Roboguru

Berikut terdapat contoh-contoh dari beberapa perilaku sosial. 1) Saling berbagi makanan 2) Jantannya bersikap dominan 3) Ikatan emosional yang kuat antara anak dan induknya. 4) Saling memberikan perawatan. 5) Memiliki agresivitas tinggi. Perilaku menunjukkan adanya kesamaan antara perilaku Primata dan manusia ditunjukkan nomor . . . . .

Pertanyaan

Berikut terdapat contoh-contoh dari beberapa perilaku sosial.

1) Saling berbagi makanan

2) Jantannya bersikap dominan

3) Ikatan emosional yang kuat antara anak dan induknya.

4) Saling memberikan perawatan.

5) Memiliki agresivitas tinggi.

Perilaku menunjukkan adanya kesamaan antara perilaku Primata dan manusia ditunjukkan nomor . . . . .

  1. 1), 2), dan 3)

  2. 1), 2), dan 4)

  3. 2), 3) dan 4)

  4. 2), 3), dan 5)

  5. 3), 4), dan 5)

Pembahasan Soal:

Ordo Primata terbagi menjadi dua subsuku bangsa yaitu Prosimia dan Anthropoidea. Anthropoidea memiliki tubuh besar mirip dengan manusia. Banyak terdapat kesamaan antara Anthripoidea dan manusia khususnya dalam bidang sosial. Contohnya saling merawat tubuh, primata jantan sering bersikap dominan sehingga mereka dipilih menjadi pemimpin, dan memiliki ikatan emosional yang kuat antara anak dan induknya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan apa itu manusia purba?

Pembahasan Soal:

Manusia purba disebut juga dengan Manusia Prasejarah adalah jenis manusia yang hidup pada zaman yang belum mengenal tulisan. Manusia purba tertua di dunia muncul pertama kali di Afrika dari jenis Australopithecus afarensis yang hidup sekitar 4 juta tahun lalu. Di Indonesia, terdapat tiga jenis manusia purba. Yaitu, Meganthropus (Manusia besar), Pithecanthropus (Manusia kera yang berjalan tegak), dan Homo (Manusia yang berpikir).

Dengan demikian yang dimaksud manusia purba adalah jenis manusia yang hidup pada zaman sebelum dikenalnya tulisan

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Berdasarkan ciri bentuk tubuh dan perilaku sosial hewan di atas termasuk ke dalam sub-suku bangsa ….

Pembahasan Soal:

Para ahli biologi menetapkan bahwa manusia diklasifikasikan ke dalam ordo Primata. Pengklasifikasian ini didasarkan pada sejumlah penelitian dan alasan, seperti terdapat kesamaan ciri-ciri bentuk tubuh, serta perilaku sosial di dalam kelompok. Contohnya, mereka cenderung hidup berkelompok untuk saling membantu satu sama lain. Ordo Primata terbagi lagi dalam dua sub-suku bangsa, yang disebut dengan Prosimia dan Anthropoidea. Prosimia merupakan Primata yang paling primitif, banyak didapati di wilayah Afrika, Madagaskar, serta menyebar sampai ke Asia Timur dan Asia Selatan. Bentuk tubuhnya kecil, memiliki ekor, serta berjalan dengan keempat kakinya. Contoh hewan yang termasuk dalam keluarga ini adalah lemur, loris, dan tarsier. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Selain memiliki perbedaan dalam struktur tubuh, Meganthropus paleojavanicus dengan Pithecanthropus erectus memiliki perbedaan dalam pola kehidupan. Adapun perbedaan tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Meski Meganthropus paleojavanicus dan Pithecanthropus hidup dalam satu masa yang sama keduanya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan antara jenis manusia purba Meganthropus paleojavanicus dan Pithecanthropus erectus salah satunya dalam pola kehidupan. Karena memiliki volume otak yang lebih kecil dibandingkan Pithecanthropus erectus, jenis manusia Meganthropus paleojavanicus diperkirakan hanya memakan tumbuhan sedangkan jenis manusia Pithecanthropus erectus sudah melakukan perburuan dan memakan daging. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Bacalah soal dengan teliti, kemudian jawablah soal-soal tersebut dengan mengikuti petunjuk berikut. A. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat. B. Jika kedua pernyat...

Pembahasan Soal:

(Pernyataan) Hominidae atau manusia muncul pertama kali sekitar empat juta tahun yang lalu. Hominidae ini dikenal dengan nama Australopithecus.

(Alasan) Jenis Hominidae ini memiliki ciri-ciri yang mirip dengan manusia modern. Meskipun ciri fisik dari pinggang ke atas, masih sangat menyerupai kera. Hal ini terjadi karena manusia ini masih akan terus mengalami evolusi.

Kedua pernyataan benar namun tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.

 

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini ! Berjalan dengan empat kaki Mampu berdiri tegak jika ingin meraih sesuatu dari pohon Termasuk dalam keluarga Ceboidea, Cercopithecoidea dan Hominoidea subsuku ...

Pembahasan Soal:

Ciri dari Anthropoidea adalah lebih besar dan mirip sekali dengan manusia. Kebanyakan Anthropoidea berjalan dengan empat kaki, tetapi dapat berdiri tegak jika ingin meraih sesuatu dari pohon. Keluarga Anthropoidea di antaranya Ceboidea (monyet benua baru), Cercopithecoidea (monyet benua lama), dan Hominoidea. Sementara itu, Hominoidea terbagi dalam dua subfamili atau famili yang disebut dengan Hylobatidae (kera kecil seperti gibbon), Pongidae (kera besar seperti simpanse, gorilla, dan orang utan, serta Hominidae seperti manusia. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved