Roboguru

Berikut ini yang bukan merupakan bencana alam yang dapat mengancam wilayah DKI jakarta adalah ...

Pertanyaan

Berikut ini yang bukan merupakan bencana alam yang dapat mengancam wilayah DKI jakarta adalah ...

  1. Banjir

  2. Cuaca Ekstrem

  3. Kebakaran hutan dan lahan

  4. Longsor

  5. Abrasi

Pembahasan Soal:

Jakarta terdiri dari dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 7 meter di atas permukaan laut, pada posisi 6 degree LS space dan space 106 degree BT.
Bagian selatan Jakarta terdiri atas lapisan alluvial, sedang dataran rendah pantai merentang ke bagian pedalaman sekitar 10 km. Di bawahnya terdapat lapisan endapan yang lebih tua yang tidak tampak pada permukaan tanah karena tertimbun seluruhnya oleh endapan alluvium. Di wilayah bagian utara baru terdapat pada kedalaman 10-25 m, makin ke selatan permukaan keras semakin dangkal 8-15 m. Pada bagian tertentu juga terdapat lapisan permukaan tanah yang keras dengan kedalaman 40 m.
Berdasarkan keadaan tersebut, wilayah Jakarta dapat terjadi bencana alam yaitu banjir, abrasi, cuaca ekstrem dan longsor. Bencana kebakaran hutan tidak mungkin terjadi di Jakarta karena sebagian wilayahnya digunakan untuk area permukiman dan pusat pemerintahan sehingga keberadaan hutan tidak begitu banyak di daerah ini.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bencana alam perubahan iklim, kekeringan, dan badai tropis termasuk jenis bencana alam ....

Pembahasan Soal:

Bencana alam meteorologi terjadi sebagai akibat pengaruh iklim yang berdampak langsung pada kehidupan manusia. Contoh bencana alam meteorologi di antaranya adalah angin topan, kekeringan, badai, banjir, dan kebakaran hutan.

jawaban yang paling tepat adalah E

Roboguru

Sebutkan bencana yang di akibatkan oleh dinamika litosfer, dinamika atmosfer, dan dinamika hidrosfer!

Pembahasan Soal:

Bencana bisa diklasifikasikan menurut penyebabya, yaitu sebagai berikut.

DInamika litosfer. Litosfer berarti kulit terluar dari permukaan bumi. Contoh dari bencana jenis ini adalah gempa bumi. Gempa bumi terjadi karena adanya lapisan yang bergerak dari permukaan bumi yang disebut dengan lempeng tektonik. Kemudian ada bencana gunung meletus yang terjadi juga karena adanya tekanan dari dalam bumi yang menyebabkan magma keluar ke permukaan bumi. Tanah longsor juga termasuk bagian dari dinamika lithosfer karena berasal dari adanya pergerakan lapisan tanah.

Dinamika hidrosfer. Berarti bencana ini yang terjadi karena adanya pengaruh air. Bencana jenis ini adalah seperti banjir. Banjir adalah kejadian terlalu banyaknya air yang menggenangi daratan. Hal ini terjadi karena adanya tumpukan sampah atau memang karena aliran air yang sudah rusak. Kemudian ada tsunami yaitu gelombang pasang yang mengenai daratan karena gempabumi di laut.

Dinamika atmosfer. Bencana yang terjadi karena lapisan udara yang bergejolak. Contoh dari bencana jenis ini adalah seperti badai siklon yang muncul karena perbedaan tekanan udara yang terlalu signifikan. Contoh lain adalah kekeringan. Hal ini dikarenakan tidak adanya angin yang membawa uap air menuju sebuah daerah sehingga terjadi kekeringan. Kebakaran hutan juga termasuk karena pengaruh atmosfer. Hal ini dikarenakan panas yang tinggi menyebabkan daun kering dan kemudian mudah terbakar.

 

 

Roboguru

Mengapa di Indonesia tidak terjadi adanya angin taifun, jelaskan pendapat anda!

Pembahasan Soal:

Angin topan/taifun merupakan pusaran angin yang sangat kencang hingga mencapai kecepata 120 km per jamnya hingga pada level tertinggi bisa mencapai 250 km per jamnya. Angin topan ini banyak ditemui di daerah pembagian musim yang berikilim tropis yang berada di antara garis balik selatan dan utara. Namun angin topan ini tidak melanda pada daerah yang berdekatan dengan garis khatulistiwa. Oleh karena itulah angin topan sangat jarang terjadi di Indonesia karena Indonesia berada persis di garis khatulistiwa.

Roboguru

Berikut ini yang bukan merupakan bencana alam yang terjadi di Indonesia adalah ......

Pembahasan Soal:

Pada soal ini, kalian diminta menjawab jenis bencana yang tidak pernah terjadi di Indonesia. Jawaban yang tepat adalah bencana badai salju atau opsi d. Hal ini karena Indonesia berada di iklim tropis dan tidak memungkinkan adanya salju.

Roboguru

Berikut ini bencana ekstraterestrial yang menyebabkan punahnya dinosaurus di muka bumi adalah ….

Pembahasan Soal:

Bencana alam ekstraterestrial merupakan bencana yang disebabkan oleh gaya atau energi yang berasal dari luar bumi. Beberapa jenis bencana alam ekstraterestrial bisa menimbulkan kerusakan besar di muka bumi. Salah satu contohnya adalah punahnya dinosaurus dan banyak makhluk hidup akibat jatuhnya meteor-meteor ke muka bumi. Meteor ini menghantam bumi dengan keras dan menimbulkan dampak kerusakan bagi sekitarnya. Jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved