Roboguru

Berikut ini yang termasuk fungsi pasar uang adalah .... tempat bertemunya penjual dan pembeli mata uang tempat pertukaran valuta asing tempat pelaksanaan operasi pasar terbuka tempat perdagangan surat berharga jangka pendek

Pertanyaan

Berikut ini yang termasuk fungsi pasar uang adalah ....

  1. tempat bertemunya penjual dan pembeli mata uang
  2. tempat pertukaran valuta asing
  3. tempat pelaksanaan operasi pasar terbuka
  4. tempat perdagangan surat berharga jangka pendek  
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.  

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.  

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.  

  4. HANYA 4 yang benar.  

  5. SEMUA pilihan benar.  

Pembahasan Soal:

Pasar uang atau money market merupakan mekanisme pasar yang memungkinkan seseorang melakukan transaksi jual beli dalam bentuk sekuritas keuangan. Berikut ini termasuk fungsi pasar uang diantaranya sebagai berikut.

  • tempat bertemunya penjual dan pembeli mata uang,
  • tempat pertukaran valuta asing,
  • tempat pelaksanaan operasi pasar terbuka, dan
  • tempat perdagangan surat berharga jangka pendek


Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Sumiati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pasar barang otomotis termasuk pasar oligopoli. SEBAB Ada satu penjual dan banyak pembeli. Pernyataan y...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar, pasar barang otomatif termasuk contoh pasar oligopoli.

Alasan salah, Pasar oligopoli adalah pasar persaingan tidak sempurna. Ini karena dalam ciri pasar oligopoli, jumlah antara produsen atau pedagang tidak sebanding dengan jumlah pembeli atau konsumen.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C. 

 

Roboguru

Berikut ciri-ciri pasar monopoli ... barang yang diperdagangkan homogen kesulitan keluar masuk pasar ada satu penjual dan banyak pembeli adanya kemampuan produsen mempengaruhi harga

Pembahasan Soal:

Ciri-ciri pasar monopoli sebagai berikut:

  1. Produknya unik
    Pasar monopoli memiliki barang unik yang tidak dapat dihasilkan perusahaan lain. Tidak ada barang pengganti yang sempurna (close substitute) di pasar. (1)
  2. Hanya terdapat satu penjual
    Pasar monopoli hanya berisi satu perusahaan, produsen, atau penjual, sehingga pembeli tidak dapat berbuat apa-apa selain membeli pembeli tidak dapat berbuat apa-apa selain membeli dan menggunakan produk perusahaan tersebut. (3)
  3. Terdapat halangan untuk masuk bagi penjual lain
    Pasar monopoli memiliki hambatan bagi perusahaan lain untuk masuk dan bersaing dalam pasar. Hambatan tersebut dapat berupa legalitas seperti undang-undang, teknologi yang canggih dan tidak mudah dicontoh perusahaan lain, dan keuangan atau modal yang besar. (2)
  4. Kekuatan untuk menentukan harga yang sangat kuat
    Perusahaan yang menjadi penjual tunggal di pasar monopoli memiliki kemampuan menentukan harga sesuai kehendaknya. Penjual ini disebut price maker atau price setter, sebab tidak ada perusahaan lain yang masuk di pasar. Perusahaan monopoli menjadi satu-satunya penentu harga karena menguasai semua pengendalian produksi dan jumlah yang akan dihasilkan. (4)

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E. 

Roboguru

Ciri pasar persaingan monopolistik adalah ....  Mudah masuk ke dalam industri  Kurva permintaannya sama dengan  kurva average revenue dan sangat elastis Terdapat banyak produsen yang menghasilkan...

Pembahasan Soal:

Pasar monopolistik adalah bentuk pasar yang terdapat banyak produsen memproduksi barang yang sama namun memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Ciri-cirinya, antara lain:

  1. terdapat banyak produsen atau penjual 
  2. adanya diferensiasi produk 
  3. produsen dapat memengaruhi harga d. produsen dapat keluar masuk pasar 
  4. promosi penjualan harus aktif 
  5. permintaan elastis karena barang substitusi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A. 

 

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Dalam pasar duopoli, perusahaan menghadapi kurva permintaan yang sama dengan kurva permintaan pasar. SEB...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar, pasar duopoli adalah pasar di mana hanya terdapat dua perusahaan besar di dalamnya. Salah satu bentuk persaingan dalam pasar duopoli adalah bahwa kedua perusahaan mempunyai kekuatan yang sama, yaitu tidak ada yang lebih dominan dibanding dengan yang perusahaan lainnya. Oleh karena kedua perusahaan memiliki kekuatan yang sama, maka akan ada dua kemungkinan yaitu mungkin kedua perusahaan melakukan kesepakatan atau di antara keduanya saling bebas. Apabila sebuah perusahaan menurunkan harga penjualan lebih rendah dari harga pesaing, maka pengusaha lain akan mengikuti. Tujuannya agar mereka tidak kehilangan pembeli. Berdasarkan asumsi ini, kurva permintaan bagi pengusaha yang menurunkan harga adalah elastisitas permintaan sama dengan elastisitas permintaan pasar karena tindakannya menurunkan harga diikuti oleh pengusaha saingannya yang satu lagi. Pasar duopoli dapat dianggap sebagai bentuk pasar oligopoli yang paling sederhana. 

Alasan benar, kinked demand curve model atau model kurva permintaan tertekuk adalah sebuah model pasar oligopoli yang mengasumsikan bahwa jika satu perusahaan di industri memotong harga, perusahaan lain akan melakukan hal yang sama, tetapi jika menaikkan harga, perusahaan lain tidak akan mengikuti. Dalam kondisi ini, permintaan cenderung elastis, dalam arti, misalnya, ketika harga dinaikkan 1%, kuantitas permintaan akan jatuh lebih dari 1%. Namun, jika perusahaan ingin mengurangi harganya, pesaing akan mengikuti jejaknya, dan peningkatan permintaan produk perusahaan tidak akan signifikan. Dalam hal ini, permintaan relatif inelastis, sehingga ketika perusahaan menurunkan harga 1%, kuantitas permintaan akan naik kurang dari 1%. Adapun bentuk kurvanya sebagai berikut.


 


Jadi, jawaban yang benar adalah pilihan A.  

Roboguru

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda menjumpai atau bahkan menggunakan berbagai macam merek produk sabun mandi seperti Lux, Dove, dan Lifebuoy. Adanya berbagai merek tersebut merupakan contoh dari ….

Pembahasan Soal:

Pasar monopolistik merupakan salah satu bentuk pasar di pasar persaingan tidak sempurna. Pasar monopolistik memiliki ciri-ciri yaitu sebagai berikut.

  1. Terdapat banyak penjual dan pembeli.
  2. Produknya terdiferensiasi, artinya satu jenis barang tapi dijual dengan berbagai merk dan variasi.
    Contoh jenis barang sabun bermerk lifebuoy, lux, dove, dan lainnya. Pada merek-merek sabun tersebut, tentunya warna, aroma, kemasan berbeda-beda.
  3. Produsen memiliki kekuatan untuk menentukan harga (walaupun hanya sedikit).
  4. Hambatan keluar masuk pasar relatif rendah.
  5. Adanya promosi penjualan.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.  space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved