Roboguru

Berikut ini yang merupakan urutan dari struktur teks novel adalah ....

Pertanyaan

Berikut ini yang merupakan urutan dari struktur teks novel adalah ....space 

  1. pengenalan situasi cerita - pengungkapan peristiwa - menuju pada adanya konflik - puncak konflik/klimaks - penyelesaianspace 

  2. pengungkapan peristiwa - pengenalan situasi cerita - menuju pada adanya konflik - puncak konflik/klimaks - penyelesaianspace 

  3. pengenalan situasi cerita - pengungkapan peristiwa - puncak konflik/klimaks - menuju pada adanya konflik - penyelesaianspace 

  4. pengenalan situasi cerita - puncak konflik/klimaks - pengungkapan peristiwa - menuju pada adanya konflik - penyelesaianspace 

  5. menuju pada adanya konflik - pengenalan situasi cerita - pengungkapan peristiwa - puncak konflik/klimaks - penyelesaianspace 

Pembahasan Soal:

Novel merupakan karya sastra yang memiliki plot cerita rumit dan menonjolkan penokohan tiap tokohnya. Ada banyak jenis-jenis novel, bisa berupa novel fiksi atau non-fiksi. Selain itu dalam menulis novel, juga ada beberapa struktur dan bagian yang harus diperhatikan oleh penulis, dari bagian awal sampai akhir.

Novel adalah bentuk karya sastra yang berbentuk prosa yang memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Novel mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Novel memiliki struktur teks seperti berikut ini:

  1. Abstrak
    Struktur novel yang pertama adalah bagian abstrak. Pada bagian ini menjelaskan ringkasan isi cerita yang ada pada novel. Umumnya bagian abstrak dapat ditemukan pada bagian awal cerita novel.
  2. Orientasi
    Selanjutnya ada bagian orientasi, yang berisikan penjelasan mengenai latar waktu dan suasana. Dalam bagian ini juga dibahas mengenai penokohan dan perwatakan karakter pada novel, serta latar belakang terjadinya cerita pada novel.
  3. Komplikasi
    Berikutnya ada bagian komplikasi. Pada bagian ini merupakan urutan kejadian yang dihubungkan oleh hubungan sebab akibat, dimana setiap peristiwa terjadi karena adanya sebab dan akibat munculnya peristiwa yang lainnya dalam novel.
  4. Evaluasi
    Bagian evaluasi merupakan bagian dimana konflik yang terjadi pada tahap komplikasi terarah menuju suatu titik tertentu. Artinya konflik dalam cerita mulai menuju titik puncak, dan mulai memasuki bagian inti cerita yang disajikan dalam novel.
  5. Resolusi
    Struktur novel yang berikutnya adalah resolusi. Pada bagian ini akan mulai dimunculkan solusi atas konflik yang sedang terjadi. Dengan kata lain konflik dalam cerita mulai diselesaikan dengan solusi dan penyelesaian yang dimunculkan.
  6. Koda
    Struktur novel yang terakhir adalak koda. Bagian ini terletak sebagai bagian penutup cerita dalam novel. Koda merupakan bagian akhir atau penutup cerita dalam novel yang menjelaskan ending atau akhir cerita yang telah disajikan dalam novel.

Jadi, berdasarkan pilihan jawaban di atas yang merupakan urutan dari struktur teks novel adalah pengenalan situasi cerita - pengungkapan peristiwa - menuju pada adanya konflik - puncak konflik/klimaks - penyelesaian.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 05 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved