Roboguru

Berikut ini yang merupakan tujuan yang hendak dicapai oleh imperialisme modern adalah ...

Pertanyaan

Berikut ini yang merupakan tujuan yang hendak dicapai oleh imperialisme modern adalah ...

  1. Mencari dan mendapatkan daerah penanaman modal

  2. Mencari dan mendapatkan logam mulia atau kekayaan

  3. Mendapatkan nama baik dan kejayaan bangsa

  4. Mencapai tujuan suci untuk menyebarkan agama Nasrani

  5. Mencari daerah-daerah baru untuk ditaklukkan dan dieksploitasi

Pembahasan Soal:

Imperialisme modern adalah dorongan memenuhi kebutuhan industri yang terjadi setelah revolusi industri. Imperialisme modern ini ditandai dengan kelebihan modal dan juga barang yang adalah surplus produksi di negara-negara barat. Oleh sebab itu mereka harus mencari daerah ‘jajahan’ baru yang akan dijadikan sebagai pasar dari hasil produksi mereka yang melimpah serta sebagai tempat untuk menanam modal. Secara umum 3 tujuan dari imperialisme modern ini adalah sebagai berikut.

  1. Mencari serta mendapatkan wilayah pemasaran hasil produksi industri.
  2. Mencari serta mendapatkan wilayah yang merupakan penghasil bahan mentah.
  3. Mencari serta mendapatkan wilayah tempat penanaman modal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pengaruh Imperialisme dan Kolonialisme Eropa terhadap bangsa Indonesia pada masa sekarang!

Pembahasan Soal:

Salah satu pengaruh imperialisme dan kolonialisme adalah bangsa Indonesia menjadi lebih mudah diadu domba, banyak sumber daya alam yang dikeruk habis oleh bangsa penjajah, dan mengalami krisis identitas.


Dengan demikian, Salah satu pengaruh imperialisme dan kolonialisme adalah bangsa Indonesia menjadi lebih mudah diadu domba, banyak sumber daya alam yang dikeruk habis oleh bangsa penjajah, dan mengalami krisis identitas.space space

0

Roboguru

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Jelaskan tentang semboyan 3G (gold, gospel, dan glory) yang menjadi motivasi kedatangan bangsa Barat di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia dilandasi semboyan gold, glory, dan gospel. Semboyan gold mendorong mereka memburu kekayaan berupa emas, perak, dan bahan tambang lain yang berharga. Sebab, menurut paham ini, suatu negara dikatakan makmur apabila mempunyai emas yang melimpah. Semboyan glory berarti kejayaan, yang meyakini kejayaan sebuah bangsa dilihat dari banyaknya wilayah koloni yang dimiliki. Kondisi ini mendorong bangsa-bangsa Eropa untuk memiliki daerah kekuasaan yang luas. Penjelajahan bangsa Eropa ke Timur juga membawa misi suci dari gereja, yaitu menyebarkan ajaran injil (gospel). Setiap kapal yang melakukan penjelajahan samudra selalu diikuti kelompok misionaris, yang menganggap menyebarkan ajaran injil merupakan panggilan hidup dan tugas mulia.

Dengan demikian, semboyan 3G merupakan semboyan dari bangsa Barat untuk mengambil kekayaan, memperluas kekuasaan, dn menyebarkan agama.
 

0

Roboguru

Mengapa sebuah negara menjadi negara imperialisme?

Pembahasan Soal:

Imperialisme merupakan istilah yang berasal dari kata "imperator" artinya memerintah. Imperialisme adalah suatu sistem dalam dunia politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya. Beberapa sebab yang membuat sebuah negara menjadi imperialis diantaranya didorong oleh keinginan untuk meraih kejayaan dengan menguasai bangsa lain. Selanjutnya ada perasaan suatu bangsa, bahwa bangsanya adalah bangsa istimewa di dunia ini (racial superiority). Kemudian ada ambisi untuk mendapatkan kekayaan (motif ekonomi) dari suatu negara yang dikuasainya.

Dengan demikian, alasan sebuah negara menjadi negara imperialisme antara lain disebabkan oleh hasrat untuk meraih kejayaan, kekayaan, serta perasaan superior yang memandang bangsanya lebih baik dari bangsa lain.

0

Roboguru

Semboyan glory yang dijunjung bangsa Eropa saat melakukan penjelajahan samudera mampu mendorong lahirnya imperialisme kuno karena ....

Pembahasan Soal:

Semboyan glory berarti kejayaan. Semboyan berkaitan erat dengan imperialisme kuno. Menurut paham imperialisme kuno, kejayaan sebuah bangsa dapat dilihat dari banyaknya koloni yang dimiliki suatu negara. Akibatnya muncul perlombaan bangsa Eropa dalam melakukan penjelajahan samudra demi mendapatkan wilayah jajahan baru.

0

Roboguru

Dalam melakukan penjelajahan dan imperialisme, salah satu motivasi yang dijalankan oleh negara Barat adalah glory yang berarti...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan waktu kemunculannya, imperialisme dibagi menjadi imperialisme kuno dan imperialisme modern. Imperialisme kuno berlangsung sebelum terjadinya Revolusi Industri dengan tujuan untuk mencari kekayaan (gold), mencapai kejayaan (glory) dan menyebarkan agama Nasrani (gospel). Negara yang menganut aliran imperialisme kuno adalah Spanyol dan Portugis. Sementara imperialisme modern berlangsung setelah Revolusi Industri. Munculnya imperialisme modern disebabkan oleh keinginan negara oenjajah mengembangkan perekonomiannya. Negara yang menganut paham imperialisme modern melakukan pembangunan industri secara besar-besaran. Perindustrian yang besar tersebut membutuhkan banyak bahan mentah dan daerah pemasaran. Hal itu hanya dapat dipenuhi dengan memiliki daerah jajahan yang luas. Oleh sebab itu, timbul usaha untuk mencari daerah jajahan seluas mungkin. Adapun negara pelopor imperialisme modern adalah Inggris.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved