Roboguru

Berikut tabel yang menyajikan data perbandingan nilai Q1​, D6​, dan P37​ yang dihitung dari data tunggal (data mentah) dan data tunggal yang sudah diubah ke dalam data kelompok. Pernyataan yang tepat berdasarkan data pada tabel di atas adalah ....

Pertanyaan

Berikut tabel yang menyajikan data perbandingan nilai begin mathsize 14px style straight Q subscript 1 end style, begin mathsize 14px style straight D subscript 6 end style, dan begin mathsize 14px style straight P subscript 37 end style yang dihitung dari data tunggal (data mentah) dan data tunggal yang sudah diubah ke dalam data kelompok.

Pernyataan yang tepat berdasarkan data pada tabel di atas adalah ....

  1. data tunggal dapat digunakan untuk mengestimasi nilai ukuran letak data pada data kelompok

  2. data kelompok dapat digunakan untuk menghampiri nilai ukuran letak data pada data tunggal dengan sangat tepat tanpa ada kesalahan

  3. nilai ukuran letak data yang diperoleh sama persis jika dihitung menggunakan informasi data tunggal (data mentah) maupun data kelompok

  4. nilai ukuran letak data yang dihitung dari data tunggal (mentah) lebih valid dibandingkan jika dihitung dari data kelompoknya

  5. nilai ukuran letak data yang dihitung dari data kelompok lebih valid dibandingkan jika dihitung dari data mentahnya

Pembahasan Soal:

Oke, kita cek pernyataan di masing-masing pilihan jawabannya ya.

Pilihan A. "data tunggal dapat digunakan untuk mengestimasi nilai ukuran letak data pada data kelompok."
Pernyataan ini bernilai salah ya, karena yang benar adalah data kelompok dapat digunakan untuk mengestimasi ukuran letak data pada data tunggal.

Pilihan B. "data kelompok dapat digunakan untuk menghampiri nilai ukuran letak data pada data tunggal dengan sangat tepat tanpa ada kesalahan."
Kita perhatikan pada tabel bahwa nilai begin mathsize 14px style straight Q subscript 1 end style, begin mathsize 14px style straight D subscript 6 end style, dan begin mathsize 14px style straight P subscript 37 end style yang ditunjukkan pada data tunggal dan data kelompok memiliki selisih. Artinya, data kelompok dapat digunakan untuk menghampiri nilai ukuran letak data pada data tunggal, namun masih memiliki kesalahan. Oleh karena itu, pernyataan pada pilihan B bernilai salah.

Pilihan C. "nilai ukuran letak data yang diperoleh sama persis jika dihitung menggunakan informasi data tunggal (data mentah) maupun data kelompok."
Kita perhatikan pada tabel bahwa nilai begin mathsize 14px style straight Q subscript 1 end style, begin mathsize 14px style straight D subscript 6 end style, dan begin mathsize 14px style straight P subscript 37 end style yang ditunjukkan pada data tunggal dan data kelompok memiliki selisih. Artinya, terdapat perbedaan hasil untuk nilai ukuran letak data yang diperoleh dari data tunggal dan data kelompok. Oleh karena itu, pilihan C bernilai salah.

Pilihan D. "nilai ukuran letak data yang dihitung dari data tunggal (mentah) lebih valid dibandingkan jika dihitung dari data kelompoknya."
Data tunggal (mentah) adalah data sebenarnya yang diperoleh di lapangan, sehingga nilai ukuran letak data yang diperoleh dari data ini lebih valid jika dibandingkan dengan data kelompoknya. Oleh karena itu, pilihan D bernilai benar.

Pilihan E. "nilai ukuran letak data yang dihitung dari data kelompok lebih valid dibandingkan jika dihitung dari data mentahnya."
Pada penjelasaan pernyataan di pilihan D, sudah dijelaskan bahwa perhitungan menggunakan data tunggal (mentah) lebih valid dibandingkan dengan menggunakan data kelompoknya. Oleh karena itu, pilihan E bernilai salah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Azizatul

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 04 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nilai kuartil atas, desil ke-5, dan persentil ke-30 dari data 8, 10, 13, 15, 17, 18, dan 20 berturut-turut adalah ....

0

Roboguru

Nilai kuartil atas, desil ke-5, dan persentil ke-30 dari data 8, 10, 13, 15, 17, 18, dan 20 berturut-turut adalah ....

0

Roboguru

Dari histogram di atas, tentukan: a. Kuartil bawah b. D9 c. P25

0

Roboguru

Diketahui Data Sebagai Berikut: 546145897112356144341161036615473581472656121594214365412  Tentukan  kuartil pertama, desil ke-dua dan persentil ke-sepuluh!

0

Roboguru

Perhatikan data berikut. Tentukan nilai Q2​,D5​,danP80​.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved