Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut yang termasuk akun aset tidak berwujud ( intangible asset) adalah. . .

Berikut yang termasuk akun aset tidak berwujud (intangible asset) adalah. . .

  1. peralatan

  2. rekening giro

  3. perlengkapan

  4. goodwill

  5. kendaraan

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban: E Aset tetap tidak berwujud adalah kekayaan perusahaan yang secara fisik tidak tampak, tetapi merupakan suatu hak yang memiliki nilai dan dimiliki oleh perusahaan untuk digunakan dalam kegiatan perusahaan. Jenis aset yang digolongkan sebagai aset tetap tidak berwujud, yaitu sebagai berikut. Goodwill, yaitu nama baik perusahaan yang timbul karena keunggulan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis. Nama baik perusahaan timbul, antara lain karena keunggulan profesional pimpinannya, tempat perusahaan yang strategis, promosi yang tepat, dan moto produksi yang baik. Paten (patent) merupakan suatu hak khusus untuk menggunakan, memproduksi, menjual, dan mengendalikan suatu produk atau barang tertentu. Hak cipta (copyright) merupakan hak khusus untuk pencipta suatu karya. Misalnya, hak cipta bagi penulis buku. Biaya pendirian (organization cost) merupakan semua biaya yang telah dikeluarkan untuk mendirikan perusahaan. Misalnya, biaya pendirian, biaya perizinan, biaya pengeluaran saham dan obligasi, biaya riset, biaya survei, serta kerugian yang mungkin diderita perusahaan untuk tahun pertama pendirian. Hak pemegang sewa jangka panjang (lease hold) adalah biaya sewa untuk pemakaian aset yang memiliki manfaat ekonomis lebih dari satu tahun. Hak monopoli suatu usaha (franchises) adalah hak untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tertentu milik pemerintah yang digunakan untuk kepentingan umum (public utility). Royalti (royalty) adalah suatu hak atas pemberian jasa kepada badan lain (claim). Merek dagang ( trade mark) adalah hak untuk menggunakan simbol tanda, atau nama suatu produk atau perusahaan yang dilindungi dari peniruan pihak lain.

Jawaban: E

Aset tetap tidak berwujud adalah kekayaan perusahaan yang secara fisik tidak tampak, tetapi merupakan suatu hak yang memiliki nilai dan dimiliki oleh perusahaan untuk digunakan dalam kegiatan perusahaan. Jenis aset yang digolongkan sebagai aset tetap tidak berwujud, yaitu sebagai berikut.

  1. Goodwill, yaitu nama baik perusahaan yang timbul karena keunggulan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis. Nama baik perusahaan timbul, antara lain karena keunggulan profesional pimpinannya, tempat perusahaan yang strategis, promosi yang tepat, dan moto produksi yang baik.
  2. Paten (patent) merupakan suatu hak khusus untuk menggunakan, memproduksi, menjual, dan mengendalikan suatu produk atau barang tertentu.
  3. Hak cipta (copyright) merupakan hak khusus untuk pencipta suatu karya. Misalnya, hak cipta bagi penulis buku.
  4. Biaya pendirian (organization cost) merupakan semua biaya yang telah dikeluarkan untuk mendirikan perusahaan. Misalnya, biaya pendirian, biaya perizinan, biaya pengeluaran saham dan obligasi, biaya riset, biaya survei, serta kerugian yang mungkin diderita perusahaan untuk tahun pertama pendirian.
  5. Hak pemegang sewa jangka panjang (lease hold) adalah biaya sewa untuk pemakaian aset yang memiliki manfaat ekonomis lebih dari satu tahun.
  6. Hak monopoli suatu usaha (franchises) adalah hak untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tertentu milik pemerintah yang digunakan untuk kepentingan umum (public utility).
  7. Royalti (royalty) adalah suatu hak atas pemberian jasa kepada badan lain (claim).
  8. Merek dagang ( trade mark) adalah hak untuk menggunakan simbol tanda, atau nama suatu produk atau perusahaan yang dilindungi dari peniruan pihak lain.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

48

Nasya S

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Hak dari pihak-pihak eksternal yang mempunyai tagigan kepada perusahaan disebut ...

18

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia