Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut ini kebijakan yang berhubungan dengan keuangan : 1. Menurunkan suku bunga 2. Menaikkan suku bunga 3. Membeli surat berharga 4. Menjual surat berharga 5. Menaikan Cash Ratio Dari kebijakan di atas, yang termasuk kebijakan moneter untuk mengatasi inflasi adalah ....

Berikut ini kebijakan yang berhubungan dengan keuangan :

1. Menurunkan suku bunga
2. Menaikkan suku bunga
3. Membeli surat berharga
4. Menjual surat berharga
5. Menaikan Cash Ratio

Dari kebijakan di atas, yang termasuk kebijakan moneter untuk mengatasi inflasi adalah .... space space 

  1. 1, 2 dan 3 space space 

  2. 2, 4 dan 5 space space 

  3. 1, 2 dan 4 space space 

  4. 3, 4 dan 5 space space 

  5. 2, 3 dan 4 space space 

Iklan

A. Coordinator

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.  space space 

Iklan

Pembahasan

Kebijakan Moneter adalah suatu kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesiadengan tujuan memelihara dan menstabilkan mata uang agar perekonomian negara tersebut tidak anjlok. Kebijakan moneter dapat dilakukan dengan mengambil tindakan pengendalian jumlah uangyang beredar di masyarakat dan penetapan suku bunga. Kebijakan Moneter terdiri dari: Tingkat Bunga Diskonto ( Discount Rate ) Bila bank sentral menaikkan suku bunga akan berakibat mengurangi jumlah uang yang beredar untuk mengatasi inflasi. Sedangkan menurunkan tingkat suku bunga untuk mengatasi deflasi. Cadangan Kas Minimal ( Cash Ratio/Reserve Requirement ) Cadangan kas minimal adalahkebijakan bank sentral untuk menaikkan atau menurunkan cadangan kas bank umum. Bila bank sentral menaikkan cadangan kas maka akan mengurangi jumlah uang beredar untuk mengatasi inflasi. Pengawasan Kredit Selektif ( Selective Credit Control ) Kebijakan inimenentukan jenis-jenis pinjaman mana yang harus dikurangi dan jenis pinjaman mana yang perlu didorong. Pembujukan Moral ( Moral Suasion ) Pembujukan moral ini merupakan kebijakan bank sentral dengan cara mengadakan pertemuan langsung antara bank sentral dengan pimpinan-pimpinan bank umum untuk meminta bank-bank umum melakukan langkah-langkah tertentu. Kebijakan Pasar Terbuka ( Open Market Operation) kebijakan yang diambil oleh bank sentral dengan cara menjual atau membeli surat berharga seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Bila bank sentral menjual SBI, maka akan mengurangi jumlah uang beredar untuk mengatasi inflasi. Bila bank sentral membeli SBI, maka akan menambah jumlah uang beredar untuk mengatasi defaluasi. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Kebijakan Moneter adalah suatu kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia dengan tujuan memelihara dan menstabilkan mata uang agar perekonomian negara tersebut tidak anjlok. Kebijakan moneter dapat dilakukan dengan mengambil tindakan pengendalian jumlah uang yang beredar di masyarakat dan penetapan suku bunga.

Kebijakan Moneter terdiri dari:

  1. Tingkat Bunga Diskonto (Discount Rate)
    Bila bank sentral menaikkan suku bunga akan berakibat mengurangi jumlah uang yang beredar untuk mengatasi inflasi. Sedangkan menurunkan tingkat suku bunga untuk mengatasi deflasi. 
  2. Cadangan Kas Minimal (Cash Ratio/Reserve Requirement)
    Cadangan kas minimal adalah kebijakan bank sentral untuk menaikkan atau menurunkan cadangan kas bank umum.  Bila bank sentral menaikkan cadangan kas maka akan mengurangi jumlah uang beredar untuk mengatasi inflasi. 
  3. Pengawasan Kredit Selektif (Selective Credit Control)
    Kebijakan ini menentukan jenis-jenis pinjaman mana yang harus dikurangi dan jenis pinjaman mana yang perlu didorong.
  4. Pembujukan Moral (Moral Suasion)
    Pembujukan moral ini merupakan kebijakan bank sentral dengan cara mengadakan pertemuan langsung antara bank sentral dengan pimpinan-pimpinan bank umum untuk meminta bank-bank umum melakukan langkah-langkah tertentu.
  5. Kebijakan Pasar Terbuka (Open Market Operation)
    kebijakan yang diambil oleh bank sentral dengan cara menjual atau membeli surat berharga seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Bila bank sentral menjual SBI, maka akan mengurangi jumlah uang beredar untuk mengatasi inflasi. Bila bank sentral membeli SBI, maka akan menambah jumlah uang beredar untuk mengatasi defaluasi. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.  space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

385

Ticha

Makasih ❤️

Nafisa Mufida

Jawaban tidak sesuai Pembahasan terpotong Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Instrumen-instrumen kebijakan moneter antara lain adalah ....

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia