabkan besi menjadi rapuh, proses ini disebut steelmaking process. Tujuan dari proses ini yaitu untuk pemurnian besi kasar dan perpaduan besi dengan berbagai unsur lainnya untuk diperoleh sifat yang diinginkan.

Maka, prinsip pengolahan besi menjadi baja meliputi reduksi bijih besi menggunakan gas reduktor, penurunan kadar karbon melalui proses oksidasi, dan penambahan paduan logam lain.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Abil madda rahmnada

Tidak ada jawabn nya

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Logam mangan diekstraksi dari pirolusit. Tuliskan rumus kimia pirolusit serta reaksi yang terjadi pada reduksi senyawa tersebut menjadi logam mangan.

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia