Roboguru

Berikut ini adalah interaksi manusia menyesuaikan alam...

Pertanyaan

Berikut ini adalah interaksi manusia menyesuaikan alam...

  1. nelayan pergi melaut pada malam hari

  2. membuat hujan buatan

  3. menanam bibit unggul

  4. membuat rumah tahan gempa

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Interaksi manusia menyesuaikan alam adalah nelayan pergi melaut pada malam hari dan pembuatan rumah tahan gempa. Pada malam hari bertiup angin darat yang membantu nelayan untuk mendorong perahunya menuju lautan. Pembuatan rumah tahan gempa bertujuan untuk beradaptasi pada wilayah rawan gempa bumi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A dan D.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan potensi kekayaan sumber daya alam Indonesia dalam mendukung Indonesia menjadi negara maju!

Pembahasan Soal:

Potensi sumber daya alam Indonesia untuk menjadi negara maju, yaitu:

  • Potensi hutan, hutan diindonesia sangat luas, hutan sangat penting selain sebagai paru-paru dunia, hutan juga banyak menghasilkan devisa yang dapat dijadikan modal bagi indonesia.
  • Potensi gas alam, Indonesia masuk pengekspor gas alam terbesar di dunia, hal ini merupakan pendapatan negara yang paling besar.
  • Potensi sumber daya laut juga merupakan potensi terbesar di indonesia, hasil laut yang berupa ikan dapat diolah menjadi minyak ikan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, untuk menjadi sehat, dan cerdas, dengan kesehatan dan kecerdasan bangsanya.
  • Potensi batu bara, negara-negara maju membutuhkan energi yang besar, untuk itu indonesia tidak perlu khawatir karena indonesia masih mempunyai potensi batu bara yang besar
  • Potensi minyak bumi, meskipun indonesia sudah tidak menjadi negara pengekspor minyak bumi, namun dengan potensi minyak bumi yang masih ada di perut bumi.undefined

1

Roboguru

Sebutkan potensi yang dimiliki oleh Pulau Sumatera!

Pembahasan Soal:

Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia, pulau Sumatera menjadi pulau terbesar ke 6 di dunia. Terdapat banyak potensi yang ada di Pulau Sumatera diantaranya

  1. Sumber daya alam hayati, berasal dari makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan. Contoh sumber daya alam hayati di Sumatera meliputi Kelapa sawit (Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan), Karet (Sumatera Utara, Riau, Aceh), Kopi (Aceh dan Sumatera Utara), Cengkeh (Jambi), Kina (Sumatera Barat), Kayu manis (Sumatera Barat), Udang (Lampung), Ikan (Riau dan Kepulauan Riau), dan Coklat/Kakao (Lampung).
  2. Sumber daya alam non-hayati, merupakan sumber daya yang bukan berasal dari makhluk hidup tidak dapat diperbaharui atau akan habis jika digali terus menerus. Contoh sumber daya alam non-hayati meliputi Minyak bumi (Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara), Gas alam (Natuna, Arun, Anambas), Batubara (Sumatera Selatan dan Sumatera Barat), Timah (Kepulauan Riau), Semen (Sumatera Barat), dan Granit dan Bauksit (Kepulauan Riau).undefined 

0

Roboguru

Manusia membuat hujan buatan pada musim kemarau adalah contoh interaksi manusia yang....alam.

Pembahasan Soal:

Manusia membuat hujan buatan pada musim kemarau adalah contoh interaksi manusia dalam mendominasi alam. Hal ini sesuai dengan paham yang dikemukakan olah Paul Vidal de la Blance yaitu paham posibilisme. Posibilisme merupakan pandangan yang menganggap bahwa manusia mampu mengubah alam disekitarnya agar sesuai dengan kebutuhan manusia. Disini, manusia tidak hanya dianggap sebagai aktor pasif yang hanya menerima nasib, mereka bisa mengubah nasib mereka.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space

0

Roboguru

Faktor utama yang mendukung penduduk Indonesia menjadi sumber daya manusia yang berkualitas tinggi antara lain ….

Pembahasan Soal:

Indonesia adalah salah satun negara di dunia yang kaya akan jumlah penduduk. Kekayaan jumlah penduduk akan menjadi sumber daya yang berkualitas ketika mampu menguasai IPTEK. Dengan menguasai IPTEK di era modern seperti ini akan menjadikan SDM Indonesia menjadi berkualitas dan dipandang oleh dunia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Analisislah hasil sumber daya alam yang terdapat di Negara Indonesia yaitu hasil pertanian!

Pembahasan Soal:

Indonesia berada di wilayah khatulistiwa. Keadaan tersebut menjadikan Indonesia menjadi sebuah negara beriklim tropis yang mendapat curah hujan tinggi sehingga cocok untuk budidaya tanaman pertanian.
Beberapa potensi sumber daya alam yang telah dikembangkan di sektor pertanian Indonesia antara lain:

  1. Padi, dibudidayakan di hampir semua daerah di Indonesia
  2. Jagung, tanaman yang sempat menjadi makanan pokok masyarakat Madura dan NTT. Tanaman ini juga banyak dibudidayakan di Pulau Jawa.
  3. Ubi Kayu (Singkong). Tanaman yang mudah ditanam, bisa di tanah basah atau kering dan bisa tumbuh di ketinggian hingga 800 mdpl. Pemasok terbanyak tanaman ini di Indonesia adalah Jawa Barat.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil pertanian yang terdapat di Indonesia diantaranya adalah padi, jagung dan ubi kayu (singkong).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved