Roboguru

Berikut ini beberapa cabang biologi. bioteknologi botani mikrobiologi forensik hortikultura perikanan Yang termasuk cabang biologi terapan adalah ....

Pertanyaan

Berikut ini beberapa cabang biologi.

  1. bioteknologi
  2. botani
  3. mikrobiologi
  4. forensik
  5. hortikultura
  6. perikanan

Yang termasuk cabang biologi terapan adalah ....space 

  1. (1), (2), (5), (6)space 

  2. (1), (2), (4), (6)space 

  3. (1), (4), (5), (6)space 

  4. (1), (3), (4), (5)space 

  5. (1), (3), (4), (6)space 

Pembahasan Soal:

Cabang biologi yang tidak termasuk cabang biologi terapan yaitu botani dan mikrobiologi karena cabang biologi tersebut masing-masing mempelajari tentang tumbuhan dan mikroorganisme dan tidak khusus mempelajari penerapan atau aplikasi dari ilmu biologi. Cabang biologi yang termasuk cabang biologi terapan yaitu bioteknologi, forensik, dan hortikultura. Bioteknologi mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Forensik mempelajari tentang pemanfaatan ilmu kedokteran untuk kepentingan penegakan hukum. Hortikultura mempelajari tentang budidaya tanaman buah, tanaman bunga, sayuran, tanaman obat-obatan, dan taman. Adapun perikanan tidak termasuk cabang ilmu biologi.

Dengan demikian, tidak terdapat jawaban yang tepat.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penggunaan ilmu biologi dalam teknologi cloning merupakan permasalahan biologi yang dikaji pada ....

Pembahasan Soal:

Kloning adalah usaha perbanyakan inidividu secara vegetatif. Penggunaan ilmu biologi dalam teknologi kloning merupakan permasalahan biologi yang dikaji pada bidang bioteknologi, khususnya bioteknologi modern. Pada umumnya, kloning dilakukan pada hewan. Kloning pada hewan dibedakan menjadi 2 macam yaitu kloning embrio dan kloning transfer inti. Kloning embrio adalah usaha untuk menghasilkan individu baru dengan sifat genetik sama dengan kedua induknya tanpa melalui perkawinan alamiah. Contoh kloning embrio adalah pada bayi tabung. Kloning transfer inti adalah pemindahan inti dari sel donor ke sel yang lain agar diperoleh individu dengan sifat yang sama dengan inti sel donor.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud dengan malakologi!

Pembahasan Soal:

Biologi dalam perkembangannya banyak melahirkan cabang-cabang ilmu yang membahas suatu kajian secara spesifik. Salah satunya adalah zoologi. Zoologi adalah suatu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hewan. Objek kajiannya meliputi struktur, fungsi, perilaku, serta proses evolusi dari hewan. Zoologi merupakan ilmu biologi yang sangat luas sehingga terpecah lagi menjadi beberapa cabang, salah satunya adalah malakologi. Malakologi adalah cabang zoologi yang mempelajari semua aspek kehidupan moluska (hewan bertubuh lunak). Malakologi mempelajari aspek pengetahuan dasar dan terapan dari hewan tersebut. Selain itu, objek kajiannya juga mencakup bidang budidaya dari moluska.space 

Jadi, malakologi adalah cabang ilmu zoologi yang mempelajari tentang moluska.space space

0

Roboguru

Apa yang dimaksud biologi?

Pembahasan Soal:

Biologi atau ilmu hayati adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi modern membahas pengetahuan yang sangat luas, eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang dan subdisiplin. 

0

Roboguru

Sebutkan cabang-cabang ilmu biologi yg berhubungan dengan bidang perikanan!

Pembahasan Soal:

Biologi merupakan ilmu yang sangat luas dan terdiri dari berbagai cabang ilmu. Biologi juga berkaitan dengan berbagai macam bidang dalam aspek kehidupan, salah satunya pada bidang perikanan. Beberapa cabang ilmu biologi yang berkaitan dengan bidang perikanan, diantaranya:

  • Ikhtiologi: cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang ikan mulai dari struktur morfologi, anatomi, hingga fisiologi organ tubuh ikan.
  • Limnologi: cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang kondisi fisik dan biologis air tawar, terutama danau dan kolam serta makhluk hidup di dalamnya.
  • Ekologi: cabang ilmu biologi yang mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lain dan juga dengan lingkungan sekitarnya.
     

0

Roboguru

Perhatian pernyataan-pernyataan berikut! Varicella zoster dapat mengakibatkan penyakit cacar pada kulit Acetobacter aceti digunakan dalam pembuatan asam cuka Penicillium notatum menghasilkan anti...

Pembahasan Soal:

  1. Varicella zoster merupakan salah satu jenis virus. Cabang biologi yang membahas tentang virus meliputi struktur, reproduksi, dan peranannya adalah Virologi.
  2. Acetobacter aceti merupakan salah satu jenis bakteri. Cabang ilmu Biologi yang khusus mempelajari tentang bakteri adalah Bakteriologi. Pada ilmu ini mempelajari tentang struktur, reproduksi, sampai peranan bakteri tersebut.
  3. Penicillium notatum adalah salah satu spesies fungi/jamur untuk pembuatan antibiotik penisilin, yaitu jenis jamur dari kelompok Ascomycotina. Cabang biologi yang mempelajari tentang jamur adalah Mikologi. Sementara itu, teknologi yang digunakan dalam pembuatan antibiotik penisilin dipelajari menggunakan ilmu Bioteknologi
  4. Gelidium dan Eucheuma merupakan jenis alga merah yang dapat dibuat menjadi agar agar. Cabang ilmu Biologi yang mempelajari alga atau gangang adalah Fikologi atau Algologi. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved