Roboguru

Berikut ini adalah faktor perubahan sosial yang intern, yaitu ....

Pertanyaan

Berikut ini adalah faktor perubahan sosial yang intern, yaitu ....space 

  1. perubahan alamspace 

  2. peperanganspace 

  3. krisis demografispace 

  4. akulturasispace 

  5. kontak budayaspace 

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada materi faktor internal perubahan sosial.

Faktor Internal adalah faktor yang melandasi terjadinya suatu perubahan dari dalam diri masyarakat itu sendiri. Faktor internal itu sendiri, meliputi:

  1. Bertambah atau berkurangnya penduduk (demografi),
  2. Penemuan – penemuan baru,
  3. Pertentangan masyarakat (konflik sosial),
  4. Terjadinya pemberontakan atau revolusi.

Jadi, jawabannya adalah C krisis demografispace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Perubahan faktor demografi, yaitu bertambah dan berkurangnya penduduk (2) Penemuan-penemuan baru, baik ide-ide baru atau alat-alat baru (3) Pertentangan kelompok ...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial dapat terjadi karena faktor internal. Maksudnya, perubahan sosial dapat terjadi karena adanya gejolak dan situasi dalam masyarakat yang mendorong terjadinya perubahan. Perubahan faktor demografi yang terjadi melalui bertambah dan berkurangnya penduduk misalnya. Perubahan demografi akan mendorong perubahan sosial, seperti terjadinya perubahan persaingan lapangan kerja yang semakin sengit hingga meningkatknya tingkat kepadatan penduduk. Penemuan-penemuan baru baik ide ataupun alat juga dapat mendorong terjadinya perubahan sosial. Penemuan teknologi mengakibatkan peningkatan efektivitas dan efisiensi aktivitas dalam masyarakat. Perubahan sosial pun akan cepat terlaksana. Kemudian, pertentangan kelompok aliran tertentu juga berdampak pada perubahan sosial yang sifatnya negatif. Kasus konflik agama di Poso beberapa tahun yang lalu misalnya. Konflik yang terjadi menimbulkan kerusuhan dalam kota hingga berdampak pada meningkatnya sentimen antar kelompok agama berbeda hingga skala nasional.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pernyataan pada nomor 1, 2, dan 3. Sementara itu, pernyataan nomor 4 dan 5 termasuk faktor penyebab perubahan sosial yang berasal dari luar masyarakat (faktor eksternal).

0

Roboguru

Perhatikan beberapa fakta sosial berikut! (1) Bertambah dan berkurangnya penduduk (2) Konflik dan peperangan antarnegara (3) Adanya discovery dan invention (4) Bencana alam berkepanjangan (5) Rev...

Pembahasan Soal:

Bila dilihat dari sumbernya, faktor terjadinya perubahan bisa dibedakan menjadi dua: faktor internal di mana penyebabnya berada/berasal dari dalam masyarakat dan faktor eksternal di mana penyebabnya berada/berasal dari luar masyarakat. Faktor internal penyebab perubahan sosial berupa demografi (kependudukan), konflik atau pertentangan, revolusi atau pemberontakan, dan penemuan baru. Sementara itu, faktor eksternal penyebab perubahan sosial berupa peperangan, pengaruh budaya asing, dan bencana alam (faktor alam).

Dengan penjelasan di atas dan berdasarkan pilihan jawaban yang ada maka yang termasuk faktor pendorong terjadinya perubahan sosial secara internal adalah bertambah dan berkurangnya penduduk, adanya discovery and invention, dan revolusi atau pemberontakan. Dengan demikian, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh nomor 1, 3, dan 5.

0

Roboguru

Perhatikanlah sejumlah gejala yang terjadi dalam masyarakat berikut!    Konflik horizontal antarkelompok karena berbeda asal-usul daerah.   Pembaruan tata cara dalam mengadakan pesta perkawinan da...

Pembahasan Soal:

Faktor internal penyebab perubahan sosial merupakan faktor-faktor yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri. Adapun faktor internal penyebab perubahan sosial dalam masyarakat di antaranya. undefined 

  1. perubahan jumlah penduduk undefined 
  2. penemuan-penemuan baru undefined 
  3. pertentangan dalam masyarakat undefined 
  4. terjadinya pemberontakan atau revolusi undefined 
  5. reformasi undefined

Pada pernyataan 3, hal tersebut bukanlah suatu peristiwa atau contoh kasus yang berkaitan dengan perubahan sosial karena pengaruh dari kesuburan tanah, sedangkan pada pernyataan 5, hal tersebut adalah contoh faktor eksternal terjadinya perubahan sosial di masyarakat. Jadi, jawaban yang tepat adalah Bundefined 

0

Roboguru

Manakah dari pernyataan di atas yang merupakan faktor endogen perubahan sosial ?

Pembahasan Soal:

Penyebab perubahan sosial sendiri dibagi menjadi dua, yaitu yang berasal dari dalam masyarakat dan dari luar masyarakat. Faktor endogen perubahan sosial adalah faktor - faktor yang berasal dari dalam masyarakat yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Ada beberapa faktor penyebab perubahan sosial secara internal dalam masyarakat, antara lain:

  1. Perubahan penduduk: Perubahan penduduk yang ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk pada suatu daerah akan mengakibatkan keramahtamahan semakin menurun, kelompok sekunder akan bertambah banyak, struktur kelembagaan menjadi lebih rumit, dan bentuk-bentuk perubahan yang lainnya.
  2. Penemuan Baru: Adanya penemuan baru juga dapat memengaruhi terjadinya perubahan sosial. Penemuan baru ini bisa berupa alat, gagasan, atau rangkaian ciptaan. Penemuan yang benar-benar baru disebut discovery. Sedangkan penemuan baru apabila telah diterima dan diakui masyarakat disebut invention.

  3. Konflik dalam masyarakat: Konflik yang terjadi di dalam masyarakat dapat terjadi antarindividu, antarkelompok, antar individu dengan kelompok, dan antargenerasi. Sebagai proses sosial, konflik memang merupakan proses disosiatif, namun munculnya konflik ini tidak selalu berakibat negatif.

Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Perhatikan faktor-faktor berikut. (1) Bertambah atau berkurangnya penduduk. (2) Penemuan-penemuan baru. (3) Lingkungan fisik yang ada di sekitar manusia. (4) Pertentangan masyarakat. (5) Peperang...

Pembahasan Soal:

Menurut Soekanto (2015), terdapat faktor internal yaitu faktor penyebab perubahan sosial yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri. space space

  1. Bertambah atau berkurangnya penduduk. Pertambahan penduduk yang sangat cepat dapat menyebabkan terjadinya perubahan struktur di dalam masyarakat, terutama pada lembaga kemasyarakatannya.
  2. Penemuan-penemuan baru. lni dibedakan dalam pengertian invention dan discovery.
  3. Pertentangan masyarakat. Pertentangan dapat terjadi antarindividu, antarindividu dengan kelompok, atau antarkelompok. Pertentangan antara generasi muda dengan generasi tua tentang nilai-nilai baru juga akan membawa perubahan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved