Roboguru

Berikut pernyataan yang TIDAK termasuk dari pengaruh pusat keunggulan ekonomi . . . .

Pertanyaan

Berikut pernyataan yang TIDAK termasuk dari pengaruh pusat keunggulan ekonomi . . . . space space 

  1. Meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat space space 

  2. Meningkatnya pembangunan sarana Transportasi space space 

  3. Memacu sumber daya manusia untuk lebih berkreatif space space 

  4. Menguras sumber daya alam sebesar besarnya space space 

Pembahasan Soal:

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi di Indonesia dalam berbagai bidang antara lain :

  1. Migrasi penduduk. Perbedaan karakteristik ruang dan sumber daya yang dimiliki pada berbagai Negara sehingga setiap negara memiliki keunggulan ekonomi mendorong untuk melakukan mobilitas penduduk. Pergerakan tersebut mencakup mengakibatkan pergerakan sumber daya berupa barang antar negara atau anatar daerah. Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka melakukan mobilitas untuk memperoleh sesuatu yang tidak tersedia di daerah asalnya. Alasan tersebut sangat beragam tetapi umumnya karena alasan ekonomi.
  2. Transportasi. Dalam kegiatan transportasi keberadaan pusat keunggulan ekonomi juga membawa pengaruh besar. Pada Kegiatan transportasi interaksi antar negara semakin sering dilakukan mengakibatkan kegiatan ekonomi semakin berkembang di berbagai negara dan interaksi sosial antar negara menjadi semakin sering dilakukan. 
  3. Lembaga sosial ekonomi. Dalam masyarakat Indonesia yang heterogen terdapat berbagai jenis lembaga sosial di mana satu sama lain saling berhubungan dan saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Masyarakat Indonesia merupakan satu kesatuan dari struktur yang terdapat dalam masyarakat, yang terdiri dari berbagai macam lembaga sosial, stratifikasi sosial, nilai dan norma sosial, dan kelompok - kelompok sosial.  
  4. Pendidikan. Pendidikan bagian terpenting dari pembangunan nasional. Sumber daya manusia yang berpendidikan akan menjadi modal utama pembangunan nasional terutama untuk perkembangan ekonomi. 
  5. Pekerjaan. Dengan tumbuhnya pusat-pusat keunggulan ekonomi maka berdampak bertambahnya produksi barang dalam negeri meningkat apabila pusat keunggulan tersebut mampu menarik minat pasar luar negeri. Kenaikan jumlah produksi tersebut berakibat pada bertambahnya kebutuhan tenaga kerja, sehingga akan memperluas lapangan kerja.


Jadi, jawaban yang tepat adalah D. space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved