Iklan

Iklan

Pertanyaan

Besarnya angka pengganda investasi pada sistem perekonomian tertutup lebih kecil dibandingkan dengan sistem perekonomian terbuka atau empat sektor. SEBAB Dalam perekonomian terbuka selalu tersedia catatan transaksi-transaksi pembayaran internasional.

Besarnya angka pengganda investasi pada sistem perekonomian tertutup lebih kecil dibandingkan dengan sistem perekonomian terbuka atau empat sektor.

                             SEBAB

Dalam perekonomian terbuka selalu tersedia catatan transaksi-transaksi pembayaran internasional.

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat

  3. Pernyataan benar dan alasan salah

  4. Pernyataan salah dan alasan benar

  5. Pernyataan dan alasan keduanya salah

Iklan

M. Maulanisuhud

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan salah, angka pengganda pada perekonomian tertutup adalah k = k = 1 MPS di mana MPS merupakan kecenderungan menabung yang dipengaruhi perubahan pendapatan. Sedangkan pada perekonomian terbuka, angka pengganda investasi adalah k = 1 MPS + MPm k = di mana MPm merupakan kecenderungan perubahan impor saat terjadi perubahan pendapatan. Jika dimisalkan MPS adalah 0,2 sementara MPm adalah 0,3 maka hasil angka pengganda pada perekonomian tertutup dan terbuka adalah sebagai berikut. - Perekonomian tertutup k = = 5 - Perekonomian terbuka k = = 2 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa angka pengganda investasi pada perekonomian tertutup lebih besar. Alasan benar, karena dalam perekonomian terbuka terjadi perdagangan internasional dimana terdapat catatan atas perdagangan internasional yang disebut neraca pembayaran.

Pernyataan salah, angka pengganda pada perekonomian tertutup adalah k = begin mathsize 14px style fraction numerator 1 over denominator M P S end fraction end style di mana MPS merupakan kecenderungan menabung yang dipengaruhi perubahan pendapatan. Sedangkan pada perekonomian terbuka, angka pengganda investasi adalah k = begin mathsize 14px style fraction numerator 1 over denominator M P S plus M P m end fraction end style di mana MPm merupakan kecenderungan perubahan impor saat terjadi perubahan pendapatan. Jika dimisalkan MPS adalah 0,2 sementara MPm adalah 0,3 maka hasil angka pengganda pada perekonomian tertutup dan terbuka adalah sebagai berikut.

- Perekonomian tertutup k = begin mathsize 14px style fraction numerator 1 over denominator 0 comma 2 end fraction end style = 5

- Perekonomian terbuka k = begin mathsize 14px style fraction numerator 1 over denominator 0 comma 2 plus 0 comma 3 end fraction end style = 2

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa angka pengganda investasi pada perekonomian tertutup lebih besar.

Alasan benar, karena dalam perekonomian terbuka terjadi perdagangan internasional dimana terdapat catatan atas perdagangan internasional yang disebut neraca pembayaran.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13

ANISAH LAIYINAH

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Manfaat Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) bagi warga negara anggotanya adalah .... (1) menciptakan lebih banyak kesempatan kerja (2) menjadikan barang dan jasa lebih murah (3) meningkatkan...

18

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia