Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut ini merupakan contoh usage ... membuang sampah pada tempatnya memberi salam saat bertemu menutup mulut ketika batuk atau bersin mematuhi orang tua

Berikut ini merupakan contoh usage ...

  1. membuang sampah pada tempatnya
  2. memberi salam saat bertemu
  3. menutup mulut ketika batuk atau bersin
  4. mematuhi orang tua
  1. Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar

  2. Jika jawaban (1) dan (3) benar

  3. Jika jawaban (2) dan (4) benar

  4. Jika hanya jawaban (4) benar

  5. Jika semuanya benar

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bentuk norma berdasarkan tingkatan daya ikatnya (sanksi) di masyarakat yang paling lemah berupa cara ( usage ) karena orang yang melanggar hanya mendapatkan cemoohan ataupun teguran dari masyarakat. Contohnya membuang sampah pada tempatnya dan menutup mulut ketika batuk atau bersin. Selain itu, tingkatan selanjutnya berupa kebiasaan ( folkways ) dengan contohnya yaitu upacara pesta panen yang dilakukan masyarakat petani sebagai wujud syukur terhadap hasil panen. Contoh lainnya seperti mengetuk pintu sebelum masuk ruangan dan memberi salam saat bertamu. Tingkatan norma berdasarkan daya ikat selanjutnya yaitu tata kelakukan ( mores ) dengan contoh larangan berjudi, melakukan kejahatan, narkoba, ataupun berzina. Tingkatan norma yang terakhir yaitu adat istiadat ( custom ) dengan contohnya yaitu masyarakat di Lampung, terdapat hukum adat yang melarang perceraian. Jika aturan tersebut dilanggar, tidak hanya orang yang bersangkutan tercemar nama baiknya, akan tetapi seluruh keluarga bahkan seluruh sukunya akan ikut tercemar.

Bentuk norma berdasarkan tingkatan daya ikatnya (sanksi) di masyarakat yang paling lemah berupa cara (usage) karena orang yang melanggar hanya mendapatkan cemoohan ataupun teguran dari masyarakat. Contohnya membuang sampah pada tempatnya dan menutup mulut ketika batuk atau bersin.

Selain itu, tingkatan selanjutnya berupa kebiasaan (folkways) dengan contohnya yaitu upacara pesta panen yang dilakukan masyarakat petani sebagai wujud syukur terhadap hasil panen. Contoh lainnya seperti mengetuk pintu sebelum masuk ruangan dan memberi salam saat bertamu.

Tingkatan norma berdasarkan daya ikat selanjutnya yaitu tata kelakukan (mores) dengan contoh larangan berjudi, melakukan kejahatan, narkoba, ataupun berzina. Tingkatan norma yang terakhir yaitu adat istiadat (custom) dengan contohnya yaitu masyarakat di Lampung, terdapat hukum adat yang melarang perceraian. Jika aturan tersebut dilanggar, tidak hanya orang yang bersangkutan tercemar nama baiknya, akan tetapi seluruh keluarga bahkan seluruh sukunya akan ikut tercemar.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

54

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Norma sosial yang mempunyal sanksi yang paling lemah adalah...

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia