Roboguru

Berikut ini yang bukan lokasi hutan mangrove di Indonesia adalah....

Pertanyaan

Berikut ini yang bukan lokasi hutan mangrove di Indonesia adalah....space 

  1. Pantai Timur Sumatraspace 

  2. Pantai Selatan Kalimantanspace 

  3. Pantai Selatan Jawaspace 

  4. Pantai Barat Papuaspace 

  5. Pantai Timur Kalimantanspace 

Pembahasan Soal:

Berikut ini merupakan pulau- pulau yang menjadi persebaran hutan mangrove di Indonesia.

  • Sisi barat dan timur pulau Sumatra. Persebaran hutan mangrove banyak terdapat di Pulau Sumatra. Sebagai pulau yang besar, keberadaan hutan mangrove di Sumatra hanya berada di pesisir pantai bagian barat dan timur. Luas dari hutan mangrove yang ada di Pulau Sumatra mencapai 417.000 hektar.
  • Beberapa titik di Pulau Jawa. Pulau Jawa tidak terlalu luas apabila dibandingkan dengan pulau Sumatra dan garis pantai pun juga tidak terlalu panjang. Namun keberadaan hutan mangrove di Pulau Jawa tidak bisa dipungkiri. Hutan mangrove di pulau Jawa ini tidak begitu banyak, hanya beberapa titik saja yaitu di pantai utara Jawa bagian barat. Luas hutan Mangrove di Pulau Jawa mencapai 34.400 hektar.
  • Sepanjang pesisir pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan adalah pulau yang paling besar di Indonesia. Pulau Kalimantan juga dikenal sebagai pulau yang banyak memiliki hutan. namun seperti yang kita tahu bahwa hutan mangrove hanya terdapat di pesisir pantai saja. Oleh karena itulah di Pulau Kalimantan, hutan mangrove juga hanya terdapat di pesisir pantai. Meski demikian, keberadaan hutan mangrove di Kalimantan terbilang merata, yakni hampir di sepanjang pesisir pantai di Kalimantan. Adapun luas hutan mangrove di Kalimantan mencapai 165.000 hektar.
  • Sepanjang pesisir pulau Sulawesi. Selain di Pulau Kalimantan, keberadaan hutan mangrove merata juga terdapat di Sulawesi. Hutan mangrove di Sulawesi mencapai luas 53.000 hektar.
  • Bagian barat pulau Papua. Keberadaan hutan mangrove di Indonesia paling banyak berada di Pulau Papua. Hutan mangrove di Papua ini luasnya mencapai jutaan hektar. Luas hutan mangrove yang dimiliki papua mencapai 2.943.000 hektar.
  • Bali dan Nusa Tenggara. Keberadaan hutan mangrove juga ada di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Luas hutan mangrove di wilayah ini mencapai 3.700 hektar.

Jadi, jawaban pada opsi soal benar semua.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved