Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut ini merupakan laruan yang dapat menghantarkan listrik paling baik adalah...

Berikut ini merupakan laruan yang dapat menghantarkan listrik paling baik adalah ...space

  1. Larutan gula 0,1 Mspace 

  2. Larutan asam sulfat 1 Mspace 

  3. Larutan asam asetat 1 Mspace 

  4. Larutan NaCl 0,1 Mspace 

  5. Larutan NaCl 1 Mspace 

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

larutan asam sulfat 1 M merupakan larutan yang dapat menghantarkan listrik paling baik dibandingkan dengan keempat larutan lainnya.

larutan asam sulfat 1 M merupakan larutan yang dapat menghantarkan listrik paling baik dibandingkan dengan keempat larutan lainnya.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat adalah B . Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Terdapat larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah. Faktor yang mempengaruhi daya hantar listrik pada larutan elektrolit adalah jumlah ion yang dapat bergerak bebas dan konsentrasi larutan. Larutan elektrolit dengan konsentrasi lebih tinggi akan lebih mudah menghantarkan listrik. Berdasarkan pilihan jawaban, larutan dengan konsentrasi tertinggi adalah larutan asam sulfat 1 M, larutan asam asetat 1 M dan larutan NaCl 1 M. Pada ketiga larutan tersebut, asam sulfat dan NaCl terionisasi sempurna sedangkan asam asetat terionisasi sebagian. Pada proses ionisasi, larutan asam sulfat akan menghasilkan 3 ion sedangkan pada larutan NaCl akan terbentuk 2 ion. Oleh karena itu, larutan asam sulfat 1 M merupakan larutan yang dapat menghantarkan listrik paling baik dibandingkan dengan keempat larutan lainnya.

Jawaban yang tepat adalah B.  

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Terdapat larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah. Faktor yang mempengaruhi daya hantar listrik pada larutan elektrolit adalah jumlah ion yang dapat bergerak bebas dan konsentrasi larutan. Larutan elektrolit dengan konsentrasi lebih tinggi akan lebih mudah menghantarkan listrik.

Berdasarkan pilihan jawaban, larutan dengan konsentrasi tertinggi adalah larutan asam sulfat 1 M, larutan asam asetat 1 M dan larutan NaCl 1 M. Pada ketiga larutan tersebut, asam sulfat dan NaCl terionisasi sempurna sedangkan asam asetat terionisasi sebagian. Pada proses ionisasi, larutan asam sulfat akan menghasilkan 3 ion sedangkan pada larutan NaCl akan terbentuk 2 ion.

Oleh karena itu, larutan asam sulfat 1 M merupakan larutan yang dapat menghantarkan listrik paling baik dibandingkan dengan keempat larutan lainnya.

Latihan Bab

Pendahuluan Elektrolit dan Nonelektrolit

Elektrolit

Nonelektrolit

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

699

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui beberapa zat berikut: Garam dapur Gula pasir Asam cuka Berdasarkan sifat daya hantar listriknya, urutan larutan-larutan zat tersebut dari yang nonelektrolit ke yang lemah da...

1rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia