Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut yang merupakan aktivitas-aktivitas masyarakat di desa agraris adalah ….

Berikut yang merupakan aktivitas-aktivitas masyarakat di desa agraris adalah ….

  1. bertani padi dan sayuran

  2. melaut untuk memancing dan menjala ikan

  3. bekerja di pabrik-pabrik perakitan mobil

  4. berdagang produk-produk impor 

  5. menyediakan jasa konveksi pakaian

Iklan

E. Anggraeni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Iklan

Pembahasan

Klasifikasi desa berdasarkan mata pencaharian penduduknya biasa disebut dengan klasifikasi berdasarkan aktivitas. Desadapat dikategorikan sebagai desa nelayan, desa agraris, dan desa industri. Di desa nelayan corak kehidupan masyarakatnya tidak terlepas dari kegiatan melaut seperti berlayar untuk memancing dan menjala ikan, melakukan aktivitas pelelangan ikan, hingga mengolah ikan menjadi bahan setengah jadi. Lalu, desa yang mayoritas penduduknya memiliki kegiatan bertani sebagai sektor utama seperti bercocok tanam padi, sayur-sayuran hortikultura, maupun jenis pertanian lainnya dapat dikategorikan sebagai desa agraris. Selain itu, ada pula desa yang mengacu pada kegiatan-kegiatan sektor industri, biasanya model desa seperti ini adalah desa-desa yang berada di kawasan industri yang telah ditetapkan oleh pemerintah, seperti desa-desa yang mayoritas penduduknya bekerja di pabrik sepatu, rokok, pakaian, hingga otomotif. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Klasifikasi desa berdasarkan mata pencaharian penduduknya biasa disebut dengan klasifikasi berdasarkan aktivitas. Desa dapat dikategorikan sebagai desa nelayan, desa agraris, dan desa industri. Di desa nelayan corak kehidupan masyarakatnya tidak terlepas dari kegiatan melaut seperti berlayar untuk memancing dan menjala ikan, melakukan aktivitas pelelangan ikan, hingga mengolah ikan menjadi bahan setengah jadi. Lalu, desa yang mayoritas penduduknya memiliki kegiatan bertani sebagai sektor utama seperti bercocok tanam padi, sayur-sayuran hortikultura, maupun jenis pertanian lainnya dapat dikategorikan sebagai desa agraris. Selain itu, ada pula desa yang mengacu pada kegiatan-kegiatan sektor industri, biasanya model desa seperti ini adalah desa-desa yang berada di kawasan industri yang telah ditetapkan oleh pemerintah, seperti desa-desa yang mayoritas penduduknya bekerja di pabrik sepatu, rokok, pakaian, hingga otomotif.  Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Desa Sumber Makmur adalah suatu desa yang cukup maju dan memiliki tingkat ekonomi yang baik dengan mengandalkan potensi kegiatan pariwisata di wilayahnya. Akan tetapi, meskipun penduduknya selalu giat...

2

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia