Roboguru

Berikut ini adalah pelaksanaan kebijakan proteksi, kecuali ....

Pertanyaan

Berikut ini adalah pelaksanaan kebijakan proteksi, kecuali ....space 

  1. penghematan biaya impor dan eksporspace 

  2. memajukan perdagangan dan industri dalam negerispace 

  3. memperkuat daya saing produksi dalam negeri di pasar internasionalspace 

  4. memperkuat kedudukan ekonomi nasional menuju swasembadaspace 

  5. membuka lapangan usaha melalui industrispace 

Pembahasan Soal:

Proteksi perdagangan adalah kebijakan pemerintah untuk membatasi arus ekspor dan impor barang dan jasa. Proteksi mengambil berbagai bentuk tarif impor, subsidi, kuota, pelabelan, persyaratan keamanan dan kesehatan produk. Tujuannya adalah untuk melindungi kepentingan perekonomian domestik, misalnya melindungi produsen lokal dari persaingan impor. Sehingga pelaksanaan kebijakan proteksi, kecuali penghematan biaya impor dan ekspor karena dengan melakukan penghematan biaya impor maka produk impor akan mudah masuk dan banyak digunakan, hal tersebut tidak seusai dengan kebijakan proteksi.
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Sumiati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan istilah - istilah berikut ini : Wesel, Ekspor, Impor, Subsidi !

Pembahasan Soal:

Wesel adalah sebuah surat perintah yang dibuat oleh orang yang memberi kredit kepada Anda dan diperuntukan kepada debitur untuk membayar sejumlah uang dan tanggal tertentu sebagaimana disebutkan dalamnya. Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD) dijelaskan bahwa “Surat yang memuat kata wesel yang diterbitkan dengan tanggal dan tempat tertentu yang mana penerbit memerintahkan tanpa syarat kepada yang tersangkut untuk membayar sejumlah  uang kepada pemegang atau penggantinya pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan.” Pengertian wesel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah “surat pos untuk mengirimkan uang; surat pembayaran yang dapat diuangkan ke bank oleh pemegangnya.”

Ekspor adalah suatu aktivitas mengeluarkan produk barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan tetap memenuhi standar peraturan dan ketentuan yang ada. Aktivitas ini umumnya dikerjakan oleh suatu negara jika negara tersebut mampu menghasilkan produk barang dalam jumlah yang cukup besar dan jumlah produk barang tersebut ternyata sudah terpenuhi di dalam negeri, sehingga bisa dikirimkan ke negara yang memang tidak mampu memproduksi barang tersebut atau karena jumlah produksinya tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat negara tujuan.

Impor adalah suatu aktivitas memasarkan produk barang dari Daerah Pabean atau membeli suatu produk barang atau jasa dari negara lain untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar dalam negeri. Aktivitas pengiriman barang impor yang dilakukan dengan skala besar ini membutuhkan proses pendampingan oleh bea cukai. Umumnya, pihak pemerintah akan menetapkan tarif pajak atas setiap produk impor ke masing-masing importirnya. Hal tersebut menyebabkan produk barang impor mempunyai harga yang lebih mahal karena di dalamnya telah dibebankan biaya pajak yang harus dibayar oleh konsumen. Untuk itu, tidak heran jika barang impor memiliki harga yang cenderung lebih mahal daripada produk lokal.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) subsidi adalah bantuan uang atau komoditas pada suatu yayasan, perkumpulan atau masyarakat yang umumnya diberikan oleh pihak pemerintah. Milton H. Spencer dan Orley M. Amos, Jr. dalam bukunya yang berjudul Contemporary Economics, subsidi adalah suatu pembayaran yang dilakukan oleh pihak pemerintah dalam suatu perusahaan ataupun rumah tangga agar bisa mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam dunia ekonomi, tujuan dari subsidi adalah demi mengurangi harga atau meningkatkan pengeluaran. Saat ini, subsisi terbagi menjadi dua jenis, yaitu subsidi dalam bentuk uang, atau subsidi dalam bentuk komoditi atau yang disebut dengan innatura. Subsidi juga bisa diterapkan dalam dunia perdagangan internasional, yakni bantuan keuangan yang diberikan oleh pihak pemerintah pada suatu perusahaan, industri, atau eksportir untuk bisa meningkatkan kegiatan ekspor atau meminimalisir kegiatan impor dari atau ke negara berkembang.
 

0

Roboguru

Apa yang melatar belakangi pemerintah sehingga mengeluarkan kebijakan perdagangan ....

Pembahasan Soal:

Yang melatar belakangi pemerintah mengeluarkan kebijakan perdagangan adalah untuk melindungi produksi perusahaan dan melindungi konsumen agar kegiatan perdagangan dapat dilaksanakan dengan teratur dan terjaga.undefined 

0

Roboguru

Dibawah ini yang bukan merupakan hal-hal yang dipromosikan dalam kebijakan perdagangan bebas adalah

Pembahasan Soal:

Kebijakan perdagangan bebas pada umumnya mempromosikan hal-hal berikut :

  • Perdagangan barang tanpa pajak atau hambatan lainnya
  • Perdagangan jasa tanpa pajak atau hambatan lainnya
  • Tak ada kebijakan trade-disorting
  • Akses ke pasar yang tidak diatur
  • Akses informasi yang tidak diatur
  • Perjanjian perdagangan yang mengatur perdagangan bebas
  • Ketidakmampuan perusahaan untuk mendistorsi pasar melalui monopoli atau kekuatan oligopoli


Jadi, jawaban yang sesuai adalah D.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan kebijakan perdagangan internasional berikut ini!   Diskriminasi harga Premi Kuota Tarif Dumping  Kebijakan perdagangan internasional yang termasuk kebijakan ekspor ditunjukkan ole...

Pembahasan Soal:

Kebijakan ekspor terdiri dari:

  1. diskriminasi harga,
  2. premi,
  3. dumping,
  4. perdagangan bebas, dan
  5. larangan ekspor.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Hal apa sajakah yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk mendorong atau meningkatkan ekspor? (Sebutkan 3 hal)

Pembahasan Soal:

3 upaya pemerintah mendorong ekspor:

  1. Mengadakan Perjanjian Internasional
    Perjanjian internasional yang dapat menguntungkan perekonomian domestik juga dapat dilakukan oleh pemerintah. Perjanjian bisa berbentuk bilateral, regional, ataupun multilateral.
  2. Subsidi Ekpor
    Memberi bantuan/ subsidi kepada eksportir juga dapat meningkatkan ekspor. Bantuan bisa dapat berbentuk memberikan keringanan pajak ekspor, tarif angkutan murah, kemudahan pengurusan ekspor, dan kemudahan memperoleh pinjaman.
  3. Promosi Dagang ke Luar Negeri
    Pemerintah dapat membantu para pelaku ekspor untuk memasarkan produk mereka ke luar negeri agar produk mereka bisa lebih dikenal.space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved