Roboguru

Berikut ini yang bukan fungsi dari inti sel adalah ....

Pertanyaan

Berikut ini yang bukan fungsi dari inti sel adalah ....  

  1. Mengendalikan seluruh kegiatan sel 

  2. Berperan penting dalam proses sintesis protein 

  3. Sebagai tempat penyimpanan materi hereditas yaitu kromatin 

  4. Melindungi organel dari benturan 

  5. Sebagai tempat penyimpanan protein dan RNA 

Pembahasan Soal:

Nukleus (Inti sel) adalah organel terbesar di dalam sel yang sangat vital peranannya dalam kehidupan sel. Di dalam nukleus juga ada beberapa komponen penting seperti anak inti (nukleolus), cairan dalam inti (nukleoplasma), membran inti (karioteka) dan benang-benang kromatin.

Adapun fungsi dari nukleus diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengendalikan segala aktivitas kehidupan sel.
  • Menyimpan informasi genetik (ini pada kromosom yang membentuk DNA).
  • Sebagai pusat sintesis asam nukleat, DNA, dan RNA.
  • Berperan dalam aktivitas sel yang krusial seperti sintesis protein dan pembelahan sel.
  • Tempat penyimpanan protein.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Sebutkan nama organel yang diberi kode E!

Pembahasan Soal:

Organel yang ditunjukkan oleh E adalah nukleus. Nukleus adalah inti sel yang memiliki membran inti dengan susunan molekul sama dengan membran sel yaitu berupa lipoprotein. Pori-pori pada membran inti memungkinkan hubungan antara nukleoplasma dan sitoplasma. Fungsi utama nukleus adalah sebagai pusat yang mengontrol kegiatan sel dan mengandung bahan-bahan yang menentukan sifat-sifat turun-temurun suatu organisme. Didalam inti sel tersusun atas Nukleoulus (anak inti) dan Nukleoplasma (cairan inti) merupakan cairan yang tersusun dari protein. 

0

Roboguru

Dua organel sel memiliki beberapa ciri seperti dituliskan dalam tabel berikut. Berdasarkan ciri-cirinya, fungsi organel X dan Y secara berturut-turut adalah ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan ciri-ciri organel di atas, Organel X merupakan nukleus. Nukleus merupakan organel tebesar dalam sel yang terletak di tengah sel, dan berbentuk bulat atau oval. Nukleus berfungsi mengendalikan proses berlangsungnya metabolisme dalam sel, membawa informasi genetik. Sedangkan, organel Y merupakan ribosom. Ribosom merupakan butiran kecil dan padat yang menempel di RE kasar dan menyebar di sitoplasma. Ada dua komponen utama ribosom, yaitu subunit besar dan subunit kecil. Ribosom berperan penting dalam proses sintesis. Selain itu, ribosom berfungsi efektif dalam menerjemahkan mRNA yang akan berubah menjadi protein.space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

2

Roboguru

Perhatikan gambar struktur sel berikut! Sebutkan organel-organel sel yang ditunjukkan pada gambar di atas beserta fungsinya masing-masing!

Pembahasan Soal:

Sel merupakan struktur terkecil dari suatu makhluk hidup. Setiap sel tersusun atas organel-organel yang membantu sel agar tetap hidup. Sel yang ditunjukkan oleh gambar di atas adalah sel tumbuhan. Berdasarkan gambar di atas, berikut adalah beberapa organel yang terdapat pada sel tumbuhan:

  • Aparatus golgi (a)
    Berfungsi melepaskan sekresi pada permukaan sel, membentuk lisosom serta akrosom, membentuk kantung vesikula untuk sekresi sel, dan membantu proses pembentukan dinding sel tumbuhan.
  • Kloroplas (b)
    Berfungsi untuk mengkonversi sinar matahari, air dan karbon dioksida menjadi makanan bagi tumbuhan. Kloroplas juga merupakan salah satu organel penghasil energi bersama dengan mitokondria, dan hadir di semua jenis tanaman. Kloroplas adalah situs fotosintesis. Bagian dari reaksi fotosintesis terjadi pada membran internal dalam organel.
  • Mitokondria (c)
    Merupakan organel sel bermembran ganda yang berperan penting dalam respirasi seluler untuk membentuk energi bagi setiap jenis sel.
  • Nukleus (d) 
    Fungsi utama nukleus adalah sebagai pusat perintah dan juga untuk mengontrol aktivitas sel. Hal ini terjadi karena adanya benang kromosom yang terdapat di dalam nukleus.
  • Retikulum Endoplasma Kasar (RE Granular) (e)
    Fungsi utama dari RE granular adalah sebagai tempat sintesis protein. Hal ini dikarenakan di permukaan RE granular terdapat bintik-bintik ribosom yang berperan dalam sintesis protein. 

0

Roboguru

Menurut pendapat kalian gambar diatas termasuk sel hewan atau sel tumbuhan? Sebutkan organel dan fungsinya yang ada pada gambar nomor 1!

Pembahasan Soal:

Gambar diatas adalah sel hewan. Organel yang ditunjukkan pada nomor 1 adalah nukleus. Nukleus ditemukan oleh seorang ahli biologi berkebangsaan Inggris, Robert Brown pada tahun 1831, yang juga memberikan istilah 'areola' untuk nukleus. Nukleus merupakan bagian sel terpenting yang berfungsi mengendalikan semua kegiatan sel. Nukleus dapat ditemukan sebagai struktur yang berbentuk bulat atau oval dan biasanya terletak di tengah sel.Di dalam nukleus terdapat beberapa komponen penting seperti anak inti (nukleolus), cairan dalam inti (nukleoplasma), membran inti (karioteka) dan benang-benang kromatin atau kromosom. 

0

Roboguru

Identifikasilah macam organel sel yang memiliki fungsi pembentukan. Jelaskan fungsinya masing-masing!

Pembahasan Soal:

Sel tersusun atas beberapa organel yang memiliki fungsi khusus. Beberapa organel yang memiliki fungsi pembentukan yaitu:

  1. Nukleus, berfungsi dalam pembuatan sintesis DNA dan RNA.
  2. Badan golgi yang berperan dalam membentuk lisosom.
  3. Retikulum endoplasma yang berperan dalam sintesis protein, sintesis lemak, dan metabolisme.
  4. Ribosom yang berfungsi dalam pembentukan protein.

Jadi, organel yang berperan dalam fungsi pembentukan antara lain nukleus, badan golgi, retikulum endoplasma, dan ribosom.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved