Roboguru

Bermain sepak bola merupakan aktivitas yang menarik untuk kalangan mayoritas laki-laki, sehingga banyak di antara mereka yang bergabung dalam kelompok sosial pecinta para pemain sepakbola terkenal. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa faktor pembentuk kelompok sosial adalah...

Pertanyaan

Bermain sepak bola merupakan aktivitas yang menarik untuk kalangan mayoritas laki-laki, sehingga banyak di antara mereka yang bergabung dalam kelompok sosial pecinta para pemain sepakbola terkenal. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa faktor pembentuk kelompok sosial adalah...space 

  1. tujuanspace 

  2. kebiasaanspace 

  3. kegemaranspace 

  4. profesispace 

  5. kepentinganspace 

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada materi kelompok sosial. 

Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi. Kelompok sosial dasar pembentukannya dapat dilihat sebagai berikut :

  1. Faktor Darah (Common Ancestry). Kelompok sosial dapat dibentuk atas dasar kesamaan darah atau keturunan.
  2. Faktor Geografis. Letak tempat juga menentukan terbentuknya kelompok sosial. Anggota masyarakat yang berkumpul di suatu tempat kemudian terjalin komunikasi yang intens maka secara perlahan akan membangun ikatan. Misal: individu yang tinggal di tepian pantai akan membentuk kelompok nelayan.
  3. Faktor Kepentingan (Common Interest). Terdapatnya kesamaan kepentingan di antara para anggota masyarakat sangat memungkinkan untuk membentuk kelompok sosial. Misal: kelompok intelektual, kelompok seniman, dan lain-lain.
  4. Faktor Daerah Asal. Apabila seorang individu yang tinggal di suatu tempat kemudian bertemu dengan individu lain dalam jumlah cukup banyak sementara diketahui juga berasal dari daerah kelahiran yang sama maka sangat mungkin mendorong terbentuknya kelompok sosial di daerah tersebut.

Berdasarkan ilustrasi soal diatas, terbentuknya kelompok pecinta sepak bola adalah karena kesamaan kepentingan dari mereka untuk tahu info terbaru tentang sepak bola atau bertukar pikir membahas sepak bola. 

Jadi, jawabannya adalah E kepentinganspace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana proses pembentukan kelompok sosial?

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah proses pembentukan kelompok sosial.

Proses pembentukan kelompok sosial dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu:

  1. Faktor kedekatan.
    Kedekatan geografis berpengaruh besar terhadap keterlibatan seseorang dalam sebuah kelompok, semakin dekat jarak geografis antara individu, maka akan semakin besar peluang terjadinya interaksi sosial dan ikatan emosional antar individu, sehingga terjadilah pembentukkan kelompok sosial.
     
  2. Faktor kesamaan.
    Pada umunya kelompok sosial terbentuk karena adanya kesamaan diantara anggota, seperti kesamaan nasib, kepentingan, keturunan, minat, budaya, nilai, agama, karakter, usia, dan lain sebagainya, kesamaan tersebut akan menciptakan rasa nyaman antar anggota untuk saling berinteraksi dan membentuk kelompok sosial.space space 

0

Roboguru

Salah satu faktor pendorong terbentuknya kelompok sosial adalah karena adanya dorongan kepentingan. Bagaimana pemahaman Anda mengenai hal tersebut?

Pembahasan Soal:

Kelompok sosial merupakan kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi. Pada proses pembentukan kelompok sosial, terdapat faktor-faktor tertentu yang mendorong manusia untuk membentuk dan bergabung dalam suatu kelompok sosial tertentu. Adapun dorongan tersebut antara lain :

  1. kedekatan 
  2. kesamaan (kesamaan kepentingan, keturunan, nasib)

Salah satu faktornya adalah dorongan kesamaan kepentingan. Pada dasarnya kita mengenal dua konsep dasar, yaitu manusia sebagai makhluk sosial dan manusia sebagai makhluk individu. Sebagai makhluk individu, setiap manusia pasti memiliki karakteristiknya sendiri. Untuk mencapai tujuan mereka masing masing dan melancarkan usaha mereka, mereka pasti membutuhkan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan mereka. Dengan adanya dasar utama kesamaan kepentingan maka mereka/kelompok sosial ini akan bekerja sama demi mencapai kepentingan yang sama tersebut.

0

Roboguru

Di Jakarta sering terjadi aksi demonstrasi yang dilakukan oleh kelompok buruh yang menuntut kenaikan gaji. Ketika hari buruh tiba pada tanggal 1 Mei, para buruh akan berkerumun membentuk suatu kelompo...

Pembahasan Soal:

Adanya kelompok demonstrasi terjadi karena mereka memiliki kepentingan yang sama, di mana para buruh memiliki keinginan dalam kenaikan gaji. Sehingga dengan adanya kesamaan kepentingan membuat kelompok sosial ini memiliki pehamaman yang sama terhadap tujuan bersama dan mau bekerja sama demi mencapai kepentingan dan tujuan tersebut.space space

Jadi, jawaban yang tepat adalah faktor kesamaan kepentingan.space spacespace space

0

Roboguru

Berikut  ini yang merupakan salah satu aspek politik sebagai aspek kehidupan sosial dalam kelompok sosial adalah  ....

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah tentang bagian yang menunjukkan aspek politik dalam kehidupan kelompok sosial.

Aspek politik ditunjukkan dengan adanya kesadaran politik anggota masyarakat semakin tinggi. Kesadaran politik dapat diamati dari tingkat partisipasi anggota masyarakat dalam pemilihan umum. Tingkat partisipasi ini memberikan gambaran tentang perhatian dan kepedulian anggota masyarakat terhadap kepemimpinan pada suatu kelompok sosial.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Kesadaran akan kondisi yang berbeda Adanya relasi sosial Berorientasi pada tujuan yang telah ditentukan Kumpulan orang atau sekelompok individu dapat d...

Pembahasan Soal:

Soerjono Soekanto dalam bukunya yang berjudul "Sosiologi Suatu Pengantar" menyampaikan bahwa terdapat persyaratan yang harus dipenuhi agar suatu kumpulan masyarakat dapat disebut kelompok sosial, seperti:

  • Terdapat kesadaran antar setiap anggota kelompok bahwa ia merupakan bagian dari kelompok yang bersangkutan
     
  • Memiliki hubungan timbal balik antar satu anggota dan anggota lainnya
     
  • Adanya faktor yang dimiliki bersama yang akan membuat hubungan antar anggota menjadi semakin erat, yang dapat merupakan nasib, kepentingan, tujuan, ideologi politik yang sama. Serta mempunyai musuh bersama. Dalam hal ini, musuh dapat menjadi faktor pengikat serta pemersatu
     
  • Terstruktur, berkaidah serta memiliki pola perilaku
     
  • Tersistem dan berproses

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved