Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berilah tanda silang (X) pada huruf B jika pernyataan benar dan huruf S jika pernyataan salah. (B-S) Pengembangan teks prosedur dapat dilakukan melalui analisis terhadap isi, struktur, dankebahasaan.

Berilah tanda silang (X) pada huruf B jika pernyataan benar dan huruf S jika pernyataan salah. 


(B-S) Pengembangan teks prosedur dapat dilakukan melalui analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan.space 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan tersebut adalah benar.

pernyataan tersebut adalah benar.space 

Iklan

Pembahasan

Teks prosedur adalah langkah-langkah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini dibutuhkan sebagai panduan bagi seseorang dalam membuat atau menyusun sesuatu. Jenis teks prosedur di antaranya: Teks Prosedur Sedehana ,teks prosedur sederhana ini hanya berisi dua atau tiga langkah saja, contohnya prosedur untuk mengoperasikan setrika. Teks Prosedur Kompleks , teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Contohnya prosedur pembayaran tilang oleh polisi. Teks Prosedur Protokol , teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Contohnya dalam membaut sup, kamu bebas memilih untuk memotong wortel atau kentang terlebih dahulu, karena bahan-bahan tersebut nantinya akan dimasukkan secara bersamaan. Jenis teks prosedur ini bersifat lebih fleksibel. Hal tersebut dikarenakan urutan langkahnya dapat diubah atau di bolak-balikkan. struktur teks prosedur ialah memuat judul, tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah serta penutup. Unsur kebahasaan teks prosedur terdiri dari partisipan manusia, verba material, verba tingkah laku dan konjungsi temporal. Berdasarkan kutipan: (B-S) Pengembangan teks prosedur dapat dilakukan melalui analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan. Teks tersebut memberikan informasi bahwa pengembangan teks prosedur dapat dilakukan melalui analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan. Teks prosedur dibentuk adri berbagai hal, seperti isi, struktur, dan kebahasaan. Sehingga pengembangan terhadap teks prosedur juga dapat dilakuakn dari berbagai hal tersebut. Berdasarkan penjelasan di atas, kesimpulan yang diambil adalah: engembangan teks prosedur dapat dilakukan melalui analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan. Dengan demikian pernyataan tersebut adalah benar.

Teks prosedur adalah langkah-langkah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini dibutuhkan sebagai panduan bagi seseorang dalam membuat atau menyusun sesuatu.

Jenis teks prosedur di antaranya:

  1. Teks Prosedur Sedehana, teks prosedur sederhana ini hanya berisi dua atau tiga langkah saja, contohnya prosedur untuk mengoperasikan setrika.
  2. Teks Prosedur Kompleks, teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Contohnya prosedur pembayaran tilang oleh polisi.
  3. Teks Prosedur Protokol, teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Contohnya dalam membaut sup, kamu bebas memilih untuk memotong wortel atau kentang terlebih dahulu, karena bahan-bahan tersebut nantinya akan dimasukkan secara bersamaan. Jenis teks prosedur ini bersifat lebih fleksibel. Hal tersebut dikarenakan urutan langkahnya dapat diubah atau di bolak-balikkan.

struktur teks prosedur ialah memuat judul, tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah serta penutup.

Unsur kebahasaan teks prosedur terdiri dari partisipan manusia, verba material, verba tingkah laku dan konjungsi temporal.

Berdasarkan kutipan:
(B-S) Pengembangan teks prosedur dapat dilakukan melalui analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan.

Teks tersebut memberikan informasi bahwa pengembangan teks prosedur dapat dilakukan melalui analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan. Teks prosedur dibentuk adri berbagai hal, seperti isi, struktur, dan kebahasaan. Sehingga pengembangan terhadap teks prosedur juga dapat dilakuakn dari berbagai hal tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, kesimpulan yang diambil adalah:
engembangan teks prosedur dapat dilakukan melalui analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan.

Dengan demikian pernyataan tersebut adalah benar.space 

356

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan ciri-ciri berikut! Terdapat kalimat deskripsi Menggunakan syarat atau pilihan Informatif Bersifat opini dan pendapat Menggunakan kalimat yang jelas, singkat, dan logis ...

448

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia