Roboguru

Berikut ini kalimat yang menggunakan konjungsi atau yang tepat ialah ...

Pertanyaan

Berikut ini kalimat yang menggunakan konjungsi atau yang tepat ialah ... space

  1. Atau kau ingin saya pergi dari sini? space 

  2. Anda bisa memilih sesuka hati, hendak memilih yang biru atau merah? space

  3. Atau tiadakah yang lebih baik dari ini? space 

  4. Kau ini buta atau tuli? space

  5. semua jawaban salah. space

Pembahasan Soal:

Konjungsi disebut juga kata hubung adalah kata yang berfungsi untuk menghubungkan antar kata, frasa, klausa, kalimat, atau paragraf. Konjungsi atau merupakan konjungsi intra kalimat yang menghubungkan dua klausa yang memiliki status sederajat. Konjungsi atau digunakan untuk menyatakan pemilihan.
Berdasarkan soal, kalimat Atau kau ingin saya pergi dari sini? tidak menggunakan konjungsi atau yang tepat. Hal itu karena kalimat tersebut hanya terdiri satu klausa dan tidak ada klausa lainnya yang menyertainya.
Kalimat Anda bisa memilih sesuka hati, hendak memilih yang biru atau merah? menggunakan konjungsi yang tepat. Hal itu karena kalimat tersebut menghubungkan dua kata yang memiliki status sama untuk memilih biru atau merah.
Kalimat Atau tiadakah yang lebih baik dari ini? tidak menggunakan konjungsi atau yang tepat. Hal itu karena kalimat tersebut hanya terdiri satu klausa dan tidak ada klausa lainnya yang menyertainya.
Kalimat Kau ini buta atau tuli? menggunakan konjungsi yang tepat. Hal itu karena kalimat tersebut menghubungkan dua kata yang memiliki status sama dengan memilih salah satu kondisi tidak bisa melihat (buta) atau tidak bisa mendengar (tuli).
Dengan demikian, berikut ini kalimat yang menggunakan konjungsi atau yang tepat ialah Anda bisa memilih sesuka hati, hendak memilih yang biru atau merah? dan Kau ini buta atau tuli?.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B dan D.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kalimat yang kurang tepat dalam penggunaan kata hubung pada paragraf di atas ditunjukkan nomor ....

Pembahasan Soal:

Konjungsi (kata penghubung) adalah kata tugas yang fungsinya menghubungkan antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf.

Fungsi konjungsi menghubungkan:

  1. Kata dengan kata.
  2. Frasa dengan frasa.
  3. Klausa dengan klausa.
  4. Kalimat dengan kalimat.
  5. Paragraf dengan paragraf (konjungsi antarparagraf dinamakan transisi).

Jenis-jenis konjungsi: 

  1. Konjungsi koordinatif merupakan konjungsi yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang memilki kedudukan sederajat/setara. Konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang menyambungkan antara dua klausa atau beberapa klausa tetapi memiliki sintaksis yang sama. Diantaranya yaitu : padahal, lalu, kemudian, sedangkan, melainkan, atau, dan, tetapi.
  2. Konjungsi subordinatif merupakan konjungsi yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang tidak sama derajatnya. Beberapa contoh konjungsi subordinatif antara lain agar, untuk, supaya, sebab, karena, seperti, seakan-akan, jika, sejak, ketika, andaikan, walaupun, bahwa, dll.
  3. Konjungsi korelatif merupakan konjungsi yang menghubungkan dua kata yang setara, baik kata, frasa, klausa, ataupun kalimat. Konjungsi jenis ini sama halnya dengan konjungsi koordinatif, bedanya kata penghubung pada konjungsi ini terdiri atas beberapa gabungan kata, sedangkan konjungsi koordinatif hanya terdiri dari satu kata saja. Konjungsi ini bisa juga kita gunakan pada kalimat majemuk setara atau sintaksis, kalimat konjungsi korelatif merupakan suatu kalimat yang tersusun atas dua kalimat/klausa atau lebih yang dihubungkan dengan kata konjungsi korelasi. Ciri yang mudah ditemukan ditemukan adalah kata penghubung: demikian-sehingga, baik-maupun, tidak hanya-tetapi juga, tidak hanya-bahkan, bukannya-melainkan, jangankan-melainkan, sedemikian rupa-sehingga, entah-entah. 

Sesuai dengan penjelasan konjungsi di atas, maka kojungsi yang kurang tepat terdapat pada kalimat (4) Taipan real estate itu juga menyalahkan WHO jika dianggap membantu Beijing dan (6) Melalui Presiden Xi Jinping, Tiongkok menegaskan sudah merilis informasi secara terbuka tetapi transparan. Kalimat keempat seharusnya merupakan kalimat sebab akibat, sehingga konjungsi yang tepat adalah konjungsi yang menyatakan hubungan sebab, yaitu karena. Kalimat keenam seharusnya menyatakan hubungan penambahan, sehingga konjungsi yang tepat seharusnya dan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space  

0

Roboguru

Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Kata penghubung atau konjungsi adalah kata yang menghubungkan induk kalimat dengan anak kalimat.

Langkah langkah melengkapi teks rumpang:

  1. Bacalah teks dengan cermat.
  2. Temukan topik permasalahan yang di bahas dalam teks tersebut
  3. Perhatikan kata sebelum dan sesudah bagian yang rumpang.
  4. Lengkapilah bagian yang rumpang tersebut dengan menghubungkan bagian sebelum dan sesudah.

Kalimat sesudah bagian rumpang merupakan bentuk pernyataan tujuan dari tindakan yang dinyatakan pada sebelum bagian rumpang. Maka konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks tersebut adalah konjungsi yang menyatakan tujuan, yaitu 'agar'.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks artikel berikut! Padahal, kini sudah saatnya perempuan bergerak bersama untuk memperjuangkan kesetaraan haknya, dalam hal ini secara khusus untuk menghapuskan tindak kekerasan...

Pembahasan Soal:

Konjungsi adalah kata atau ungkapan yang menghubungkan dua satuan bahasa yang sederajat, yaitu kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, serta kalimat dengan kalimat. Konjungsi yang terdapat dalam kutipan teks di atas adalah sebagai berikut.

  • Konjungsi untuk memperkuat argumentasi, yaitu padahal.
  • Konjungsi kausalitas (menyatakan sebab-akibat), yaitu apabila dan jika.
  • Konjungsi untuk menyatakan harapan, yaitu untuk.

Jadi, dalam kutipan di atas terdapat tiga jenis konjungsi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Pertanian 4.0 Penulis: Arif Satria Rektor IPB     Setelah revolusi industri 4.0 mengemuka, orang pun berpikir tentang bagaimana pertanian 4.0. Ini bukan latah dan euforia 4.0, melainkan sudah merupa...

Pembahasan Soal:

Sebuah artikel harus memerhatikan penggunaan bahasa agar dapat menarik minat pembacanya.

Bahasa yang digunakan dalam artikel “Pertanian 4.0” adalah sebagai berikut:

Bahasa ilmiah populer (bahasa ilmiah pada bidang pertanian)

Komunikatif

Kalimat efektif

Kosakata aktual (mutakhir)

Dengan demikian, bahasa yang dipakai dalam artikel tersebut adalah bahasa ilmiah populer yang komunikatif dengan penggunaan kalimat efektif dan kosakata aktual (mutakhir).space space  

0

Roboguru

Dalam kegiatan manajemen, faktor waktu sering dilupakan. Ada anggapan bila waktu mudah diatur. Dengan mesin absensi memang waktu kerja pegawai bisa dikontrol yang intensitas kerja mereka sebenarnya be...

Pembahasan Soal:

Konjungsi atau kata penghubung adalah kata untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan-ungkapan atau kalimat-kalimat dan sebagainya dan tidak untuk tujuan atau maksud lain. Konjungsi tidak dihubungkan dengan objek, konjungsi tidak menerangkan kata, konjungsi hanya menghubungkan kata-kata atau kalimat-kalimat dan sebagainya.

 

Kata hubung (konjungsi) yang tepat untuk menggantikan kata-kata tidak tepat tersebut adalah bahwa, tetapi, karena. Jika diperinci, penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Ada anggapan bahwa waktu mudah diatur.
  • Dengan absensi, memang waktu kerja bisa dikontrol, tetapi intensitas kerja mereka sebenarnya belum bisa dipastikan.
  • Hal ini tidak dapat dipastikan dengan mesin karena intensitas pemanfaatan waktu kerja tidak bisa direkam dengan mesin itu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved