Roboguru

Berikut merupakan alasan peristiwa kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905, memperkuat semangat kebangkitan nasional bangsa-bangsa Asia-Afrika yaitu ...

Pertanyaan

Berikut merupakan alasan peristiwa kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905, memperkuat semangat kebangkitan nasional bangsa-bangsa Asia-Afrika yaitu ...undefined 

  1. Jepang merupakan negara imperialis terkuat di Asia Pasifik

  2. Jepang memiliki pasukan Jibakutai

  3. Jepang bangsa Asia yang mampu mengalahkan bangsa kulit putih

  4. Jepang kuat dalam struktur ekonominya

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Lahirnya pergerakan nasional di Asia Afrika tidak terlepas dari faktor-faktor yang melatarbelakanginya dimana terdapat faktor internal yang berasal dari negeri masing-masing dan faktor eksternal dimana terjadinya kesadaran yang membuat negara Asia-Afrika perlu untuk bangkit. Salah satu faktor eksternal tersebut ialah peristiwa internasional dimana negara Jepang dapat mengalahkan Rusia pada tahun 1905. Hal itu berawal dari pihak Rusia yang tidak menyukai penguasaan Jepang atas Port Arthur yang sebelumnya masih dikuasai China. Kala itu Port Arthur masih disewa Rusia dari China untuk pangkalan militer. Hal itu membuat Rusia enggan pergi dari Port Arthur. Peperangan tidak dapat dihindarkan antara Jepang dan Rusia, akhirnya untuk pertama kali dalam sejarah bangsa Eropa mengalami kekalahan oleh bangsa Asia. Rusia kalah ditandai dengan ditandatanganinya Perjanjian Portsmouth yang diadakan di Amerika Serikat (AS) dan difasilitasi oleh Presiden Theodore Roosevelt. Dengan kekalahan Rusia atas Jepang menunjukan bahwa bangsa Asia bisa mengalahkan bangsa Eropa (kulit putih) yang menjadi superior dikala itu. Kemenangan ini pun berdampak kepada negara-negara Asia Afrika lainnya yakni membangkitkan semangat, harga diri dan percaya diri sebagai bangsa yang berhak merdeka termasuk Indonesia. Terdapat anggapan bahwa bangsa Asia-Afrika dapat menandingi kekuatan barat.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut merupakan alasan peristiwa kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905, memperkuat semangat kebangkitan nasional bangsa-bangsa Asia-Afrika yaitu...

Pembahasan Soal:

Perang Rusia-Jepang (10 Februari 1904 – 5 September 1905) adalah konflik yang sangat berdarah yang tumbuh dari persaingan antara ambisi imperialis Rusia dan Jepang di Manchuria dan Korea. Perang Rusia-Jepang merupakan konflik militer antara Jepang dan Rusia di wilayah Timur Jauh. Peperangan ini utamanya terjadi karena perebutan kota Port Arthur dan Jazirah Liaodong, ditambah dengan jalur rel dari pelabuhan tersebut ke Harbin. Pada awalnya Jepang ingin mencari kesepakatan dengan menawarkan kendali atas Manchuria, Cina. Sebagai gantinya Jepang akan tetap mempertahankan pengaruhnya atas Korea. Akan tetapi, Rusia menolak tawaran Jepang dan menuntut Korea utara dari paralel ke-39 difungsikan sebagai zona netral. Setelah negosiasi gagal, Jepang memilih jalan perang dengan melakukan serangan mendadak terhadap angkatan laut Rusia di Port Arthur pada 8 Februari 1904. Konflik ini menyebabkan Rusia meninggalkan kebijakan ekspansinya di wilayah tersebut dan Jepang menjadi kekuatan Asia pertama di zaman modern yang mampu mengalahkan kekuatan Eropa. Kekalahan Rusia dalam Perang Rusia-Jepang membuat Kekaisaran Rusia kehilangan harga diri serta menambah kebencian rakyat Rusia terhadap pemerintaha pada masa itu. Meskipun ketegangan di kawasan itu masih jauh dari selesai, Perang Rusia-Jepang telah menggeser keseimbangan kekuatan global, menandai pertama kalinya dalam sejarah modern bahwa bangsa Asia telah mengalahkan bangsa Eropa dalam pertempuran militer. Perang ini juga akan menandai dimulainya peperangan yang melibatkan kekuatan dunia di kawasan Pasifik. Kemenangan ini membuat kekuatan Barat harus memperhitungkan Jepang dalam urusan politik di Asia. Selain itu, kemenangan ini menjadikan Jepang Negara imperialis terkuat di Asia pasifik dan memicu kebangkitan nasional di negara-negara Asia lainnya yang sedang terjajah oleh negara Eropa. Ini membuat negara-negara Asia berpikir bahwa negara-negara di Asia dapat sejajar dengan negara-negara Barat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Sebutkan faktor pendorong lahirnya kebangkitan nasional.

Pembahasan Soal:

Kebangkitan nasional adalah sebuah masa dimana bangkitnya semangat persatuan, kesatuan, nasionalisme, serta kesadaran untuk mencapai kemerdekaan bagi Indonesia. Masa ini ditandai dengan lahirnya organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908. Ada beberapa faktor yang mendorong lahirnya kebangkitan nasional. Faktor tersebut dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal dari lahirnya kebangkitan nasional adalah sebagai berikut.

  • Penderitaan yang diakibatkan penjajahan memicu keinginan untuk melawan penjajah.
  • Munculnya kaum terpelajar yang mendapatkan pendidikan Barat.
  • Adanya sebuah kenangan akan kejayaan bangsa di masa yang lampau, yaitu masa Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit. Masa-masa tersebut membangkitkan perasaan bahwa kita dapat membangun bangsa yang besar dengan kekuatan sendiri.

Sedangkan faktor eksternal lahirnya kebangkitan nasional adalah sebagai berikut.

  • Nasionalisme negara-negara Asia-Afrika seperti Cina, India, dan Filipina.
  • Kemenangan Jepang atas Rusia pada perang tahun 1905 yang menyadarkan bangsa Indonesia bahwa bangsa Barat dapat dikalahkan oleh bangsa Asia.
  • Masuk dan berkembangnya berbagai paham baru yang berasal dari Eropa dan Amerika seperti demokrasi, liberalisme, dan nasionalisme.

Jadi, faktor pendorong lahirnya kebangkitan nasional dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya adalah kesamaan penderitaan yang diakibatkan oleh penjajahan membangkitkan semangat untuk melawan penjajah, munculnya kaum terpelajar, dan kenangan akan kejayaan bangsa di masa lalu. Sementara faktor eksternal diantaranya nasionalisme negara-negara Asia-Afrika, kemenangan Jepang atas Rusia dalam perang tahun 1905, dan masuk serta berkembangnya berbagai paham baru.space  

0

Roboguru

Kemenangan Jepang atas Rusia pada 1905 telah memberikan keyakinan bagi tokoh nasionalis Indonesia bahwa …

Pembahasan Soal:

Jepang dan Rusia pernah mengalami perang besar pada tahun 1905. Perang tersebut terjadi karena kedua negara tersebut memperebutkan pengaruh di Manchuria dan Korea. Perang ini dimulai dengan Jepang yang menyerang pangkalan Port Arthur pada awal 1904. Hasil dari Perang Rusia-Jepang ini adalah kemenangan di pihak Jepang.

Kemenangan Jepang sebagai negara Asia yang berhasil mengalahkan Rusia sebagai negara Eropa membangkitkan semangat para pemuda nasionalis di Indonesia. Hal ini membangkitkan rasa percaya diri bagi bangsa Indonesia yang sedang dijajah dan termasuk negara Asia bahwa mereka juga dapat mengalahkan Belanda yang merupakan negara Eropa. Dampak dari kemenangan Jepang pada perang Rusia-Jepang ini adalah tumbuhnya berbagai organisasi pergerakan nasional, salah satunya adalah Budi Utomo.

Jadi, kemenangan Jepang atas Rusia pada 1905 telah memberikan keyakinan bagi tokoh nasionalis Indonesia bahwa seperti Jepang yang berasal dari Asia, Indonesia juga dapat mengalahkan bangsa Eropa, yaitu Belanda. space

0

Roboguru

Salah satu faktor eksternal yang mendorong lahirnya pergerakan nasional adalah....

Pembahasan Soal:

Sebelum abad ke-20 ada sebuah ungkapan yang berkembang di masyarakat dunia bahwa bangsa-bangsa Eropa jauh lebih perkasa melebihi bangsa-bangsa lainnya. Akan tetapi pada perkembangnya ternyata hal tersebut, bukanlah hal mutlak. Karena ternyata mitos dan ungkapan tersebut berhasil dipatahkan setelah terjadi perang antara Jepang dan Rusia di antara kurun waktu tahun 1904-1905. Perang yang terjadi sekitar kurang lebih 1 tahun tersebut ternyata berhasil dimenangkan oleh bangsa Jepang. Semangat berkobar yang ditunjukan oleh Jepang dengan berhasil mengalahkan bangsa Eropa, menjadi penyemangat bagi bangsa-bangsa di luar Eropa tak terkecuali bagi bangsa kita. Dan hal inilah yang menjadikan bangsa Indonesia semakin berkobar dalam meneruskan pergerakan nasional pada waktu itu.

0

Roboguru

Kemenangan Jepang atas Rusia mengakibatkan ….

Pembahasan Soal:

Perang antara Rusia dan Jepang yang terjadi sekitar tahun 1904-1905, merupakan salah satu fenomena sejarah yang penting di wilayah Asia. Bagi bangsa Asia, perang Russia-Jepang merupakan titik awal dari kebangkitan bangsa-bangsa di Asia melawan dominasi Kolonialis Barat yang sudah berkuasa di Asia sejak era Kolonialisme. Jepang yang keluar sebagai pemenang perang dianggap sebagai negara yang telah membangkitkan kembali rasa percaya diri dan harga diri bangsa Asia untuk bangkit dan melawan sekuat tenaga agar dapat mengusir pengaruh Barat dari bumi Asia.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved