Roboguru

Pertanyaan

Berikut merupakan jaringan yang sel-sel penyusunnya tidak lagi aktif mengalami pembelahan dan sudah memiliki fungsi-fungsi spesifik yaitu….

  1. Jaringan meristem lateral, epidermis, dan parenkim

  2. Jaringan epidermis, kolenkim, dan meristem

  3. Jaringan epidermis, kolenkim, dan floem

  4. Jaringan xilem, floem, dan meristem interkalar

M. Marwnto

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Berdasarkan aktivitas pembelahan selnya, jaringan pada tumbuhan terbagi menjadi 2 jenis yaitu jaringan meristem dan jaringan permanen. Jaringan meristem merupakan jaringan yang sel-sel penyusunnya aktif mengalami pembelahan dan belum memiliki fungsi spesifik. Berdasarkan letak atau posisinya, jaringan meristem dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu meristem apikal, interkalar, dan lateral. Sementara, jaringan permanen merupakan jaringan pada tumbuhan yang sel-sel penyusunnya tidak lagi aktif mengalami pembelahan dan sudah memiliki fungsi-fungsi spesifik atau khusus untuk menunjang kehidupan tubuh tumbuhan. Jaringan permanen dibagi menjadi 4 berdasarkan fungsinya, yaitu jaringan epidermis, jaringan dasar atau parenkim, jaringan penyokong (kolenkim dan sklerenkim), dan jaringan pengangkut (xilem dan floem). Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

62

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan berbagai jaringan berikut! Jaringan epidermis Jaringan epitel Jaringan meristem Jaringan otot Jaringan saraf Jaringan parenkim Jaringan sklerenkim Jaringan ikat Jaringan yang ha...

61

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia