Roboguru

Berikut yang termasuk komponen abiotik adalah...

Pertanyaan

Berikut yang termasuk komponen abiotik adalah...undefined 

  1. Batu, tanah, air, dan tanahundefined 

  2. Air, ulat, udara, dan tanahundefined 

  3. Batu, air, semut, dan udaraundefined 

  4. Semut, ulat, kecoa, dan ularundefined 

Pembahasan Soal:

Komponen abiotik di ekosistem meliputi seluruh benda-benda tidak hidup yang mendukung benda-benda hidup. Benda-benda tidak hidup itu meliputi faktor-faktor fisik dan kimia seperti air, tanah, kandungan mineral, cahaya, suhu, udara, derajat keasaman, kelembaban, dan lain-lain. Dalam kasus ini, lingkungan atau habitat tempat tinggal dan segala turunannya dapat pula disebut komponen abiotik dalam ekosistem. Benda hidup atau organisme disebut komponen biotik dan bukan abiotik.

Dengan demikian, jawaban benar adalah A.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan komponen-komponen abiotik yang umumnya terdapat dalam ekosistem.

Pembahasan Soal:

Ekosistem merupakan interaksi biotik-abiotik yang membentuk sistem lingkungan. Faktor abiotik terdiri atas lingkungan kimiawi dan fisik. Contoh komponen abiotik yang biasa ada di suatu ekosistem yaitu suhu, cahaya, air, mineral, dan derajat keasaman.space 

0

Roboguru

Bedakan antara komponen abiotik dan biotik penyusun dari ekosistem kolam!

Pembahasan Soal:

Suatu ekosistem tersusun atas komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik meliputi segala jenis makhluk hidup sedangkan komponen abiotik merupakan komponen yang tidak hidup dan tidak menunjukkan ciri-ciri kehidupan. Sama halnya dengan ekosistem kolam tersusun atas komponen biotik dan abiotik. Beberapa komponen biotik yang dapat dijumpai pada ekosistem kolam, diantaranya ikan mas, ikan lele, ikan nila, plankton, lumut, kodok, paramecium, tumbuhan air. Sementara komponen abiotik penyusun ekosistem kolam, diantaranya air, cahaya matahari, udara, suhu, kelembaban, bebatuan.

0

Roboguru

Di suatu ekosistem sawah dekat pemukiman terdapat komponen-komponen ekosistem dan aliran energi antar komponen yang digambarkan sebagai berikut. Setiap komponen biotik memiliki peranan masing-masin...

Pembahasan Soal:

Produsen merupakan makhluk hidup yang bisa membuat makanan sendiri melalui fotosintesis. Yang termasuk sebagai produsen yaitu rumput dan pohon.

Konsumen merupakan makhluk hidup yang tidak mampu membuat makanan sendiri (heterotrof). Konsumen terbagi menjadi konsumen I (herbivora), konsumen II (karnivora), Konsumen III (Karnivora) hingga konsumen puncak (predator). Berdasarkan gambar diatas yang termasuk konsumen yaitu ulat, tikus, belalang, ayam, ular, katak, elang.

Dekomposer atau pengurai merupakan organisme yang berperan menguraikan sisa bangkai makhluk hidup menjadi senyawa organik. Yang termasuk pengurai berdasarkan gambar diatas adalah jamur dan bakteri.

0

Roboguru

Daerah perairan dalam, tidak tembus cahaya matahari, dan banyak dekomposer disebut ....

Pembahasan Soal:

Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya

  1. Zona Litoral adalah daerah di antara garis pasang dan garis surut air laut. Zona litoral terdapat di daerah yang pantainya landai.
  2. Zona Neritik (laut dangkal) adalah zona laut dengan tingkat kedalaman sampai 200 m. Ciri zona neritik yaitu sinar matahari masih menembus sampai dasar laut dan terdapat banyak organisme laut seperti ikan, tumbuhan laut, plankton, dan lainnya.
  3. Zona Bathial adalah zona laut dengan kedalaman 200 – 1.500 m. Ciri zona bathyal yaitu sinar matahari tidak ada lagi dan tumbuhan laut jumlahnya terbatas.
  4. Zona Abisal adalah zona laut dengan kedalaman lebih dari 1.500 m. Biasanya dijumpai dalam bentuk palung laut. Ciri zona abisal yaitu sinar matahari tidak ada lagi, suhu sangat rendah, dan tidak ditemukan tumbuhan laut serta jumlah binatang sangat terbatas. Contoh : Palung Laut Banda (7.440 meter) dan Palung Mariana (10.984 meter).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined 

1

Roboguru

Jelaskan bagaimana pengaruh faktor abiotik terhadap biotik.

Pembahasan Soal:

Faktor biotik adalah faktor yang meliputi semua makhluk hidup di bumi, seperti tumbuhan, hewan, mikroorganisme, dan manusia. Adapun faktor abiotik merupakan faktor yang meliputi faktor fisik dan kimia. Faktor-faktor abiotik yang memengaruhi faktor biotik dalam ekosistem antara lain cahaya, suhu, air, udara, topografi, dan tanah. Sinar matahari berpengaruh terhadap proses fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan dan adaptasi hewan dalam beraktivitas. Suhu lingkungan memengaruhi adaptasi beberapa makhluk hidup, misalnya pohon jati akan menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan saat suhu lingkungannya tinggi. Air dibutuhkan oleh organisme untuk kelangsungan hidupnya, misalnya dalam proses pertumbuhan dan sebagai habitat. Udara dapat berperan dalam penyebaran biji tumbuhan tertentu. Topografi atau ketinggian tempat menentukan jenis organisme yang hidup di suatu tempat karena ketinggian yang berbeda akan menghasilkan kondisi fisik dan kimia yang berbeda. Tanah merupakan tempat hidup bagi makhluk hidup dan menyediakan unsur-unsur penting bagi pertumbuhan organisme, terutama tumbuhan.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved