Roboguru

Berikut ini negara yang tidak hadir dalam konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955 adalah...

Pertanyaan

Berikut ini negara yang tidak hadir dalam konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955 adalah...

  1. Yordania

  2. Singapura

  3. Libya

  4. Iran

  5. Kamboja

Pembahasan Soal:

Konferensi Asia Afrika (KAA) atau dikenal juga dengan Konferensi Bandung lahir atas prakarsa lima negara, yaitu Indonesia, Myanmar, Sri Lanka, India dan Pakistan. Pertemuan ini pertama kali diadakan pada tanggal 18-24 April 1955 dengan mengambil tempat di Gedung Merdeka Bandung dan dihadiri oleh 29 negara yaitu: Afganistan, Burma, Saudi Arabia, Yordania, Kamboja, Srilanka, Jepang, Laos, Sudan, Ethiopia, Libanon, Suriah, Filipina, Liberia, Turki, Ghana, Libya, Vietnam Selatan, Thailand, India, Vietnam Utara, Mesir, Indonesia, Yaman, Irak, Pakistan, Nepal dan Iran.

Maka, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 22 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Konferensi Asia Afrika yang dilaksanakan pada 18-24 April 1955 di Bandung yang diikuti oleh 29 negara, diprakarsai oleh lima negara sponsor, yaitu...

Pembahasan Soal:

Konferensi Tingkat Tinggi Asia–Afrika adalah sebuah konferensi antara negara-negara Asia dan Afrika, yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan.  KAA diprakarsai oleh lima negara: Burma (Myanmar), India, Indonesia, Pakistan, dan Ceylon (Sri Lanka). Pertemuan ini melibatkan dua puluh empat (24) negara lainnya dari Asia dan Afrika yang berlangsung selama sepekan (18 - 24 April 1955). KAA menghasilkan kesepakatan berupa Komunike Akhir KAA yang di dalamnya memuat Dasasila Bandung. Prinsip-prinsip ini yang populer dikenal dunia sebagai Spirit Bandung.

Dengan demikian, KAA terbentuk karena merasa senasib sebagai negara- negara yang pernah dijajah dan baru saja merdeka sehingga perlu adanya persatuan dari negara-negara tersebut yang disponsori oleh 5 negara pendiri yaitu: Indonesia, Myanmar, Sri Lanka, India dan Pakistan.
 


 

0

Roboguru

Perhatikan tabel pemrakarsa Konferensi Asia-Afrika (KAA) berikut! Jawaban yang tepat untuk mengganti huruf P dan Q adalah ....

Pembahasan Soal:

Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955 di Bandung menghasilkan Dasasila Bandung. Peran Indonesia dalam KAA sangat penting sebagai pemrakarsa sekaligus tempat penyelenggaraan. Mengutip Sumber Belajar Kemdikbud RI, Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika diadakan pada 18-24 April 1955 di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Penyelenggara KAA 1955 adalah lima negara dalam Konferensi Kolombo sekaligus peserta Konferensi Panca Negara. Adapun lima negara penggagas Konferensi Asia Afrika adalah:

  1. Indonesia diwakili oleh Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo
  2. Ceylon (Srilanka) diwakili oleh Perdana Menteri Sir John Kotelawala
  3. Burma (Myanmar) diwakili oleh Perdana Menteri U Nu
  4. Pakistan Perdana Menteri Mohammad Ali Jinnah
  5. India diwakili oleh Perdana Menteri Pandit Jawaharlal Nehru

Jadi, jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Dari 25 negara yang diundang oleh panitia Konferensi Asia Afrika, terdapat satu negara yang menolak untuk hadir dengan alasan bahwa mereka masih di bawah penjajahan. Negara tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Dalam persiapan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika, pemerintah Indonesia atas nama lima negara sponsor bertindak sebagai pengirim surat undangan kepada negara-negara di Asia dan Afrika. Pemerintah Indonesia mengundang 25 negara di Asia dan Afrika. Namun, dari 25 negara yang di undang, terdapat satu negara yang menolak untuk hadir di Konferensi Asia Afrika. Negara yang menolak tersebut adalah Federasi Afrika Tengah. Mereka menolak lantaran masih berada di bawah penjajahan Prancis.undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Berikut adalah negara peserta Konferensi Asia Afrika yang berasal dari Afrika ....

Pembahasan Soal:

Konferensi Asia Afrika berlangsung bulan April 1955 di kota Bandung, Indonesia. Konferensi ini dihadiri oleh berbagai negara-negara di Asia dan Afrika. Peserta Konferensi Asia Afrika yang berasal dari Afrika antara lain adalah Mesir, Ethiopia, Libya, Sudan, Ghana, dan Liberia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) hanya dihadiri oleh 6 negara Afrika. Alasan utama sedikitnya jumlah negara Afrika yang hadir adalah ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan fakta sejarah, Konferensi Asia Afrika (KAA) dihadiri oleh 29 negara Asia dan Afrika. Dengan rincian 6 negara berasal dari Afrika dan 23 negara berasal dari Asia. Minimnya negara asal Afrika yang menghadiri KAA disebabkan karena masih banyaknya negara-negara Afrika yang masih terjajah. Sebut saja Maroko, Tunisia, Aljazair, Kongo, dan negara lainnya. Sementara itu, acara konferensi ini sebisa mungkin dihadiri oleh negara-negara yang sudah merdeka, dan ingin membantu negara-negara di Asia dan Afrika yang belum merdeka untuk terbebas dari penjajahan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved